Manfaat Pohon Sengon yang Jarang Diketahui (Paling Lengkap)

manfaat-pohon-segon-doktersehat

DokterSehat.Com – Pohon sengon disebut-sebut sebagai pemicu pemadaman listrik yang terjadi di beberapa daerah di Pulau Jawa belum lama ini. Hal ini diduga karena karakter pohon sengon yang dapat tumbuh begitu tinggi sehingga dapat mengganggu kabel listrik yang berada di atasnya. Manfaat pohon sengon sendiri memang banyak sehingga tanaman sengon banyak ditanam di Indonesia. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang pohon sengon.

Apa Itu Pohon Sengon?

Pohon sengon adalah salah satu jenis pohon penghasil kayu yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Australia dan saat ini banyak ditanam di berbagai negara tropis seperti Brunei, Kamboja, Fiji, Polinesia Perancis, Jepang, Myanmar, dan banyak negara lainnya.

Tanaman sengon berasal dari famili Fabaceae. Jenis yang paling banyak tumbuh di Indonesia adalah spesies Albizia chinensis dan Paraserianthes falcataria yang sering juga disebut dengan sengon laut. Pohon sengon diklaim sebagai pohon yang pertumbuhannya paling cepat di dunia, karena tinggi pohon sengon dapat mencapai 7 meter hanya dalam waktu satu tahun.

Tinggi pohon sengon sendiri dapat mencapai 40 meter dengan tinggi bebas cabang sepanjang 20 meter. Sedangkan untuk diameter pohon dapat mencapai 100 cm atau bahkan lebih. Sengon memiliki bentuk daun yang tersusun majemuk dan menyirip ganda yang panjangnya sekitar 23-30 cm.

Manfaat Pohon Sengon untuk Kehidupan Sehari-Hari

Penanaman pohon sengon di berbagai daerah di Indonesia tentunya bukan tanpa alasan. Selain karena pertumbuhannya yang relatif cepat, pohon sengon juga menyimpan berbagai manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berikut adalah berbagai manfaat pohon sengon untuk sehari-hari.

1. Manfaat tanaman sengon

Pohon sengon adalah jenis pengikat nitrogen, sehingga pohon ini banyak ditanam untuk tujuan reboisasi dan penghijauan yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesuburan tanah. Daun dan cabang pohon sengon yang jatuh juga dapat meningkatkan kandungan nitrogen, bahan organik, dan juga mineral dalam tanah.

Pohon sengon juga sering ditanam di area seperti perkebunan teh atau kopi sebagai pohon untuk berteduh. Selain itu, tanaman sengon juga sering ditumpangsarikan dengan tanaman lain seperti singkong, jagung, dan juga buah-buahan.

2. Manfaat kayu sengon

Kayu sengon dapat dikatakan sebagai salah satu bagian pohon sengon yang paling banyak dicari. Kayu sengon banyak digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari interior, furniture, korek api, alat musik, mainan, dan masih banyak lagi.

Kayu sengon rata-rata hanya dapat bertahan sekitar 0,5-2,1 tahun apabila diletakkan di atas permukaan tanah. Namun kayu ini dapat bertahan hingga 15 tahun pada daerah iklim tropis apabila diberi pengawet. Pohon sengon juga sering dijadikan bahan pembuat kayu triplex dan kayu lapis.

3. Manfaat daun sengon

Selain dari kayu sengon, terdapat juga manfaat pohon sengon yang berasal dari bagian daunnya. Daun pohon sengon banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak ayam dan juga kambing. Sedangkan bagian ranting pohon sengon dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar.

Manfaat Pohon Sengon untuk Kesehatan

Tanaman sengon juga dikenal dengan nama albizia di beberapa negara.  Albizia dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Namun jenis albizia yang sudah banyak diteliti dan digunakan sebagai herbal di negara lain bukan merupakan jenis Albizia chinensis, melainkan jenis Albizia julibrissin.

Berikut adalah berbagai manfaat tanaman albizia untuk kesehatan:

  • Mengatasi kegelisahan
  • Obat kanker
  • Mengatasi depresi
  • Mengatasi gangguan tidur atau insomnia
  • Obat sakit tenggorokan
  • Meningkatkan mood
  • Mengurangi pembengkakan terkait dengan trauma
  • Mengatasi gigitan serangga
  • Meredakan infeksi kulit seperti bisul atau borok
  • Membantu pengobatan patah tulang
  • Terkilir

Bagian dari tanaman albizia yang dijadikan obat adalah bunga dan kulit batangnya. Penggunaan herbal albizia dapat diterapkan melalui oral (diminum) atau topikal (diaplikasikan langsung ke kulit).

Meskipun sudah banyak yang mengambil manfaat tanaman ini untuk kesehatan, namun bukti ilmiah tentang manfaat pohon sengon pada dasarnya masih sangat minim, sehingga penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati untuk menghindari kemungkinan timbulnya efek samping.

Itu dia berbagai manfaat pohon sengon atau albizia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Sumber:

  1. Paraserianthes falcataria (L.) Nielsen Ekologi, Silvikultur dan Produktivitas – http://www.cifor.org/publications/pdf_files/Books/BKrisnawati1109.pdf diakses 6 Agustus 2019
  2. ALBIZIA – https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1451/albizia diakses 6 Agustus 2019
  3. Albizia chinensis (PROSEA) – https://uses.plantnet-project.org/en/Albizia_chinensis_(PROSEA) diakses 6 Agustus 2019