7 Manfaat Push Up Bila Rutin Dilakukan

gambar-push-up-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda rutin melakukan push up atau berencana untuk melakukan push up? Push adalah salah satu jenis latihan yang banyak dilakukan oleh orang terutama laki-laki. Latihan push yang dilakukan secara rutin akan mendatangkan manfaat. Apa sajakah manfaat push up? Baca terus untuk mengetahui manfaat push up!

Manfaat Push Up untuk Tubuh

Push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama terkait kebugaran dan kesehatan. Selain itu, bentuk tubuh yang ideal bisa didapatkan dengan melakukan latihan push up secara rutin dan dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat push up untuk tubuh:

1. Membentuk otot-otot

Manfaat push up bisa membentuk otot jika dilakukan secara rutin. Latihan push up yang diterapkan setiap hari secara teratur bisa membentuk kelompok otot mayor dan minor secara efektif. Gerakan push up akan merangsang otot menjadi lebih padat. Lakukanlah push up minumal lima menit dalam sehari dan milikilah tubuh yang berotot.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Otot-otot yang terbentuk karena gerakan push up akan memberikan kekuatan pada tubuh. Masa otot memberikan energi yang banyak terhadap kekuatan tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa pria lebih kuat daripada wanita.

Ini dikarenakan massa otot yang dimiliki oleh kebanyakan pria lebih besar daripada massa otot wanita. Jadi semakin besar massa otot yang dimiliki maka semakin besar kekuatan tubuh yang terbentuk. Anda bisa memiliki tubuh yang kuat secara gratis hanya dengan melakukan push up secara rutin.

3. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas

Manfaat push up yang tidak bisa dipungkiri bisa meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gerakan push up yang dilakukan bisa meregangkan otot-otot bisep.

Peregangan otot bisep yang terjadi bisa meningkatkan flesibilitas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Selain itu, peregangan otot bisep juga bisa mencegah berbagai cedera otot.

4. Mencegah osteoporosis

Setiap orang ingin memiliki otot dan tulang yang sehat. Ini adalah hal penting yang harus dijaga karena sangat terkait erat dengan produktivitas tubuh terutama bagi Anda yang memiliki banyak kegiatan fisik.

Salah satu masalah medis yang ingin dihindari oleh banyak orang adalah osteoporosis. Masalah osteoporosis ini ternyata bisa dicegah dengan melakukan push up secara rutin. Ya, manfaat push up bisa menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular tubuh

Selain tulang dan otot, manfaaat push up juga bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular tubuh. Gerakan push up, di samping merangsang pembentukan otot, itu juga akan memicu kerja jantung lebih keras.

Saat melakukan push up, jantung akan bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah bersih yaitu darah yang kaya akan oksigen ke jaringan otot. Hal ini pun berdampak pada kesehatan sistem kardiovaskular tubuh. Jantung sehat dan aliran darah yang lancar akan dimiliki dengan melakukan push up secara rutin.

6. Meningkatkan postur tubuh

Postur tubuh yang bagus tentulah menjadi dambaan bagi semua orang terutama kalangan pria. Para pria banyak mengingkan postur tubuh yang kekar dan besar. Akan tetapi, otot yang lemah tidak akan membuat tubuh mendapatkan postur seperti itu.

Otot-otot inti yang kuatlah yang membuat tubuh memiliki postur tubuh yang ideal. Gerakan push akan memicu otot-otot inti menjadi kuat sehingga didapatkan postur tubuh yang kekar dan ideal. Selain itu, latihan push up juga akan membuat tubuh terbiasa ada pada posisi yang bagus.

7. Mencegah cedera bahu dan punggung bawah

Apakah Anda tahu bila manfaat push up bisa mencegah terjadinya cedera terutama pada bahu dan punggung bawah? Latihan push up yang dilakukan secara rutin bisa membuat Anda terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Selain itu, latihan push up juga akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah Anda. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.