Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tahukah Anda kalau di dalam tubuh terdapat banyak sekali mikroba seperti bakteri yang tidak menyebabkan penyakit. Bakteri ini justru baik untuk kesehatan karena bekerja untuk menunjang jaringan dan organ. Kita ambil contoh sederhana saja bakteri yang ada di saluran pencernaan. Bakteri ini membantu pencernaan dari makanan yang masuk sebelum akhirnya diserap oleh tubuh.

5 Makanan dan Minuman Probiotik yang Baik untuk Wanita

Selain bakteri yang ada di saluran pencernaan, ada lagi bakteri yang hidup di area vagina. Bakteri yang sering disebut flora normal ini bermanfaat untuk melindungi vagina dan menjaga pH. Kalau sampai vagina mengalami perubahan pH dan flora normal rusak, bakteri atau jamur patogen dari luar bisa masuk dan akhirnya menginfeksi.

Nah, agar bakteri baik yang ada di tubuh tetap terjaga, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman probiotik. Berikut sumber probiotik yang baik untuk semua orang khususnya wanita.

  1. Yoghurt

Yoghurt selama ini hanya dianggap sebagai minuman biasa saja. Padahal minuman ini mengandung banyak sekali mikroba baik yang mempengaruhi kesehatan beberapa organ pada tubuh seperti tulang dan pencernaan. Mengonsumsi secara rutin bisa menurunkan tekanan darah yang cukup tinggi.

Yoghurt memiliki rasa alami yang cukup asam. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan menambahkan buah atau gula rendah kalori agar asam yang terlalu pekat bisa sedikit diturunkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Kefir

Kafir sama halnya dengan yoghurt. Minuman ini terbuat dari fermentasi susu sapi yang ditambah ragi atau jamur tertentu. Selain mikroba yang baik kefir juga ditambahkan beberapa biji-bijian yang bermanfaat.

Manfaat dari kefir adalah mencegah gangguan pencernaan seperti maag dan infeksi. Selain itu, kefir yang baik untuk kesehatan tulang ini juga bisa dikonsumsi hampir semua orang. Beberapa orang yang alergi laktosa masih bisa mengonsumsinya tanpa ada gangguan pada tubuh.

  1. Tempe

Sebagai masyarakat Indonesia kita sudah sepantasnya bersyukur karena ada banyak sekali makanan sehat yang mudah didapat. Salah satu makanan sehat terbaik yang ada di Indonesia adalah tempe yang terbuat dari fermentasi kedelai.

Tempe mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Mengonsumsi tempe saja bisa mencukupi kebutuhan kalori harian. Selain itu, tempe juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral meski terbuat dari bahan nabati

  1. Miso

Miso adalah salah satu bumbu masakan di Jepang yang paling penting. Terbuat dari kedelai yang diberi mikro bernama koji. Miso biasanya dimasak menjadi sup untuk sarapan dengan tambahan rumput laut dan tahu.

Kandungan dari miso yang cukup bermanfaat adalah vitamin, mineral, dan seratnya. Mengonsumsi miso secara rutin baik untuk menjaga aliran darah dan menurunkan risiko kanker payudara pada wanita. Miso juga menjaga tekanan darah dan mencegah penuaan dini pada pria dan juga wanita

  1. Kimchi

Kalau di Indonesia ada tempe dan di Jepang ada Miso, di Korea ada kimchi. Makanan pendamping nasi ini pasti ada di meja atau teman makan aneka kuliner daging. Kimchi terbuat dari fermentasi sejenis kubis dengan rasa pedas.

Kandungan nutrisi dari kimchi bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, makan ini juga terbukti memberikan kebutuhan nutrisi yang seimbang. Bahkan dari beberapa penelitian, kimchi bisa menurunkan risiko kegemukan dan penyakit yang menjadi turunannya.

Inilah lima makanan dan minuman probiotik yang baik untuk wanita dan semua orang. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi