Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga merupakah salah satu bagian terpenting dari pola hidup sehat yang bermanfaat untuk membuat tubuh agar selalu bugar dan prima. Walaupun aktivitas ini membutuhkan tenaga lebih dan tentu saja melelahkan, kita tidak boleh melewatinya.

Benarkah Olahraga Secara Rutin Bagus Untuk Otak?

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk berolahraga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Olahraga dilakukan tidak hanya untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar saja, melainkan juga untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Seperti yang kita tahu bahwa dengan berolahraga secara rutin, maka tubuh akan terbentuk dan berat badan akan semakin berkurang. Hal ini dikarenakan otot akan membakar lemak dan kalori di dalam tubuh saat berolahraga dan mengeluarkannya sebagai keringat.

Setelahnya, lemak dan kalori yang dibakar itu nantinya akan menjadi uap. Maka semakin banyak keringat yang kita keluarkan, semakin baik pula dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu, ternyata ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari rutin berolahraga, yakni dapat meningkatkan sirkulasi sehingga aliran darah dan oksigen ke otak berjalan dengan lancar. Tidak hanya dapat meningkatkan sirkulasi darah saja, tapi juga dapat meningkatkan hormon dopamine yakni hormon yang selalu memberikan perasaan baik dan bahagia. Sehingga, otak juga mendapat sinyal untuk menjadikan pikiran selalu tenang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Olahraga juga bisa membuat otak menjadi lebih fokus dan konsentrasi. Serta, baik untuk fungsi kardiovaskular yang bisa diartikan baik bagi jantung. Jantung yang baik akan membuat otak dalam keadaan baik juga karena mengurangi risiko penyumbatan sehingga terhindar dari penyakit berbahaya, salah satunya adalah stroke.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa olahraga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh dan juga organ penting dalam tubuh. Oleh sebab itu, mulai sekarang kita harus berolahraga secara rutin untuk bisa mendapatkan manfaat baiknya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi