7 Manfaat Pacaran untuk Kesehatan Fisik dan Mental

manfaat-pacaran-doktersehat

DokterSehat.Com – Pacaran tidak selalu menjadi hal yang mudah. Meskipun begitu, banyak orang yang menjalaninya karena memang pada dasarnya ada banyak sekali manfaat pacaran yang bisa didapatkan oleh kedua orang yang menjalaninya.

Belakangan publik dihebohkan oleh kabar Kai EXO dan Jennie BLACKPINK yang dirumorkan berpacaran. Bagi para idol Korea, pacaran bukan hal mudah karena ada banyaknya perhatian dari para fans hampir dari seluruh dunia. Kenyataan ini membuat banyak artis Korea lebih banyak memilih untuk pacaran diam-diam.

Baik dilakukan secara terang-terangan maupun diam-diam, pada dasarnya pacaran adalah hal yang wajar dilakukan oleh dua orang yang saling menyukai.

Manfaat Pacaran untuk Kesehatan

Banyak orang yang mungkin bertanya apa manfaat pacaran sebenarnya. Setiap orang tentunya memiliki alasannya sendiri. Sebagian bahkan memilih untuk menjalani pacaran meskipun terdapat risiko dari keputusannya tersebut.

Tujuan utama pacaran yang paling umum adalah untuk mengenal satu sama lain. Ternyata selain bermanfaat sebagai masa pengenalan, masih banyak lagi manfaat pacaran, bahkan manfaat punya pacar juga bisa ditinjau dari segi kesehatan.

Berikut adalah manfaat pacaran untuk esehatan yang wajib diketahui!

1. Lebih mengenal diri sendiri

Manfaat pacaran yang pertama adalah dapat lebih mengenal diri sendiri. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pacaran adalah masa untuk saling mengenal. Selain mengenal pasangan, ternyata pacaran juga merupakan masa di mana kita mengenal diri sendiri.

Ketika menjalani hungan pacaran, Anda dapat semakin mengetahui hal apa yang Anda sukai dan tidak sukai. Anda juga dapat mengetahui seberapa besar kemampuan Anda untuk mengelola emosi dan stres yang Anda rasakan.

Jika ternyata Anda memiliki masalah dalam manajemen emosi dan stres, mungkin Anda dapat mulai belajar untuk memperbaikinya, karena jika tidak diperbaiki, masalah tersebut akan berdampak pada kesehatan mental Anda.

2. Belajar memahami orang lain

Belajar untuk memahami orang lain juga merupakan salah satu manfaat pacaran. Setiap orang memiliki tingkat empati yang berbeda terhadap sekitarnya. Ketika menjalani pacaran, Anda dituntut untuk dapat memahami pasangan. Saat itu lah Anda semakin lama akan menjadi orang yang semakin empati terhadap lingkungan sekitar.

Jika sudah mulai terbiasa, rasa empati dan memahami orang lain ini tidak hanya berlaku untuk pacar Anda, tapi juga orang lain yang ada di sekitar Anda. Tanpa disadari, rasa peduli terhadap sesama sangat dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang positif dan baik untuk mental Anda.

3. Mengurangi stres

Manfaat punya pacar selanjutnya adalah dapat mengurangi stres. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berbagai masalah di kehidupan mulai dari yang kecil hingga besar dapat membuat seseorang merasa stres. Ketika kita memiliki orang untuk berbagai cerita, seperti pacar misalnya, beban pikiran tentunya dapat semakin menurun.

Pada dasarnya ada banyak sekali cara untuk mencurahkan isi hati, bercerita ke pacar adalah salah satunya. Meskipun tidak selalu mendapatkan solusi, paling tidak mencurahkan isi hati dapat membuat lebih tenang dan merasa tidak sendiri. Perasaan ini lah yang kemudian dapat menghindarkan Anda dari depresi.

4. Belajar menjadi lebih dewasa

Menjalani hubungan pacaran juga bisa membuat kita belajar untuk menjadi dewasa. Usia fisik dan usia mental seseorang dapat berbeda. Terkadang walaupun sudah memasuki usia dewasa, seseorang masih dapat memiliki pemikiran seperti anak kecil.

Hal ini tentunya tidak bisa dikatakan baik, karena kedewasaan sangat lah dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang semakin rumit seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Manfaat punya pacar adalah dapat memaksa seseorang untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah dan belajar untuk tidak egois dan memikirkan diri sendiri.

5. Menjadi pribadi yang positif

Seseorang bisa menjadi pribadi yang positif adalah salah satu manfaat pacaran yang bisa didapatkan. Ketika menjalani pacaran, Anda dan pasangan tentunya akan saling peduli satu sama lain. Ternyata belajar peduli pada orang lain dapat membuat seseorang lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih positif.

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, tentunya kepedulian Anda juga akan memberikan efek positif pada pasangan Anda. Kepedulian dan perhatiaan sangat lah penting dalam menjalani hubungan yang lebih sehat.

6. Saling memberi motivasi hidup sehat

Manfaat pacaran tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi tentunya juga untuk kesehatan fisik. Pasangan yang berpacaran akan saling mendungkung satu sama lain, tentunya dalam hal yang positif. Salah satu hal yang paling sederhana adalah dalam hal menjaga kesehatan.

Anda tentunya menginginkan pasangan Anda mendapatkan yang terbaik dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, Anda dan pasangan bisa saling mengingatkan untuk menjaga pola makan yang baik, menjaga pola tidur, atau dapat juga melakukan olahraga rutin bersama-sama.

7. Panjang umur

Pacaran juga dipercaya dapat membuat umur lebih panjang. Hal ini ternyata berkaitan dengan hubungan yang positif yang dapat membuat seseorang menjadi lebih baik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pacaran dapat menurunkan stres, selain itu pacaran juga dapat menambah motivasi untuk menjalani hidup sehat.

Jika memiliki manajemen stres yang baik dan juga pola hidup yang sehat, tentunya tidak heran jika menjalin hubungan cinta dipercaya dapat terhindar dari berbagai penyakit atau memiliki umur yang lebih panjang.

Bagaimana Pacaran yang Baik dan Sehat?

Setelah mengetahui apa saja manfaat pacaran, Anda juga tentunya harus mengetahui pacaran seperti apa yang baik dan sehat. Ya, walaupun pacaran secara umum mendatangkan banyak manfaat, tapi tentunya tidak semua jenis pacaran dapat dikatakan baik dan sehat.

Ciri hubungan pacaran yang sehat adalah di mana salah satu atau kedua belah pihak tidak saling menyakiti secara fisik dan juga psikis. Hubungan sehat juga ditandai dengan saling pengertian dan tidak ada yang memaksakan kehendak. Selain itu, hubungan yang sehat juga tentunya harus memiliki tujuan yang jelas dan memiliki manfaat untuk kedua belah pihak.

Jika hubungan yang Anda jalani tidak sehat, maka akan sulit juga untuk mendapatkan manfaat pacaran seperti yang sudah disebutkan di atas!