Manfaat Berolahraga di Luar Ruangan yang Wajib Diketahui

doktersehat olahraga saat puasa

DokterSehat.Com– Olahraga dilakukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh saja, melainkan juga untuk menjaga kebugaran tubuh. Sehingga, olahraga wajib dilakukan secara rutin walau dalam keadaan sibuk.

Olahraga sebenarnya bisa Anda lakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh saat berolahraga di luar ruangan? Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasannya berikut ini.

1. Lebih Percaya Diri

Berolahraga di pusat kebugaran memang terasa lebih menyenangkan karena bisa bertemu dengan banyak orang. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang memiliki rasa percaya diri yang kurang. Anda tentu akan merasa malu dan kurang percaya diri karena bentuk tubuh yang Anda miliki. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda berolahraga di luar ruangan daripada tidak berolahraga sama sekali. Selain dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri, berolahraga di luar ruangan juga bisa membakar kalori lebih banyak.

2. Olahraga Murah

Olahraga di luar ruangan bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki cukup uang untuk berolahraga di pusat kebugaran. Anda hanya perlu menyiapkan sepatu untuk melakukan latihan kardio seperti lari di pagi dan sore hari. Atau jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan sepeda di rumah dan bersepeda keliling kompleks.

3. Mudah Ditekuni

Bagi sebagian besar orang, olahraga bukanlah hal mudah untuk ditekuni. Sehingga, Anda perlu mencari alasan kuat agar bisa tekun dalam berolahraga, salah satunya adalah memilih olahraga yang Anda senangi. Sebab, melakukan olahraga yang menyenangkan dapat membuat Anda melakukannya dalam tempo yang lama. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada mengungkapkan bahwa seseorang yang memilih jenis olahraga di luar ruangan yang mereka sukai mampu membuat mereka menekuninya dalam waktu yang lama.