Terbit: 23 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Pernahkah Anda mendengar tentang pound fit? Olahraga dengan menggunakan iringan musik dan benda menyerupai stik drum ini banyak diminati oleh masyarakat belakangan. Pound fit adalah olahraga kardio yang terinspirasi dari permainan drum yang menyenangkan sekaligus membuat berkeringat.

8 Manfaat Pound Fit, Olahraga Menyenangkan Menggunakan Stik Drum

Apa Itu Pound Fit?

Pound fit adalah jenis workout yang menggabungkan antara latihan kardio dan juga latihan kekuatan. Gerakan-gerakan olahraga ini terinspirasi pada gerakan yoga dan pilates. Salah satu yang paling khas dari olahraga ini adalah penggunaan Ripstix, yaitu stik drum yang telah dimodifikasi.

Ripstix adalah stik drum yang memiliki bobot yang lebih ringan dan memang sudah dirancang khusus untuk workout. Pound fit adalah olahraga yang mengubah permainan drum menjadi olahraga yang efektif memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Pound Fit

Sebagai olahraga yang melibatkan latihan kardio sekaligus latihan kekuatan, tentunya ada banyak sekali manfaat pound fit bagi kesehatan.

Jika melakukan olahraga ini secara rutin, berikut adalah beberapa manfaat pound fit yang bisa Anda dapatkan!

1. Menguatkan Otot

Salah satu manfaat utama pound fit adalah dapat membantu menguatkan otot.

Bagaimana tidak, selama melakukan satu sesi olahraga ini, Anda akan menyelesaikan kurang lebih 15.000 repetisi gerakan. Gerakan pound fit juga melibatkan seluruh bagian tubuh, yang artinya hampir setiap otot tubuh juga terlatih.

Secara umum latihan fisik memang memiliki manfaat untuk memperkuat otot dan juga tulang. Melakukan latihan fisik secara rutin seperti pound fit dapat membantu Anda untuk menurunkan risiko penyakit terkait dengan otot dan tulang.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pound fit yang kedua adalah tentu saja membantu menurunkan berat badan.

Melakukan olagraga ini ditambah dengan pola makan dengan nutrisi seimbang akan sangat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini dipercaya mampu untuk membakar hingga 900 kalori lebih dalam satu jam.

Tidak hanya itu saja, olahraga ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena pound fit termasuk ke dalam olahraga kardio. Dengan meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga ini juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

3. Meningkatkan Fokus

Gerakan pound fit juga efektif untuk melatih fokus Anda.

Gerakan diiringi dengan musik yang artinya Anda perlu berkonsentrasi untuk mengikuti iringan musik. Ditambah lagi dengan kehadiran Ripstix yang menghadirkan ritme tertentu.

Keberadaan stik drum tidak hanya membantu Anda untuk melatih koordinasi tubuh, tapi ritme yang dihasilkan dari setiap ketukan Ripstix juga membantu Anda untuk semakin fokus.

4. Menurunkan Stres

Secara umum olahraga kardio dapat membantu menurunkan stres, karena mendukung pelepasan zat kimia dalam otak yang dapat membantu mengatur suasana hati.

Baik olahraga kardio maupun permainan drum, keduanya dipercaya dapat membantu menurunkan stres. Ritme dari pukulan stik drum ini dapat masuk ke otak dan menurunkan stres serta kecemasan.

Baca Juga: 8 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dicoba di Rumah!

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah salah satu kunci utama dari kesehatan tubuh.

Salah satu cara untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang baik adalah dengan melakukan latihan fisik secara rutin. Olahraga kardio sendiri secara spesifik dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar sel darah putih yang memiliki peran dalam sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit ini.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat pound fit selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Ya, salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan latihan fisik secara rutin. Olahraga ini membantu menjaga berat tubuh ideal dan menghindari Anda dari obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit kronis.

Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan mood dan menghindari stres. Sama seperti obesitas, stres juga merupakan salah satu faktor risiko penyakit kronis.

Sistem imun yang kuat juga tentunya turut berkontribusi dalam menurunkan risiko penyakit kronis ini.

7. Mendukung Terapi Fisik

Olahraga ini juga diklaim menjadi olahraga yang dapat mendukung pasien yang sedang menjalani terapi fisik.

Gerakan-gerakan olahraga ini dipercaya dapat mempercepat kesembuhan pasien. Tentunya gerakan pound fit dapat disesuaikan juga dengan pasien yang memiliki mobilitas yang terbatas. Olahraga gini sangat potensial untuk dijadikan pilihan karena memang olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk dimodifikasi.

8. Olahraga dengan Cara yang Menyenangkan

Beberapa orang tidak melakukan olahraga karena tidak pernah menemukan jenis olahraga yang menyenangkan baginya.

Olahraga satu ini dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan bagi Anda. Gerakan pound fit yang dapat dimodifikasi membuat Anda tidak perlu merasa bosan melakukan olahraga satu ini.

Selain itu, alunan musik yang juga beragam dapat semakin membangkitkan semangat Anda selama melakukan olahraga ini. Tentunya akan semakin baik jika Anda merupakan seseorang yang suka melakukan gerakan seperti menabuh drum, karena Anda dapat merasakan sensasi memainkan stik drum sekaligus berolahraga.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan olahraga yang satu ini? Olahraga ini dapat dilakukan siapa saja tanpa mengenal usia. Pada dasarnya semua jenis olahraga atau latihan fisik dapat memberikan manfaat yang sama bagi kesehatan. Namun tentunya setiap orang memiliki jenis olahraga yang berbeda-beda untuk disukai.

Pound fit dapat menjadi salah satu inovasi dalam olahraga agar kita memiliki semakin banyak jenis olahraga yang tidak monoton dan menyenangkan untuk dilakukan.

Melakukan olahraga yang menyenangkan tentunya akan membuat kita dapat semakin konsisten menjalaninya sehingga manfaat yang didapatkan juga akan lebih besar. Selamat mencoba?

 

  1. Health Fitness Revolution. 2016. Top 10 Health Benefits of the Pound Workout. https://www.healthfitnessrevolution.com/top-ten-health-benefits-pound-workout/. (Diakses 23 Desember 2019).
  2. Medline Plus. Benefits of Exercise. https://medlineplus.gov/benefitsofexercise.html. (Diakses 23 Desember 2019).
  3. Pound Rockout Workout. About. https://poundfit.com/about/. (Diakses 23 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi