7 Manfaat Melakukan Latihan Fisik secara Reguler

manfaat-olahraga-setiap-hari-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Salah satu acara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah berolahraga. Dengan melakukan olahraga, tubuh akan jarang sekali sakit dan Anda memiliki tubuh yang sehat. Selain itu, berolahraga secara rutin juga bisa meningkatkan kemampuan fisik dari seseorang sehingga apa saja aktivitas yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, Anda harus melakukan kegiatan ini secara rutin. Kalau Anda tidak melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan susah melakukan adaptasi. Bahkan, begitu olahraga tubuh akan menjadi sakit, nyeri, dan tubuh menjadi sedikit kelelahan. Berikut ulasan tentang manfaat melakukan latihan fisik dan cara membiasakannya.

Manfaat latihan fisik secara reguler

Berikut beberapa manfaat latihan fisik yang dilakukan secara reguler. Manfaat di bawah ini mungkin tidak akan sama di beberapa orang. Namun, secara umum, manfaatnya ada banyak dan merata.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Saat melakukan olahraga atau latihan secara rutin, tubuh akan mengalami peningkatan metabolisme. Peningkatan metabolisme ini bisa membuat pembakaran lemak dan bahan makanan yang masuk berjalan dengan cepat. Pembakaran ini. Menyebabkan lemak di dalam tubuh menipis seiring dengan berjalannya waktu.

Anda bisa memilih olahraga jenis angkat beban atau kardio dengan intensitas tinggi. Dua olahraga ini akan membakar kalori dalam juah banyak bahkan setelah olahraga pun peningkatan metabolisme masih tetap terjadi.

  1. Baik untuk tulang dan otot

Saat melakukan olahraga, tubuh akan mengalami pembentukan otot. Kalau kebutuhan protein harian terpenuhi, proses ini akan berjalan dengan lancar sehingga Anda bisa memiliki otot yang besar dan metabolisme di dalam tubuh mengalami peningkatan.

Selanjutnya, melakukan olahraga secara rutin juga bermanfaat untuk tubuh khususnya tulang. Angkat beban, lari, dan olahraga permainan lain bisa meningkatkan kepadatan dari tulang. Dampaknya, Anda tidak akan mengalami osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

  1. Membuat kita lebih bahagia

Dari beberapa penelitian yang dilakukan didapatkan data kalau melakukan olahraga secara reguler bisa membuat kita lebih bahagia. Mengapa demikian? Karena setelah berolahraga tubuh menjadi lebih relaks dari sebelumnya. Selain itu, tubuh juga menghasilkan banyak serotonin yang merupakan hormon bahagia.

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit tertentu

Melakukan olahraga secara rutin akan membuat daya tahan tubuh meningkat. Daya tahan yang meningkat membuat Anda jadi susah terinfeksi penyakit atau terkena penyakit karena gangguan organ.

Selama olahraga, peredaran darah akan berjalan dengan lancar dan organ tubuh berfungsi dengan maksimal. Singkatnya dengan hanya berolahraga Anda bisa memiliki ekspektasi hidup lebih tinggi.

  1. Meningkatkan level energi tubuh

Saat berolahraga, semua sel tubuh akan mengalami metabolisme. Saat metabolisme terjadi, energi akan dihasilkan dalam jumlah banyak. Dampaknya Anda tidak akan mudah lelah dan selalu semangat.

Awal melakukan olahraga mungkin akan sedikit susah. Namun, setelah beradaptasi, tubuh tidak akan mengalami nyeri di otot dan juga persendian.

  1. Menyehatkan otak dan fungsinya

Melakukan olahraga akan memicu otak untuk bekerja dengan maksimal. Tanpa olahraga yang rutin, fungsi otak akan menurun dan Anda kerap susah melakukan konsentrasi saat bekerja dan melakukan apa saja.

Lakukan olahraga secara rutin dan sebisa Anda. Kalau memang tidak bisa melakukan lari atau angkat beban bisa beralih ke jalan santai selama 30 menit. Yang paling penting tubuh tidak pasif sehingga otot bekerja dan metabolisme berjalan dengan sempurna.

  1. Menyehatkan kulit

Melakukan olahraga juga bisa menyehatkan kulit tubuh. Saat berolahraga tubuh akan mudah sekali berkeringat. Dampaknya kotoran yang ada pada kulit akan dikeluarkan dan yang tersisa adalah kulit sehat.

Melakukan olahraga akan membuat peremajaan kulit berjalan dengan baik. Kondisi ini bisa membuat Anda awet muda meski usia sudah banyak. Oh ya, lakukan juga latihan otot wajah kalau Anda tidak ingin ada kerutan dan tanda penuaan lainnya.

Cara membiasakan diri untuk latihan secara reguler

Melakukan olahraga mungkin mudah dilakukan setiap harinya. Namun, tidak semua orang mampu melakukannya dengan konsisten hingga target yang diinginkan tercapai. Berikut beberapa cara untuk membiasakan diri.

  • Pasang target yang pas dan tidak berlebihan. Misal Anda ingin bisa melakukan lari jarak jauh atau maraton. Selama bulan pertama training, Anda tidak perlu terobsesi bisa lari hingga 2 km atau lebih. Nikmati saja prosesnya dengan baik agar tidak merasa tertekan dengan apa yang sudah dilakukan.
  • Selalu mengikut setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Misal Anda ingin menurunkan berat badan. Segera lakukan pencatatan kalau ada perubahan pada berat badan atau lingkar tubuh. Pencatatan ini akan membuat Anda semakin semangat untuk berolahraga setiap harinya.
  • Carilah pasangan untuk berolahraga. Melakukan aktivitas ini sendirian saja bisa membuat Anda jadi mudah bosan. Bahkan, baru beberapa kali melakukannya bisa bosan dan akhirnya olahraga tidak dilakukan lagi.
  • Tahu intensitas olahraga yang dilakukan. beberapa olahraga dengan intensitas tinggi biasanya dilakukan 3 kali dalam seminggu. Sementara itu olahraga yang intensitasnya rendah dan sedang bisa dilakukan sebanyak 5 kali agar waktu istirahat masih ada.
  • Buat target jangka panjang. Misal Anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Lakukan hal ini agar motivasi masih tetap ada dan tidak bingung mau melakukan apa setelah beberapa target awal sudah tercapai.

Latihan secara reguler boleh saja dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan manfaat nyata dari aktivitas fisik ini. Pastikan untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan fisik dari tubuh terkini. Kalau memang hanya kuat berolahraga selama 3 hari seminggu tidak masalah. Sebaliknya kalau kuat hingga 5 hari jangan bermalas-malasan.