Terbit: 27 Mei 2019 | Diperbarui: 29 Mei 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini, mikroorganisme seperti bakteri dikenal sebagai sesuatu yang negatif, karena dapat menyebabkan penyakit. Faktanya, bakteri tidak hanya terdiri dari jenis bakteri yang merugikan, melainkan juga bakteri ‘baik’ yang menguntungkan bagi tubuh. Adalah probiotik, di mana jenis bakteri ini  justru membawa banyak manfaat bagi tubuh? Apa saja manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh?

11 Manfaat Probiotik bagi Kesehatan (Wanita Wajib Baca)

Apa Itu Probiotik?

Probiotik adalah jenis mikroorganisme berupa bakteri (bisa juga jamur) yang hidup di dalam tubuh manusia, tepatnya di sistem pencernaan yakni usus dan lambung.

Jika biasanya bakteri merugikan bagi tubuh, maka tidak demikian dengan probiotik. Jenis bakteri ini justru berfungsi untuk merawat kesehatan sistem pencernaan, pun melindunginya dari serangan penyakit.

Selain di dalam tubuh, probiotik dapat ditemukan di sejumlah produk makanan dan minuman fermentasi, seperti tempe, yogurt, susu, hingga suplemen khusus. Probiotik sendiri terbagi ke dalam 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Saccharomyces boulardii, adalah probiotik berupa jamur. Probiotik jenis ini berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare
  • Lactobacillus, adalah probiotik berupa bakteri. Bakteri lactobacillus ini tentunya sudah tidak asing lagi, mengingat ia kerap ditemukan di sejumlah produk makanan atau minuman fermentasi. Bakteri ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan, pun mengatasi gangguan pencernaan
  • Bifidobacterium, adalah probiotik berupa bakteri yang umum digunakan sebagai bahan pembuat produk olahan susu untuk mengatasi masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome

Manfaat Probiotik bagi Kesehatan Tubuh

Mencukupi jumlah probiotik di dalam tubuh sudah sepatutnya Anda lakukan. Pasalnya, ada sejumlah manfaat yang dibawa oleh jenis mikroorganisme ini, dan penting sekali untuk menjaga agar tubuh senantiasa sehat bebas penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Berikut ini adalah manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat probiotik yang utama adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, yakni usus dan lambung. Adanya bakteri probiotik di dalam organ-organ pencernaan diklaim dapat menjaga dan memaksimalkan fungsi organ-organ tersebut.

Seperti pada usus, bakteri probiotik berperan penting dalam melancarkan kinerja usus dalam mencernan makanan dan minuman yang masuk.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit (konstipasi), diare, dan iritasi usus tentunya akan sangat mengganggu, bukan? Nah, salah satu manfaat probiotik adalah untuk mengatasi pelbagai masalah pencernaan tersebut.

Kalaupun belum terkena penyakit pencernaan, kekurangan probiotik akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit-penyakit tersebut ketimbang mereka yang kebutuhan probiotiknya terpenuhi.

3. Membersihkan Usus

Ada kalanya usus penuh oleh kotoran yang berasal dari sisa makanan yang mengendap. Fungsi atau manfaat probiotik adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut sehingga usus tetap dapat berfungsi baik dan terhindar dari infeksi bakteri jahat yang terdapat di dalam sisa makanan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain itu, manfaat probiotik juga berkaitan dengan peningkatan kinerja sistem kekebalan tubuh. Orang yang rutin mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik diklaim memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik jika dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsinya.

5. Mencegah Inflamasi

Inflamasi atau peradangan bisa menyerang bagian tubuh mana saja, tak terkecuali usus. Apabila Anda terkena radang usus, maka salah satu cara untuk mengobati radang usus tersebut adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman probiotik.

Manfaat probiotik yang satu ini dikarenakan bakteri probiotik juga bersifat anti-inflamasi, sehingga tak salah menjadikannya alternative pilihan untuk meredakan peradangan.

6. Meminimalisir Intoleransi Laktosa

Beberapa produk olahan susu mengandung laktosa, di mana zat ini tidak dapat diterima oleh semua orang. Manakala seseorang mengalami reaksi alergi akibat mengkonsumsi susu yang mengandung laktosa, maka cara meredakan reaksi alergi tersebut adalah dengan probiotik.

Manfaat probiotik ini dihasilkan karena probiotik bertugas mengkonversi laktosa menjadi asam laktat yang cenderung lebih aman.

7. Mengobati Eksim

Eksim adalah penyakit kulit yang salah satu cara mengobatinya adalah dengan memperbanyak konsumsi probiotik. Baik anak-anak maupun orang dewasa, mengkonsumsi probiotik sangat dianjurkan guna mempercepat proses penyembuhan eksim yang diderita.

Namun, jangan semata-mata mengandalkan probiotik untuk mengobati penyakit ini, ya. Probiotik hanya bersifat sebagai penunjang dari obat-obatan khusus yang memang diciptakan untuk mengatasi eksim.

8. Merawat Kesehatan Vagina

Khusus bagi Anda para wanita, kesehatan vagina menjadi hal yang sangat penting. Salah satu manfaa probiotik adalah merawat kesehatan vagina. Sifat antibakteri pada probiotik mampu mencegah vagina Anda dari sejumlah komplikasi seperti infeksi jamur, vaginitis, dan kandidiasis.

9. Penyeimbang Antibiotik

Di dalam tubuh, terdapat 2 (dua) jenis mikroorganisme yakni bakteri antibiotik dan probiotik. Namun, ada kalanya jumlah bakteri antibiotik di dalam tubuh melebihi jumlah ideal. Nah, tugas atau manfaat daripada probiotik ini adalah untuk menjadi penyeimbang sehingga jumlah keduanya berada di angka yang ideal sehingga tidak mengganggu tubuh.

10. Meminimalisir Risiko Infeksi Saluran Pernapasan

Saluran pernapasan yang terinfeksi bakteri maupun mikroorganisme jahat lainnya dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman probiotik. Meskipun demikian, Anda tetap harus mengimbanginya dengan konsumsi obat-obatan khusus pereda infeksi saluran pernapasan.

11. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut adalah tempat bersarangnya bakteri-bakteri jahat. Jika terus dibiarkan, hal ini lama-kelamaan akan menyebabkan masalah serius pada gigi dan mulut Anda.

Manfaat probiotik adalah sebagai antagonis daripada bakteri-bakteri tersebut. Probiotik bertugas untuk melawan bakteri jahat sebelum bakteri tersebut menginfeksi mulut lebih jauh dan berujung pada penyakit gigi dan mulut.

Itu dia informasi mengenai manfaat probiotik bagi kesehatan tubuh. Perlu diingat, mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik harus memerhatikan dosis yang sesuai. Konsumsi berlebihan juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut, pertu kembung, hingga reaksi alergi. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi