Terbit: 20 Februari 2019 | Diperbarui: 22 Juli 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pelukan adalah salah satu cara manusia untuk menyalurkan kasih sayang, menunjukkan simpati, atau bahkan menularkan kebahagiaan. Meskipun terlihat sederhana, tetapi pelukan memiliki banyak sekali makna. Selain terkadang memiliki makna yang lebih dalam dari kata-kata, terdapat juga berbagai manfaat pelukan untuk kesehatan, lho!

11 Manfaat Pelukan bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat Pelukan

Berpelukan adalah kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Apa alasan Anda berpelukan dengan orang terdekat? Ada yang menjadikan pelukan sebagai kebiasaan ketika baru berjumpa atau berpisah, ada juga yang berpelukan ketika sedang berbahagia, sebagian lainnya mungkin memberikan pelukan untuk bersimpati pada seseorang yang sedang bersedih.

Apapun alasan untuk berpelukan, pelukan memberikan manfaat pada dua orang atau lebih yang melakukannya. Penasaran apa saja manfaat pelukan bagi kesehatan fisik dan mental? Berikut adalah 11 di antaranya!

1. Mengurangi stres

Pernyataan bahwa pelukan dapat mengurangi stres memang sudah menjadi hal yang dipercaya oleh masyarakat luas sejak dulu. Hal ini memang ada benarnya. Pelukan dapat mengurangi stres pada orang yang dipeluk maupun yang memeluknya.

Dilansir dari Health Line, para ilmuwan menyatakan bahwa memberikan dukungan pada orang lain melalui sentuhan dapat mengurangi stres orang yang dihibur tersebut. Tidak hanya memiliki manfaat untuk orang yang dihibur, berkurangnya kadar stres juga ditemukan pada orang yang memberikan dukungan.

2. Meningkatkan mood

Manfaat pelukan yang kedua adalah dapat meningkatkan mood seseorang. Ketika seseorang kekurangan kadar senyawa serotonin, seseorang dapat mengalami depresi dan merasa kesepian. Pelukan dapat memicu otak untuk melepaskan serotonin dan endorfin yang adapat membuat seseorang menjadi lebih baik.

3. Membuat Anda lebih bahagia

Siapa yang tidak ingin hidup bahagia? Setiap orang tentunya ingin hidup bahagia. Ini lah salah satu manfaat pelukan yang bisa Anda dapatkan. Selain mengurangi stres dan meningkatkan mood, pelukan juga memicu otak untuk melepaskan oksitosin yang juga sering disebut sebagai hormon pelukan.

Kadar oksitosin dapat meningkatkan ketika berpelukan, bersentuhan, atau duduk berdekatan dengan orang lain. Selain sering disebut dapat menurunkan stres, hormon ini juga dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang.

4. Relaksasi tubuh

Setelah melakukan aktivitas berat seharian, tentunya Anda membutuhkan cara untuk merelakasaasi tubuh agar menjadi lebih tenang. Merelaksasi tubuh adalah salah satu manfaat dari pelukan.

Pelukan daapt membuat otot tubuh kita lebih rileks. Selain itu, pelukan juga dapat melepaskan ketagangan di tubuh. Maka dari itu, jika ingin melupakan rasa lelah setelah berkerja seharian, Anda bisa memeluk orang tersayang sesampainya di rumah.

5. Mengatasi ketakukan

Khasiat pelukan lainnya adalah untuk mengatasi rasa takut. Penelitian menemukan bahwa sebuah sentuhan dapat mengurangi rasa takut atau cemas, sehingga pelukan juga bisa menjadi salah satu pilihan cara untuk menenangkan seseorang yang sedang ketakutan.

Hal ini juga dibuktikan dengan pelukan yang diberikan orang tua kepada anak yang sedang merasa ketakutan. Pelukan dapat menjadi cara bagi orang tua yang ingin menenangkan buah hatinya.

6. Mengurangi rasa sakit

Mengurangi rasa sakit juga dipercaya sebagai salah satu manfaat pelukan bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa bentuk setuhan dapat mengurangi rasa sakit, salah satu bentuknya adalah pelukan.

Dilansir dari Health Line, dalam suatu studi, penderita fibromyalgia menjalani enam perawatan terapi sentuhan. Setiap terapi melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta melaporlam adanya peningkatan kualitas hidup dan rasa sakit berkurang.

7. Berkomunikasi

Pelukan juga dapat menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi. Ya, komunukasi tidak hanya dilakukan melalui verbal, tapi juga bisa dilakukan memalui sentuhan. Para ahli menyatakan bahwa sentuhan dapat menjadi salah satu cara seseorang mengekspresikan emosi kepada orang lain.

Sentuhan dapat mengekspresikan emosi mulai dari marah, takut, jijik, cinta, bahagia, sedih, hingga simpati. Pelukan adalah bentuk sentuhan yang paling komunikatif dan dapat menciptakan rasa nyaman.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Perlu diketahui bahwa banyak sekali penyakit yang dipicu atau dapat semakin memburuk akibat stres. Maka dari itu, ketika dapat terhindar dari stres, maka hidup kita juga dapat menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa pelukan dapat mengurangi potensi seseorang jatuh sakit.

Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa seseorang yang mendapatkan pelukan lebih sering mendapatkan gejala yang lebih ringan ketika sakit, dibandingkan dengan yang tidak menerima pelukan.

9. Menyeimbangkan sistem saraf

Manfaat pelukan lainnya adalah dapat menyeimbangkan sistem saraf. Dilansir dari Collective Evolution, kulit mengandung jaringan sensor berbentuk telur kecil yang disebut dengan sel darah sel darah pacinian. Sensor ini terhubung dengan otak memalui saraf Vagus.

Sensor ini dapat merasakan sentuhan. Efek lembap dan listrik pada kulit selama pelukan menunjukkan adanya kondisi parasimpatis sistem saraf yang seimbang.

10. Mengurangi kekhawatiran terhadap kematian

Masih dilansir dari Collective Evolution, manfaat pelukan lainnya adalah dapat menghilangkan kekhawatiran akan kematian. Tidak dapat dipungkuri tentunya bahwa kematian merupakan hal yang dapat membuat kita takut dan khawatir.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, memeluk benda mati seperti boneka sudah dapat menurunkan kekhawatiran seseorang tentang kematian. Bahkan membayangkan memeluk seseorang yang dicintai saja sudah dapat memicu otak untuk melepaskan serotonin, dopamin, dan endorfin yang dapat memicu perasaan gembira.

Emosi yang lebih positif terbentuk berkat sebuah pelukan, sehingga kekhawatiran pun dapat terlupakan.

11. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung juga menjadi manfaat pelukan bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang berpelukan dan berpengangan tangan mengalami penurunan tekanan darah dan detak jantung dibandingkan dengan pasangan yang diam saja.

Hal ini menunjukkan bahwa pelukan dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengingat tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi pemicu gangguan jantung.

Sudahkah Anda memeluk orang tersayang hari ini? Jika belum, tunggu apalagi? Jika ingin mendapatkan semakin banyak manfaat pelukan yang positif, kita harus mendapatkan sebanyak mungkin pelukan yang bisa kita dapatkan setiap hari.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi