7 Manfaat Potong Rambut (Tak Hanya Gaya)

manfaat-potong-rambut-doktersehat

DokterSehat.Com – Rambut adalah mahkota kepala. Ungkapan ini menunjukan bagaimana rambut punya peran penting dalam menjaga penampilan. Salah satu cara untuk membuat rambut senantiasa terlihat menawan adalah dengan potong rambut secara rutin. Tahukah Anda jika kegiatan memotong rambut ternyata juga membawa sejumlah manfaat yang lebih dari sekedar ‘gaya’? Lantas, apa saja manfaat potong rambut?

Manfaat Potong Rambut: Dari Gaya Hingga Kesehatan Rambut

Memotong rambut secara rutin umumnya bertujuan untuk membuat rambut senantiasa tampil stylish dengan gaya rambut yang diinginkan, bukan? Namun secara tidak sadar. Potong rambut juga diklaim memberikan manfaat terkait kesehatan rambut

Benarkah demikian? Berikut ini adalah manfaat potong rambut yang penting untuk Anda ketahui.

1. Rambut Terlihat Tebal

Sejatinya, memotong rambut tidak menjadikan rambut akan tumbuh semakin tebal nantinya, seperti yang selama ini dipercayai.

Akan tetapi, rambut yang pendek akan terlihat tebal ketimbang rambut panjang. Pasalnya, rambut pendek cenderung tumpul pada bagian ujungnya, yang mana hal ini memberikan kesan rambut tebal nan gelap.

Jadi, manfaat memotong rambut bukan untuk menambah ketebalan rambut, melainkan hanya membuatnya seolah-olah terlihat tebal.

2. Rambut Jadi Cepat Panjang

Memotong rambut, terutama di bagian ujungnya menghasilkan manfaat memotong ujung rambut, yakni rambut jadi tumbuh lebih panjang. Namun, hal ini harus didukung oleh sejumlah faktor lainnya, seperti hormon, karakter rambut, usia, kesehatan tubuh, hingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Idealnya, Anda disarankan untuk potong rambut 1,5 – 2 bulan sekali guna memaksimalkan manfaat memotong rambut yang satu ini.

3. Mengatasi Rambut Bercabang

Salah satu masalah rambut yang kerap dialami adalah rambut bercabang.

Kondisi rambut bercabang diawali dari ujung rambut yang mengalami kepatahan akibat melemahnya lapisan rambut bagian dalam (korteks). Korteks yang melemah tersebut adalah buntut dari rusaknya lapisan terluar rambut (kutikula) akibat sejumlah metode tata rambut seperti bleaching, colouring, dan sebagainya.

Kutikula yang seharusnya bertugas melindungi korteks, akibat rusak, tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga korteks yang memiliki tekstur kasar ini lebih rentan untuk patah dan berujung pada kondisi rambut bercabang.

Produk shampoo dan conditioner khusus rambut patah pun tidak benar-benar bisa mengatasi masalah rambut yang satu ini. Anda harus mengimbanginya dengan cara mengatasi rambut bercabang lainnya, salah satunya dengan potong rambut.

Manfaat potong rambut salah satunya juga bisa untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Caranya, potonglah rambut Anda secara rutin setiap 8 – 10 minggu sekali.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Selain rambut bercabang, mengatasi rambut rontok adalah manfaat potong rambut secara rutin lainnya yang jarang disadari.

Pasalnya, potong rambut justru akan membuat struktur batang rambut menjadi semakin kuat sehingga rambut tidak mudah rontok. Oleh sebab itu, para pakar rambut menyarankan untuk kita setidaknya 2 bulan sekali memotong rambut.

Namun, imbangi juga perawatan rambut ini dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik bagi kesehatan rambut, seperti makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin E.

5. Mengatasi Rambut Tipis

Oleh karena terjadi kerontokan pada rambut, otomatis rambut Anda akan menjadi semakin tipis. Itu sebabnya, memotong rambut dapat mencegah Anda dari memiliki rambut tipis, yang tentunya bisa mengurangi estetika rambut.

Kendati begitu, jangan lupa juga untuk mengoptimalkan asupan nutris bagi rambut Anda agar proses pertumbuhan rambut bisa berjalan lancar.

6. Merawat Lapisan Rambut

Terdapat 3 (tiga) lapisan pada rambut Anda. Lapisan paling luar disebut dengan kutikula, dan mengandung asam amino. Sementara itu, lapisan tengah yang disebut sebagai kerak mengandung lemak dan juga protein. Terakhir, adalah lapisan dalam yang disebut medulla. Menariknya, tidak semua orang memiliki lapisan medulla pada rambutnya, yakni mereka yang berambut tipis atau pirang.

Sekitar 90 persen lapisan rambut terdiri dari protein, pun asam amino dalam jumlah banyak. Guna melancarkan produksi kedua zat tersebut agar lapisan rambut senantiasa kuat, maka memotong rambut adalah salah satu solusinya. Ya, manfaat potong rambut juga mencakup manfaat perawatan lapisan pada rambut.

7. Mencegah Kebotakan Dini

American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan bahwasanya rata-rata pertumbuhan rambut per bulannya mencapai 1,27 – 2,54 cm. Akan tetapi, ada masa di mana rambut mengalami pertumbuhan kosong (pertumbuhan hiatus), di mana kondisi ini lama-kelamaan bisa menyebabkan kebotakan.

Manfaat memotong rambut adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut di folikel rambut, sehingga rambut tetap terjaga pertumbuhannya.

Berapa Lama Idealnya Waktu Potong Rambut?

Perlu diketahui, bahwasanya pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti:

  • Keturunan (genetik)
  • Karakter rambut
  • Usia
  • Kesehatan tubuh
  • Obat-obatan

Lebih lanjut, pertumbuhan rambut pun terbagi ke dalam beberapa fase, yaitu:

  • Anagen, rambut tumbuh aktif dalam kurun waktu 2 – 8 tahun
  • Katagen, rambut berhenti tumbuh untuk sementara, yakni antara 4 – 6 minggu
  • Telogen, rambut mengalami kerontokan alami, yakni berlangsung selama 2 -3 bulan

Rata-rata kulit kepala mengandung 90 -95 persen folikel ketika memasuki fase anagen. Kemudian, persentase jumlah rambut pada fase telogen sekitar 5 – 10 persen. Hal ini menghasilkan fakta bahwa ada sekitar 100 – 150 helai rambut yang rontok per harinya.

Dr. Melissa, spesialis kulit dan rambut dari Cleveland Clinic, AS, mengatakan jika aktivitas memotong rambut disesuaikan dengan kondisi rambut dari tiap-tiap orang.

Idealnya, potong rambut dilakukan setiap 3 bulan sekali. Namun, jika rambut Anda sering mengalami kerusakan, maka Anda diperbolehkan untuk memotong rambut lebih sering, yakni setiap 6 bulan sekali.

Memotong rambut, meskipun tidak sepenuhnya membuat rambut tumbuh subur (harus diimbangi oleh asupan nutrisi untuk rambut), tetapi efektif untuk merawat kesehatan dan kekuatan rambut Anda.

Itu dia informasi mengenai manfaat potong rambut di samping membuat Anda tampil menawan. Semoga bermanfaat!