9 Manfaat Puasa bagi Penderita Diabetes (No. 4 Mengejutkan)

manfaat-puasa-bagi-orang-diabetes-doktersehat

DokterSehat.Com – Puasa tidak hanya bermanfaat untuk orang sehat melainkan juga untuk para penderita diabetes. Apabila penderita diabetes menjalankan puasa sesuai dengan aturan yang benar, maka akan ada beberapa manfaat yang didapat. Apa sajakah manfaat puasa bagi penderita diabetes? Yuk, simak selengkapnya!

Manfaat puasa bagi penderita diabetes

Menderita diabetes bukan bararti tidak bisa menjalankan puasa. Penderita diabetes dengan kondisi tertentu diperbolehkan berpuasa bahkan itu sangat bermanfaat. Manfaat bagi diabetes bahkan bisa menjadi terapi pengobatan diabetes.

Inilah beberapa manfaat puasa bagi penderita diabetes yang harus diketahui:

1. Menurunkan kadar glukosa

Saat tidak menjalankan puasa, konsumsi harian cenderung banyak mengandung glukosa. Hal ini dikarenakan menu sehari-hari didominasi oleh makanan pokok atau cemilan yang merupakan karbohidrat dan gula yang nantinya akan dipecah menjadi glukosa.

Ketika tubuh Anda berpuasa, maka jumlah asupan makanan tersebut akan berkurang. Itu juga berarti tubuh Anda menerima lebih sedikit glukosa. Dampaknya, kadar glukosa pun akan berkurang daripada biasanya.

Apabila rutin berpuasa, maka kadar gula darah pun akan stabil dan kondisi diabetes Anda sudah tidak terlalu mengkhawatirkan. Perlu diketahui, ini juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit seperti penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal bagi Non Diabetes dan Diabetes

2. Menurukan kadar kolesterol jahat

Tidak hanya menurunkan kadar glukosa, manfaat puasa bagi diabetes juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Kok bisa, apa hubungannya? Penurunan kadar glukosa juga bisa berdampak positif terhadap penurunan kadar kolesterol jahat, yaitu LDL dan trigliserida.

Di samping itu, kadar glukosa yang tinggi juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik, yaitu kolesterol HDL. Ketika Anda berpuasa, konsumsi makanan yang tinggi kolesterol pun cenderung berkurang.

Dengan begitu kadar kolesterol jahat juga bisa dikurangi dan kadar kolesterol baik bisa meningkat. Kondisi itu dianggap sebagai kondisi tubuh dengan kadar kolesterol yang bagus. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan jantung Anda.

3. Mengurangi resistensi insulin

Tahapan seseorang mengalami diabetes adalah mengalami resistensi insulin. Resistensi insulin adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa merespons glukosa di dalam darah dengan baik. Hal ini membuat sel-sel tubuh tidak terstimulasi untuk menyerap glukosa ketika berlebih dan akhirnya glukosa tinggi di dalam darah.

Salah satu manfaat puasa bagi penderita diabetes adalah memperbaiki kondisi resistensi insulin. Secara berangsur, sel-sel tubuh penderita diabetes yang berpuasa mulai merespons glukosa dengan baik. Akibatnya, kadar glukosa pun cenderung stabil.

Resistensi insulin yang berkurang juga berdampak pada kebutuhan pasien terhadap obat insulin. Menurut sebuah studi, penderita diabetes tipe 1 bisa menurunkan dosis insulinnya karena telah berpuasa.

Penderita diabetes tips 2 pun bisa berhentik menggunakan insulin setelah rutin setiap hari melakukan puasa atau 2-3 kali dalam seminggu. Ingin berhentik menggunakan insulin? Berpuasalah secara rutin dan sesuai aturan.

4. Mengurangi ketergantungan pada obat diabetes

Apakah Anda bisa percaya bahwa manfaat puasa bagi diabetes bisa mengurangi ketergantungan penggunaan obat diabetes? Ya, itu benar. Dalam kurun waktu tertentu, penderita diabetes tipe 2 yang rutin berpuasa mampu mengurangi bahkan menghentikan penggunaan obat-obatan diabetes.

5. Menurunkan berat badan

Penurunan berat badan merupakan salah satu target yang perlu dicapai oleh kebanyakan penderita diabetes terutama dengan berat badan berlebih. Selama berpuasa, penderita diabetes memiliki kesempatan untuk memiliki pola makan yang teratur.

Waktu makan yang terbatas bisa membantu para penderita diabetes menurunkan berat badannya. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui penelitian. Beberapa pria yang menderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan berat badan selama beberapa pekan. Ingin mengikuti jejak mereka?

6. Meningkatkan kesehatan organ tubuh

Manfaat puasa bagi penderita diabetes bisa meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh. Dengan berpuasa, maka itu akan memberi kesempatan kepada organ-organ tubuh seperti hati, pankreas, lambung, dan usus untuk beristirahat sehingga lebih sehat.

7. Meredakan peradangan

Puasa bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri. Pasalnya, kondisi tubuh yang tidak mendapatkan makanan dan minuman selama beberapa jam membantu tubuh untuk mengurangi terjadinya peradangan sehingga nyeri bisa berkurang.

Baca Juga: Rempah Ajaib yang Ampuh Redakan Peradangan

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat puasa bagi penderita diabetes juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa organ tubuh akan beristirahat mencerna makanan. Rehatnya organ tubuh dari beban kerja rutinnya memberi kesempatan tubuh untuk memperbaharui sel-sel pertahanan tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

9. Menjaga tekanan darah tetap normal

Para penderita diabetes, terutama yang memiliki tekanan darah tinggi, disarankan untuk melakukan puasa secara rutin. Hal ini dikarenakan manfaat puasa bagi penderita diabetes bisa menjaga tekanan darah tetap normal.

Apakah hubungan antara puasa dengan tekanan darah? Hubungannya terletak pada hormon adrenalin. Hormon adrenalin adaah hormon di dalam tubuh yang memiliki peran sebanding terhadap tekanan darah.

Jadi, semakin tinggi kadar hormon adrenalin, semakin tinggi pula tekanan darah. Sebaliknya, semakin rendah kadar hormon adrenalin, maka akan semakin rendah pula nilai tekanan darah.

Secara fisiologis, kondisi tubuh yang tidak makan dan tidak minum akan menyebabkan penurunan hormon adrenalin. Turunnnya hormon adrenalin pun berdampak pada menurunkan tekanan darah juga.

Anda sudah bisa memahami hubungan antara keduanya? Manfaat yang satu ini akan semakin kuat jika puasa yang Anda lakukan juga puasa menahan amarah yang sering kali membuat emosi meledak dan tidak stabil sehingga memengaruhi tekanan darah dan daya picu jantung.

Tips menjalankan puasa bagi penderita diabetes

Kini, Anda telah mengetahui beberapa manfaat puasa bagi penderita diabetes. Apakah Anda tertarik untuk segera berpuasa untuk mendapatkan manfaat tersebut? Tunggu dulu. Sebaiknya Anda ikuti beberapa tips di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips menjalankan puasa bagi penderita diabetes:

  • Lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk memastikan Anda bisa berpuasa karena ada beberapa kondisi penderita diabates yang tidak memenuhi syarat untuk berpuasa
  • Ikuti aturan diet yang diberikan dokter dan ahli gizi
  • Disiplin terhadap waktu makan
  • Konsumsilah menu yang sehat bagi penderita diabetes
  • Perhatikan kondisi tubuh setiap saat untuk memantau kemungkinan lanjut atau tidaknya berpuasa

Itulah beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi penderita diabetes sehingga puasa pun berjalan dengan lancar. Para penderita diabetes pun bisa mengambil manfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Selamat berpuasa dan meraih manfaatnya!