12 Manfaat Memelihara Hewan yang Menyehatkan Fisik & Mental

manfaat-memelihara-hewan-doktersehat

DokterSehat.Com– Sebagian besar orang gemar memelihara hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, anjing, dan jenis hewan peliharaan lainnya. Bagi mereka, manfaat memelihara hewan peliharaan adalah sumber kebahagiaan yang bisa didapatkan dengan cara mudah. Tingkah lucu hewan yang dipelihara dianggap bisa membuat orang yang memeliharanya merasa senang setiap saat.

Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan

Namun, tidak hanya bisa membuat bahagia saja, nyatanya memelihara hewan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan fisik dan juga mental Anda. Apa saja manfaat hewan peliharaan?

1. Menurunkan risiko terkena penyakit

Manfaat memelihara hewan ternyata bisa menurunkan risiko terkena penyakit. Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa memelihara hewan bisa menurunkan tingkat kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah. Oleh karenanya, risiko terkena penyakit berbahaya akan semakin menurun. Namun, juga jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda.

2. Membuat Anda berolahraga

Ketika memiliki hewan peliharaan, mau tidak mau Anda harus membawanya jalan-jalan, meskipun hanya mengelilingi taman ataupun kompleks rumah. Ajak hewan peliharaan Anda untuk jalan atau lari. Dengan begitu, Anda juga bisa berolahraga dan mengeluarkan keringat dengan cara yang menyenangkan. Sungguh, manfaat hewan peliharaan sangat baik untuk kesehatan Anda.

3. Jadi mood booster

Ketika aktivitas pekerjaan yang sangat padat, terkadang membuat suasana hati Anda kacau dan tidak stabil. Tak jarang pula Anda merasa lelah dan jenuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajak hewan peliharaan Anda untuk bermain bersama.

Tingkah lucu mereka saat bermain, pasti akan membuat Anda merasa senang dan mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. Sehingga, rasa lelah dan jenuh yang Anda rasakan akan hilang seketika.

4. Mengurangi rasa kesepian

Bila Anda termasuk orang yang tinggal sendiri di rumah, pasti akan merasa kesepian. Namun, jika memiliki hewan peliharaan, Anda tidak akan merasa kesepian lagi, kan? Sebab, manfaat memelihara hewan juga bisa menjadi teman di rumah. Pasalnya, hewan yang Anda pelihara bisa berlaku adil, jika Anda menyangi hewan dengan tulus, maka hewan tersebut juga akan menyayangi Anda.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat memelihara hewan seperti anjing terkait dengan tekanan darah rendah, penurunan kolesterol, dan penurunan kadar trigliserida, yang berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular keseluruhan yang lebih baik dan menurunkan risiko serangan jantung.

Terlebih lagi, pemilik anjing yang mengalami serangan jantung memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik setelah menderita gangguan kesehatan yang berbahaya tersebut.

6. Mendeteksi kanker sejak dini

Bukan rahasia lagi bahwa penciuman anjing sangat luar biasa lho, dan tahukah Anda bahwa gigi taring anjing mampu mendeteksi kanker!

Beberapa pemilik hewan peliharaan telah melaporkan bahwa anjing mereka telah menyelamatkan hidup pemiliknya setelah anjing memerhatikan terus-menerus dengan mengendus atau bahkan menjilati tumor yang tersembunyi di bawah kulit.

Nah, setelah menduga adanya penyakit, segera pastikan ke dokter ya, Teman Sehat!

7. Mencegah alergi pada anak

Meskipun bukan jaminan bahwa memiliki hewan peliharaan akan menghentikan anak-anak mengembangkan alergi tertentu, bukti menunjukkan bahwa bulu hewan peliharaan dapat membantu. Namun, perlu dicatat bahwa Anda tidak boleh memiliki kucing atau anjing jika alergi terhadap hewan tersebut – namun anda tidak akan tiba-tiba menjadi kebal!

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat hewan peliharaan dapat menghabiskan banyak waktu di luar dan karenanya membawa segala macam kotoran dan kuman ke rumah Anda. Namu, ini belum tentu menjadi hal yang buruk,  kuman tambahan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan penyakit ringan lainnya.

Faktanya, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bayi yang hidup dengan anjing cenderung mengalami lebih sedikit infeksi dan biasanya lebih sehat daripada mereka yang tidak memelihara hewan.

9. Menurunkan tingkat stres

Kehidupan modern penuh tekanan dan tingkat kecemasan yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untungnya, hewan peliharaan dapat benar-benar membantu Anda untuk bersantai – membelai kucing atau sekadar melihat ikan berenang di dalam kolam dapat membuat kekhawatiran Anda mencair.

Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida yang lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan. Itu berarti memiliki sahabat berbulu dapat mengurangi kemungkinan menderita serangan jantung di kemudian hari.

10. Tubuh bugar

Semua jenis anjing membutuhkan jalan kaki teratur setiap hari agar tetap bahagia dan sehat, demikian juga pemiliknya! Namun, terkadang kita cenderung sedikit malas. Nah, untuk mengatasoinya Anda bisa mengajak seekor anjing agar ana menjadi semangat untuk joging di pagi hari!

Anjing akan membawa Anda keluar dari pintu depan dan membuat Anda berlari di sekitar taman setiap hari. Ya, seekor anjing mungkin adalah pelatih pribadi terbaik yang bisa Anda minta.

11. Membantu menyehatkan tulang, tendon, & otot

Manfaat hewan peliharaan seperti kucing yang mendengkur adalah salah satu suara paling menghibur dan walaupun itu berarti tandanya kucing bahagia dan nyaman, suara itu juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot.

Seekor kucing mendengkur menciptakan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi di kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera, para ilmuwan mulai berbicara tentang bagaimana suara kucing dapat membantu manusia.

12. Membantu tidur lebih nyenyak

Beberapa penelitian di Inggris telah menemukan bahwa orang (terutama wanita) lebih suka tidur dengan kucingnya daripada dengan pasangan, dan mereka bahkan melaporkan, bahwa tidurnya lebih baik dengan kucing daripada dengan teman tidur manusia.

Sebuah penelitian baru-baru ini dari Mayo Clinic Center untuk Sleep Medicine dapat memastikan temuan itu:

Sekitar 41 persen orang dalam penelitian tersebut mengindikasikan bahwa mereka tidur lebih nyenyak karena hewan peliharaannya, sementara hanya 20 persen mengatakan bahwa itu menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Itulah manfaat memelihara hewan yang bisa Anda padatkan untk kebugaran tubuh. Selain itu kesehatan hewan peliharaan juga harus diperhatikan ya, Teman Sehat!