Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam olahraga, ada sebuah istilah yang disebut dengan pemanasan, yaitu melakukan gerakan ringan beberapa saat sebelum olahraga dimulai. Begitupula dalam dunia fitnes, ada berbagai macam jenis pemanasan yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, mulai dari push up, circle arm, plank, squat, dan sebagainya.

Jangan Sepelekan, Inilah 4 Manfaat Pemanasan Sebelum Latihan

Beberapa gerakan dalam pemanasan memang sedikit membosankan sebab terkesan monoton sehingga tak sedikit orang yang enggan melakukannya. Padahal, pemanasan sendiri penting dilakukan dalam semua jenis olahraga, termasuk fitnes. Sebab, telah terjadi berbagai kasus atau kerugian orang yang tidak pemanasan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat pemanasan sebelum latihan:

1. Mencegah Risiko Cedera

Banyak yang meyakini bahwa pemanasan adalah salah satu cara untuk mengurangi, bahkan mencegah risiko cedera. Hal itu telah terbukti, sebab dengan pemanasan, tubuh akan lebih siap melakukan latihan-latihan berat karena otot akan diregangkan terlebih dahulu. Selain itu, jaringan otot pun akan membungkus bagian vital sehingga terhindar dari cedera dan kram saat latihan.

2. Tubuh Menjadi Fleksibel

Pemanasan juga bisa membuat tubuh menjadi fleksibel sehingga Anda bisa melakukan seluruh gerakan dengan nyaman dan lancar. Sebab, pemanasan bisa membuat otot yang kaku menjadi lebih lentur sehingga gerak Anda menjadi tak terbatas lagi, apalagi jika Anda ingin melakukan berbagai macam teknik dalam satu sesi latihan.

3. Mengurangi Asam Laktat

Saat melakukan olahraga, tubuh akan memproduksi asam laktat lebih banyak. Semakin tinggi tingkat asam laktat, maka akan membahayakan tubuh Anda karena bisa menimbun di dalam darah dan otot. Untuk mencegah terjadinya pembengkakan jumlah asam laktat, diperlukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan.

4. Meningkatkan Fokus

Tanpa Anda sadari, pemanasan juga bisa meningkatkan fokus saat latihan. Hal itu dikarenakan sirkulasi darah akan lancar sehingga menstimulus otak menjadi lebih fresh dan jernih. Dengan begitu, konsentrasi Anda pun akan semakin meningkat sehingga bisa lebih fokus dalam melakukan latihan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi