Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Belakangan ini, para beauty enthusiast dihebohkan dengan kegunaan probiotik untuk merawat kulit. Tidak hanya menggunakan skincare yang mengandung probiotik saja. Khasiat dari probiotik untuk kulit juga dapat didapatkan langsung dengan mengonsumsinya. Dilansir dari laman Nourished Life, probiotik sendiri merupakan unsur jaringan yang hidup di dalam tubuh dan membantu sejumlah fungsi organ, terutama organ pencernaan. Namun, apa saja sih keunggulan dari penggunaan probiotik untuk merawat kulit?

Manfaat Probiotik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

1. Menstimulasi Bakteri Baik

Dilansir dari laman Nourished Life, salah satu kegunaan dari mengonsumsi atau pun menggunakan skincare yang mengandung probiotik adalah menstimulasi bakteri baik. Bakteri baik yang muncul pada tubuh dan kulit ini akan menjaga kesehatan kulit. Terutama dari serangan bakteri jahat yang dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti kulit kusam hingga penuaan dini.

2. Mengatasi Breakout

Sedangkan laman Vogue menyebutkan jika probiotik sangat ampuh melembapkan berbagai jenis kulit, tidak terkecuali kulit sensitif. Probiotik sendiri bahkan diklaim dapat meredakan peradangan pada kulit. Baik yang disebabkan oleh masalah jerawat, rosacea atau pun eczema.

3. Menjaga Kulit Tetap Lembap

Produk yang menyerap kelebian minyak kerap membuat kulit menjadi kering. Hal ini lantaran kandungan produk tersebut merusak pelindung kulit. Tidak heran jika kondisi tersebut kerap menjadi problema tersendiri bagi sebagian orang. Namun, berbeda halnya saat Anda menggunakan skincare yang mengandung probiotik. Pasalnya, probiotik akan menyerap kelebihan minyak tanpa merusak lapisan pelindung kulit. Tidak heran jika kulit akan terasa lembap secara optimal.

Mungkin banyak dari Anda bagaimana cara mendapatkan probiotik? Saat ini sudah banyak brand skincare yang memproduksi skincare dengan kandungan probiotik di dalamnya. Salah satu produknya adalah skincare yang menggunakan kefir. Anda juga dapat mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung probiotik seperti miso, tempe dan kimchi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi