Tak Hanya untuk Fisik, Olahraga Juga Bisa Sehatkan Jiwa

doktersehat-olahraga
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas yang dilakukan dengan melatih beberapa bagian tubuh dengan gerakan-gerakan serta teknik tertentu. Hal itu didasarkan pada kekuatan fisik dan otot sehingga setiap pelakunya akan mendapatkan kebugaran tubuh jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Hal tersebut memang benar, rutin berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Mungkin selama ini banyak yang menganggap bahwa olahraga akan menyehatkan tubuh saja, padahal tidak demikian. Menurut hasil penelitian yang dilansir dari laman Popsugar, sebenarnya olahraga adalah sebuah aktivitas rutinan yang dilakukan untuk melatih fisik dan jiwa seseorang. Maka tak heran, kebanyakan orang yang rutin berolahraga akan memiliki kesehatan fisik serta jiwa.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat olahraga yang berhubungan dengan mental atau kejiwaan seseorang.

1. Menciptakan Kebahagiaan

Ketika sedang berolahraga, apalagi bersama kawan, maka tubuh akan memproduksi hormon endorphin lebih banyak sehingga seseorang menjadi lebih mersa senang dan bahagia. Hal itu bisa kita lihat pada tempat latihan kebugaran yang mana setiap pelakunya selalu berlatih dengan suka cita bersama teman-temannya.

2. Mempertajam Ingatan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan ingatan, ada baiknya Anda untuk rutin melakukan olahraga. Sebab, olahraga telah terbukti bisa mencegah terjadinya penurunan kinerja otak. Dari hasil penelitian terbaru, dijelaskan bahwa seseorang yang rutin melakukan olahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu akan terhindar dari risiko kepikunan atau bahkan Alzheimer.

3. Menumbuhkan Percaya Diri

Pada umumnya, rasa percaya diri memang bisa dibentuk dari berbagai macam cara. Salah satu cara yang terbilang ampuh adalah olahraga. Ya, olahraga ternyata juga bisa membentuk mental seseorang agar lebih percaya diri. Hal itu dikarenakan ketika seseorang rutin berolahraga, maka dia akan memiliki bentuk tubuh ideal serta ketahanan fisik yang akan membuatnya menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain.

4. Meredakan Stres

Bagi Anda yang sedang mengalami stres akibat pekerjaan atau masalah lainnya, maka cobalah untuk berolahraga secara rutin. Sebab, olahraga juga mampu mengurangi stres tersebut. Lebih dari itu, dengan rutin berolahraga juga akan memberikan efek rileks yang akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak, walau banyak masalah yang sedang dialami.