11 Manfaat Omepros bagi Kesehatan Tubuh

khasiat-omepros-doktersehat
Photo source: Vemale.com

DokterSehat.Com – Omepros adalah salah satu jenis suplemen yang semakin dikenal oleh masyarakat karena memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Manfaat omepros memang sangat baik bagi kesehatan terutama kesehatan jantung. Selain itu, manfaat omepros juga baik untuk otak. Masih ada beberapa manfaat omepros yang bisa Anda simak lebih jauh.

Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa itu omepros, beberapa manfaat omepros bagi kesehatan tubuh, dan beberapa kandungan zat gizi di dalam omepros melalui informasi di bawah ini.

Apa Itu Omepros?

Omepros adalah suplemen makanan yang mengandung beberapa zat gizi penting seperti vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Pengonsumsian omepros bisa menjaga kesehatan Anda dan memberikan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Manfaat Omepros bagi Kesehatan Tubuh

Omepros mengandung beberapa zat gizi yang sangat baik bagi tubuh. Setiap kandungan zat tersebut membawa manfaat di dalam omepors. Ada beberapa manfaat omepros bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat omepros bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kadar kolesterol HDL

Manfaat omepros sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan omepros mengandung omega 6 yang bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau biasa juga disebut dengan kolesterol baik.

2. Menurunkan kadar kolesterol LDL

Berbeda dengan kolesterol HDL, kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) akan mengalami penurunan jika mengonsumsi suplemen omepros. Kolesterol LDL merupakan kolesterol jahat yang bisa berbahaya bagi tubuh jika memiliki kadar tinggi di dalam darah.

Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak seperti omega 3 (EPA dan DHA) di dalam suplemen omepros. Manfaat omepros yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat ini juga berperan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Dislipidemia: Penyebab, Gejala, dan Lainnya

3. Menurunkan kadar Trigliserida

Selain kolesterol LDL, ada satu lagi jenis lipid darah yang harus diturunkan, yaitu trigliserida. Kadar trigliserida yang tinggi di dalam darah tidak baik bagi kesehatan jantung. Manfaat omepros juga mampu menurunkan kadar trigliserida ini sehingga jantung tetap sehat.

4. Mencegah stroke dan serangan jantung

Telah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat omepros bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL & trigliserida. Jika kadar kolesterol HDL tinggi dan kadar kolesterol LDL & trigliserida rendah maka ini sangat baik bagi jantung.

Kondisi tersebut bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, Anda juga bisa memiliki peluang yang lebih rendah terhadap masalah hipertensi. Secara jangka panjang, ini baik bagi Anda karena rendahnya risiko mengalami penyakit-penyakit kardiovaskular.

5. Mendukung fungsi otak

Kandungan minyak ikan salmon di dalam omepros membawa manfaat bagi otak. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa minyak ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 (EPA dan DHA) yang bisa memberikan nutrisi yang baik bagi otak.

Fungsi otak Anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh mampu melakukan tugasnya dengan baik berdasarkan perintah dari otak. Manfaat omepros yang satu ini bisa membuat jantung memompa darah dengan baik dan koordinasi gerakan motorik tetap dalam kondisi normal.

Secara khusus, kandungan DHA di dalam omepros akan meningkatkan fungsi otak yang sangat terkait dengan kemampuan mengingat, komunikasi, pemahaman, kreativitas, emosi, perhatian, dan lainnya.

6. Membantu menyehatkan membran sel

Kandungan EPA dan DHA di dalam omepros juga bermanfaat untuk membuat membran sel-sel tetap sehat. Hal ini penting karena membran sel yang sehat memiliki beberapa peranan penting terhadap psikis, kognitif, dan regenerasi sel-sel.

Baca juga: Otak: Mengenal Setiap Bagian dan Fungsinya yang Unik

7. Mencegah beberapa penyakit

Manfaat omepros bisa mencegah Anda dari beberapa jenis penyakit yang cukup berbahaya dan sering menjadi momok bagi kebanyakan orang. Asupan omepros akan menurunkan risiko terkena banyak penyakit karena mengandung omega 3.

Beberapa jenis penyakit yang bisa diturunkan risikonya, di antaranya adalah jantung, rematik, kanker, diabetes, osteoporosis, bipolar, alzheimer, dan masalah psikis seperti cemas atau depresi.

8. Membuat lebih awet muda

Omepros mengandung antioksidan yang diketahui memiliki manfaat yang sangat penting. Kandungan antioksidan di dalam omepros memberi manfaat berupa perlindungan terhadap radikal bebas sehingga sel-sel tubuh berkurang mengalami stres oksidatif.

9. Mencegah sumbatan pada pembuluh darah

Manfaat omepros memang baik untuk sistem kardiovaskular. Selain bermnfaat bagi jantung, manfaat omepros juga baik untuk kondisi pembuluh darah. Ini dikarenakan kandungan minyak flaxseed dapat membantu mencegah terjadinya plak di dalam pembuluh darah.

10. Meredakan peradangan yang terjadi

Omepros juga memiliki manfaat untuk meredakan peradangan yang sedang atau telah terjadi. Manfaat ini didapat melalui kandungan minyak biji blackcurrant yang hadir di dalam omepros. Zat yang ada di dalam minyak biji blackcurrant ini memiliki sifat antiperadangan.

Jadi, jika Anda sedang memiliki radang seperti radang tenggorokan maka Anda bisa memilih mengonsumsi omepros untuk meredakan peradangan tersebut. Akan tetapi, tetaplah untuk patuh terhadap dosis dan aturan pakai.

11. Merangsang produksi enzim lipase

Manfaat omepros juga dapat merangsang produksi enzim lipase. Produksi enzim lipase ini penting karena enzim lipase yang dapat mencerna lipid dan lemak. Manfaat ini didapat karena kandungan minyak safflower di dalam suplemen omepros.

Apa Saja Kandungan Omepros?

Berbagai manfaat omepros yang telah disebutkan sebelumnya tidaklah terlepas dari kandungan zat-zat gizi yang ada di dalamnya. Kandungan-kandungan zat gizi yang ada di dalam omepros yaitu vitamin E, selenium, omega 3, omega 6, dan omega 9.

Selain itu, omepros juga mengandung  EPA dan DHA yang sangat baik bagi otak. Semua kandungan zat gizi tersebut tersebar di beberapa bahan komposisi penyusun suplemen omepros. Komposisi omepros terdiri dari 2 jenis minyak, yaitu minyak nabati dan minyak hewani.

Minyak hewani yang ada di dalam omepros adalah minyak ikan salmon, sedangkan minyak nabati di dalam omepros tersedia dalam beberapa jenis. Minyak nabati yang ada di dalam omepros di antaranya adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak safflower, minyak flaxseed, dan minyak biji blackcurrant.

 

Sumber:

  1. Omepros: https://omepros.com/ diakses pada 3 Desember 2018