10 Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Kesehatan

olahraga-pagi-hari-doktersehat

DokterSehat.Com – Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang harus kita lakukan secara teratur setiap hari atau beberapa kali dalam satu minggu. Dengan melakukan olahraga, tubuh akan mendapatkan banyak manfaat seperti tidak mudah sakit, aliran darah berjalan dengan lancar, dan tidak mengalami obesitas.

Manfaat olahraga di pagi hari

Meski olahraga memiliki cukup banyak manfaat, beberapa orang cenderung enggan melakukannya. Hal ini terjadi karena mereka terlalu lelah atau memang malas. Untuk menyiasati agar Anda tetap bisa olahraga dengan baik dan rutin, lakukan di pagi hari. Selain membuat rasa malas hilang, olahraga di pagi hari juga memiliki manfaat di bawah ini.

  1. Suasana masih nyaman

Olahraga di pagi hari masih memiliki suasana yang segar dan tidak terlalu panas. Melakukan olahraga jenis apa pun masih bisa membuat Anda berkonsentrasi dari awal hingga akhir. Sekarang bayangkan kalau Anda melakukan olahraga di sore atau siang hari. Udara akan panas dan membuat olahraga jadi sulit dilakukan.

  1. Makan lebih sehat

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang yang terbiasa melakukan olahraga di pagi hari cenderung mengonsumsi makanan yang sehat. Kalau terbiasa melakukan aktivitas sehat, segala bentuk aktivitas sehat lainnya seperti makan juga akan dilakukan.

  1. Meningkatkan energi tubuh

Melakukan olahraga di pagi hari akan membuat tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini akan memudahkan nutrisi masuk ke dalam jantung dan juga paru secara maksimal. Kalau dua organ ini mampu bekerja dengan maksimal, energi yang dimiliki oleh tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

  1. Fokus terus meningkat

Melakukan olahraga di pagi hari juga bisa meningkatkan fokus yang dimiliki seseorang Fokus yang baik akan membuat tubuh jadi mudah untuk bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan pertimbangan yang matang.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Olahraga di pagi hari akan membuat Anda jadi semangat untuk melakukannya. Kalau Anda melakukan olahraga secara rutin, lemak di tubuh juga ikut menurun dengan sendirinya. Imbangi olahraga dengan melakukan diet yang tepat.

  1. Memiliki mood yang baik

Melakukan olahraga akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Kalau Anda melakukannya secara rutin, mood atau suasana di pagi hari akan berjalan dengan baik dan aktivitas yang dilakukan berjalan lancar. Seseorang yang jarang olahraga biasanya memiliki mood yang lebih buruk.

  1. Mengontrol lapar

Lapar berlebihan akan dicegah kalau Anda melakukan olahraga di pagi hari. Nafsu makan bisa dikontrol dengan baik sehingga kondisi obesitas bisa dicegah untuk muncul. Kalau Anda malas olahraga di pagi, nafsu makan akan tinggi dan memicu tubuh mengalami over kalori.

  1. Gula darah terkontrol

Pada penderita diabetes tipe 1, penurunan gula darah yang berlebihan bisa saja terjadi. Penurunan ini menyebabkan beberapa masalah seperti tubuh jadi sangat lemas. Dari penelitian yang dilakukan, melakukan olahraga di pagi hari bisa membuat gula darah jadi terjaga dan tidak terlalu rendah.

  1. Tekanan darah lebih normal

Melakukan olahraga di pagi akan membuat tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang stabil. Mereka yang cenderung memiliki tekanan darah cukup tinggi bisa melakukan olahraga di pagi hari agar mereka bisa mengalami penurunan tekanan darah yang memicu masalah kronis lainnya.

  1. Memperbaiki tidur

Olahraga yang dilakukan di pagi hari bisa memperbaiki gangguan tidur yang selama ini terjadi. Dengan melakukan olahraga di pagi hari, setelah kerja usai, tubuh akan mulai lelah dan Anda mudah sekali tidur. Tidur yang dialami akan menjadi lebih nyenyak dari sebelumnya.

Lakukan olahraga di pagi secara rutin misal setiap dua hari sekali atau maksimal 5 kali dalam satu minggu. Kalau Anda mengalami gangguan tidur seperti mudah sekali mengalami insomnia, coba lakukan olahraga di pagi hari dengan rutin lalu rasakan manfaatnya secara langsung.

Tips memulai olahraga di pagi hari

Melakukan olahraga di pagi hari memang tidak semudah semangat yang kita miliki untuk melakukannya. Namun, kalau Anda melakukan beberapa tips di bawah ini olahraga di pagi hari bisa dilakukan dengan mudah.

  • Tidur yang nyenyak setiap malam. Kalau Anda ingin bangun tidur lebih pagi, mulailah tidur untuk lebih awal. Dengan tidur lebih awal, Anda bisa mendapatkan waktu normal 7-9 jam setiap hari. Esok hari saat bangun tidur, tubuh tidak akan mengalami lelah dan mengantuk berlebihan.
  • Jangan mendadak melakukan olahraga di waktu yang sepagi mungkin. Kalau Anda terbiasa bangun pukul 06.00, mulailah saat itu juga. Selanjutnya buat lebih pagi secara perlahan-lahan agar tubuh terbiasa. Kalau Anda bisa olahraga di pagi hari, waktu untuk ke kantor dan persiapan lainnya tetap berjalan seperti biasa.
  • Banyak yang mengatakan kalau godaan tempat tidur itu sangat besar. Oleh karena itu kita disarankan untuk menyiapkan semuanya sebelum tidur. Misal sepatu, pakaian, dan segala hal yang dibutuhkan. Kalau Anda tidak melakukannya, pagi harinya akan malas olahraga, apalagi kalau masih harus mencari.
  • Makan sesuatu yang bergizi sebelum tidur. Kalau Anda melakukannya, tubuh akan dipenuhi dengan energi dan esok hari tidak bingung mau makan.
  • Miliki goal atau sesuatu yang ingin dicapai. Meski terdengar klise, hal ini cukup membantu Anda untuk olahraga di pagi hari.

Inilah beberapa ulasan tentang olahraga di pagi hari mulai dari manfaat hingga tips untuk melakukannya. Nah, Anda termasuk tipe orang yang mana? Suka olahraga di pagi hari atau memilih untuk melakukannya saat sore hari? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membuat Anda semakin rajin melakukan olahraga apa pun jenisnya.