Terbit: 12 Mei 2020 | Diperbarui: 20 Mei 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Manfaat pakcoy yang berguna bagi kesehatan didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Sayuran yang juga disebut bok choy ini adalah anggota keluarga kubis Brassica. Apa saja khasiat sayur pakcoy bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Pakcoy, Kurangi Kulit Keriput hingga Peradangan

Kandungan Pakcoy

Sebelum menjelaskan mengenai berbagai manfaat pakcoy bagi kesehatan, hal penting yang harus diketahui adalah kandungan apa saja yang terdapat di dalam sayuran ini. Menurut United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, pakcoy mentah mengandung:

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Lemak tak jenuh ganda
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Potasium
  • Natrium
  • Zinc
  • Vitamin C
  • Folat
  • Vitamin A
  • Vitamin K

Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan

Pakcoy termasuk dalam keluarga sayuran silangan, dimana hal itu menjadikannya sebagai sayuran yang dikemas dengan berbagai nutrisi yang dapat menawarkan khasiat untuk meningkatkan kesehatan. Berikut ini adalah berbagai manfaat pakcoy bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menghilangkan Kerutan

Manfaat pakcoy ini disebabkan karena kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pakcoy berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K yang terkandung di dalam pakcoy berkontribusi untuk mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Fosfor dan kalsium keduanya penting dalam struktur tulang. Namun, pertumbuhan tulang yang tepat membutuhkan keseimbangan kedua nutrisi ini. Pola makan yang mengandung terlalu banyak fosfor dan tidak cukup kalsium dapat menyebabkan keropos tulang. Sedangkan vitamin K membantu menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah, sepertinya Anda harus mendapatkan khasiat sayur pakcoy. Kalium, kalsium, dan magnesium yang ada di dalam sayuran ini dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan folat, kalium, vitamin C, dan vitamin B-6 di dalam pakcoy dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi mengungkapkan, risiko penyakit kardiovaskular ‘lebih tinggi’ secara signifikan di antara orang yang mengonsumsi terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium.

Sementara itu, vitamin B-6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homocysteine. Kelebihan homocysteine di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mendapatkan manfaat pakcoy.

5. Menjaga Kekuatan Gigi

Manfaat pakcoy berikutnya adalah kemampuannya untuk menjaga kekuatan gigi. Hal itu disebabkan karena kandungan kalsium di dalamnya. Jika Anda memiliki masalah dengan mengonsumsi susu, penting untuk menemukan sumber kalsium dari makanan salah satunya adalah pakcoy.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selenium yang ditemukan dalam pakcoy dipercaya mampu meningkatkan respons kekebalan terhadap infeksi dengan merangsang produksi sel T atau T-cells. Sel T merupakan salah satu tipe dari darah putih yang berperan sebagai antibodi pada tubuh dengan mengidentifikasi serta membunuh bakteri dan virus yang menyerang.

7. Memberi Perlindungan dari Kanker

Manfaat pakcoy ini cukup penting karena kemampuannya untuk mencegah terjadinya kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang banyak mengonsumsi sayuran silangan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru, prostat, dan usus besar.

Pakcoy sendiri mengandung folat, di mana folat berperan dalam produksi dan perbaikan DNA, sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang tinggi membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

8. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran silangan dapat membantu penderita diabetes mempertahankan kadar gula darahnya. Namun, sebuah penelitian lain mengungkapkan bahwa bukti pakcoy bisa menurunkan kadar gula darah belum meyakinkan.

9. Mencegah Kerusakan Sel

Seperti banyak buah dan sayuran, terutama yang cerah atau berwarna gelap, pakcoy mengandung antioksidan yang membantu tubuh melawan kerusakan sel dan peradangan. Pakcoy dan sayuran gelap lainnya adalah sumber flavonoid yang baik yang disebut quercetin.

10. Mengurangi Peradangan Kronis

Manfaat pakcoy yang terakhir terkait dengan kandungan kolin di dalamnya. Kolin adalah nutrisi yang memiliki kemiripan dengan vitamin B tetapi tidak disebut sebagai vitamin ataupun mineral. Kolin memiliki fungsi vital bagi tubuh, mulai dari perkembangan otak hingga fungsi sistem saraf.

Nutrisi ini juga membantu sel-sel dalam tubuh untuk menjaga bentuknya, membantu menyerap lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Nah, itulah berbagai khasiat sayur pakcoy yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Cara Mengolah Pakcoy

Pada dasarnya, semua bagian dari pakcoy bisa dikonsumsi dan diolah dengan berbagai cara. Selain karena rendah kalori dan kandungan nutrisi yang tinggi, rasanya yang agak manis dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi tambahan yang cocok untuk hampir semua hidangan.

Berikut adalah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengolah pakcoy, antara lain:

  • Potong pakcoy mentah dan aduk dengan sayuran segar lainnya untuk membuat salad.
  • Tambahkan pakcoy yang sudah dipotong-potong ke dalam sup.
  • Tumis pakcoy dengan berbagai sayuran, kemudian ditambahkan kecap asin dan minyak wijen.
  • Tumis bawang putih dan jahe dengan minyak zaitun sampai lunak, lalu tambahkan pakcoy dan terus tumis sampai kelembutan yang diinginkan.
  • Campur potongan pakcoy dengan jamur, daun bawang, dan kecap untuk membuat isian pangsit.

Waktu memasak yang singkat akan memberikan Anda hasil yang renyah, sementara memasak yang lebih lama menghasilkan tekstur yang lebih lunak. Selain beberapa cara di atas, khasiat sayur pakcoy juga bisa didapatkan jika Anda mengonsumsinya secara mentah.

Akan tetapi, memasak sayuran ini terlalu lama dapat mengurangi jumlah nutrisi yang dikandungnya, sehingga manfaat pakcoy tidak optimal didapatkan tubuh.

Selain itu, pakcoy mengandung salisilat, senyawa yang terkait dengan aspirin. Jika Anda sensitif terhadap aspirin, sebaiknya hindari makanan yang mengandung salisilat. Konsultasi dengan dokter tentang bagaimana cara mengelola sensitivitas ini.

 

  1. Dolson, Laura. 2020. Bok Choy Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.verywellfit.com/carb-information-for-bok-choy-2241765. (Diakses pada 12 Mei 2020).
  2. Ware, Megan. 2018. The health benefits of bok choy. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280948. (Diakses pada 12 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi