Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah yang termasuk ke dalam buah-buahan tropis ini tidak hanya lezat dan segar saat dinikmati. Buah pepaya rupanya juga kerap dijadikan salah satu bahan pelengkap pada sejumlah skincare. Tentu saja hal ini kerap membuat Anda bertanya-tanya apa khasiat yang diberikan oleh buah pepaya dalam merawat kulit. Berikut sejumlah penjelasan singkat yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Manfaat Pepaya Untuk Kulit Anda

1. Memutihkan kulit

Dilansir dari laman Dermatocare, buah pepaya merupakan bahan pemutih alami Hal ini lantaran buah pepaya dapat meluruhkan kotoran dan sel kulit mati secara optimal.

2. Menghilangkan rambut-rambut halus

Buah pepaya yang masih muda mengandung enzim papain. Menurut laman Dermatocare, enzim papain merupakan bahan yang dapat menghambat atau bahkan menghentikan proses pertumbuhan rambut.

3. Mengatasi penuaan dini

Bertambahnya usia atau terlalu sering terpapar radikal bebas membuat kulit mengalami penuaan dini. Namun, jangan khawatir. Pasalnya, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan buah pepaya. Buah satu ini mampu memperbaiki sel-sel kulit dengan menstimulasi produksi kolagen. Tidak hanya itu saja, buah pepaya juga mengembalikan keelastisitasan kulit.

4. Melembapkan Kulit

Kandungan air yang cukup tinggi ternyata juga dapat digunakan sebagai moisturizer alami. Tidak hanya itu saja, pepaya mengandung lemak serta vitamin yang menjadikan kulit lebih sehat. Namun, gunakan buah pepaya yang sudah matang saja. Pasalnya, buah pepaya yang masih muda mengandung getah yang dapat memicu iritasi atau alergi pada kulit.

Buah pepaya yang kerap disepelekan ini ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk merawat kulit. Tidak hanya menjadi bahan pemutih alami, menggunakan produk yang mengandung buah pepaya atau menggunakan buah pepaya secara langsung dapat menjadikan kulit tetap sehat terawat. Bahkan, buah pepaya juga ampuh menjaga kulit tetap awet muda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi