Terbit: 20 Mei 2020 | Diperbarui: 21 Mei 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter


Manfaat olahraga panahan sering kali disepelekan karena sebagian besar orang berpikir bahwa olahraga ini hanya gerakan sederhana yang menggunakan busur dan anak panah untuk menembak target. Meski terlihat sederhana, olahraga ternyata menyimpan banyak manfaat. Simak penjelasan manfaat memanah selengkapnya di bawah ini.

manfaat-olahraga-panahan-doktersehat

Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan

Olahraga ini tidak sesederhana mengarahkan anak panah menuju ke target panahan. Ini adalah olahraga yang membutuhkan ketelitian, kontrol, fokus, dan kemampuan fisik. Meski lebih ajek dibanding olahraga lainnya, memanah mampu membakar kalori dan membuat kondisi pikiran lebih baik.

Berikut ini adalah berbagai manfaat olahraga panahan yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah kemampuannya untuk mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Meningkatnya koordinasi ini juga bermanfaat untuk olahraga atau kegiatan lain yang membutuhkan koordinasi.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Manfaat memanah sering kali disepelekan karena sebagian besar orang menganggap bahwa olahraga ini tidak banyak melibatkan gerakan tubuh. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa menarik tali busur bukanlah pekerjaan yang mudah.

Tidak hanya melibatkan lengan dan bahu, gerakan ini juga melatih otot inti di punggung, perut, dan panggul. Melatih otot inti adalah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mendukung Program Diet

Berapa banyak kalori yang bisa dibakar saat melakukan olahraga panahan? Sebagian besar orang pasti beranggapan bahwa kalori yang terbakar pasti sedikit. Faktanya, jika Anda menghabiskan waktu 30 menit untuk memanah, tubuh membakar sekitar 140 kalori.

Jadi, olahraga ini cara yang bagus untuk membakar lemak yang tidak diinginkan sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Tidak semua manfaat olahraga panahan bersifat fisik, beberapa di antaranya bersifat psikologis. Aktivitas memanah mengharuskan seseorang menyaring gangguan yang ada di sekitar, hal itu membuatnya harus fokus pada target panahan dan anak panahnya.

5. Menghilangkan Stres

Pada umumnya hampir semua olahraga dipercaya mampu menghilangkan stres, termasuk olahraga panahan. Jika satu-satunya tujuan Anda memanah adalah bersenang-senang dan secara bertahap bekerja untuk meningkatkan keterampilan, hal itu bisa menjadi terobosan yang sempurna untuk melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari.

Jika stres tidak ditangani, hal itu bisa menyebabkan perkembangan penyakit mental yang pada gilirannya juga membuat kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan mengalami penurunan.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Jari

Jika Anda ingin meningkatkan fleksibilitas jari, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga panahan. Manfaat olahraga panahan yang paling jelas terlihat ini secara bersamaan juga akan memperkuat jari-jari Anda.

Olahraga ini cocok untuk mendukung hobi Anda yang lain seperti bermain gitar, melukis, atau menulis.

7. Melatih Kesabaran

Satu hal yang tidak akan didapatkan dengan memanah adalah hasil yang instan. Butuh waktu untuk menyamakan tembakan yang sempurna. Mengarahkan anak panah pada target yang tepat dibutuhkan keterampilan dan waktu yang tidak sebentar. Hal ini otomatis akan membuat Anda untuk mengembangkan kesabaran yang lebih besar.

Kesabaran yang sudah terlatih membuat seseorang tidak terlalu menyalahkan diri sendiri akibat kesalahan yang dilakukannya. Biasanya seseorang akan melihat hal ini sebagai pembelajaran.

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat olahraga memanah berikutnya yang jarang disadari adalah membuat seseorang lebih percaya diri. Hal ini terkait dengan meningkatnya kesabaran dan bagaimana seseorang memandang kesalahan.

Memanah adalah olahraga individu yang memungkinkan seseorang untuk menjadi sangat kompetitif dengan diri sendiri. Mengambil bagian dan melakukan dengan baik adalah manfaat besar bagi banyak orang, serta dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri ketika melihat keterampilan Anda semakin hari semakin membaik.

9. Mengurangi Perilaku Kompulsif

Selain bermanfaat untuk kondisi fisik, manfaat olahraga panahan juga bermanfaat untuk kondisi psikologis. Olahraga ini dapat membantu mengurangi pemikiran kompulsif, yaitu tindakan tertentu yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan dari obsesi yang muncul.

10. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Manfaat memanah juga dapat membantu Anda untuk bersosialisasi karena orang dari segala usia dapat menikmati olahraga ini. Seseorang perlu memiliki tingkat sosialisasi yang memadai untuk mempertahankan kehidupan mental yang sehat. Panahan adalah cara yang ideal untuk menjaga kesehatan mental.

Selain itu, olahraga ini juga bisa membuat Anda memiliki banyak teman karena akan bertemu dengan pemanah lainnya yang memiliki tingkat keahlian yang berbeda-beda. Selain mendapatkan banyak teman, Anda juga bisa belajar dari orang lain yang memiliki pengalaman lebih dari Anda.

11. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Melepaskan panah, menontonnya terbang, dan mengenai sasaran ternyata bisa menghilangkan stres. Tindakan fokus sambil membangun kekuatan dan kepercayaan diri secara keseluruhan adalah pengalaman yang memuaskan dan menciptakan suasana hati yang santai.

12. Menciptakan Keseimbangan dan Kontrol Tubuh yang Lebih Baik

Jika otot inti yang ada di dalam tubuh sudah terlatih karena olahraga panahan yang dilakukan, maka keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Perlu diketahui, otak kecil mengirimkan neurotransmitter ke otot-otot yang diperlukan untuk membuat tubuh tetap stabil. Melepaskan tali busur secara konsisten juga bisa membuat seseorang memiliki kontrol yang halus.

Nah, itulah berbagai manfaat olahraga panahan yang bisa Anda dapatkan.

Olahraga Panahan Cocok untuk Segala Usia

Hampir semua orang yang melakukan olahraga ini dilaporkan mengalami peningkatan rasa percaya diri dan kesehatan, terlepas dari usia atau kondisi tubuh. Sifat inklusif yang dimiliki olahraga ini menjadikannya sebagai salah satu olahraga yang paling mudah diakses.

Jika Anda masih ragu apakah akan mencoba olahraga ini, semoga berbagai manfaat olahraga panahan seperti yang dijelaskan di atas dapat membantu untuk mengambil keputusan. Seseorang yang menjadikan olahraga memanah sebagai praktik berkelanjutan dalam kehidupannya memiliki kesehatan fisik dan psikologis yang lebih baik.

 

  1. Anonim. 11 Awesome Health Benefits of Archery. https://archerycloud.com/11-awesome-health-benefits-of-archery/. (Diakses pada 20 Mei 2020).
  2. Anonim. 6 Awesome Health Benefits of Archery. https://allaboutarchery.org/articles/6-awesome-health-benefits-archery/. (Diakses pada 20 Mei 2020).
  3. Levin, Pam. How Archery Can Make You Mentally Stronger. https://www.lifehack.org/328591/how-archery-can-make-you-mentally-stronger. (Diakses pada 20 Mei 2020).
  4. Vasquez, Andrea. 8 Health Benefits Of Archery. https://worldarchery.org/news/147916/8-health-benefits-archery. (Diakses pada 20 Mei 2020).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi