Terbit: 19 Juli 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat okra merah dan hijau penting untuk diketahui karena tanaman ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat tanaman okra merah dan hijau di bawah ini.

13 Manfaat Okra Merah dan Hijau bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Okra

Menurut  U.S. Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, satu cangkir okra mentah dengan berat 100 gram (g) mengandung:

  • 33 kalori.
  • 1,9 g protein.
  • 0,2 g lemak.
  • 7,5 g karbohidrat.
  • 3,2 g serat.
  • 1,5 g gula.
  • 31,3 mg vitamin K.
  • 299 mg kalium.
  • 7 mg natrium.
  • 23 mg vitamin C.
  • 0,2 mg tiamin.
  • 57 mg magnesium.
  • 82 mg kalsium.
  • 0,215 mg vitamin B6.
  • 60 mcg folat.
  • 36 mcg vitamin A.

Selain itu, okra juga mengandung zat besi, niasin, fosfor, dan copper. Tanaman ini juga mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk senyawa fenolik dan turunan flavonoid, seperti katekin dan quercetin.

Manfaat Okra Merah dan Hijau

Perlu Anda ketahui, pada dasarnya manfaat okra merah atau hijau sama karena keduanya memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman yang memiliki nama latin Abelmoschus esculentus ini, di antaranya:

1. Melawan Kanker

Antioksidan adalah senyawa alami yang membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Radikal bebas mampu menyebabkan stres oksidatif yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker.

Okra mengandung antioksidan atau polifenol, termasuk vitamin A dan C. Selain itu, okra juga mengandung protein bernama lektin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah studi yang menggunakan senyawa terkonsentrasi dari okra menunjukkan, tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara hingga 63%. Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk bukti definitif okra sebagai penghambat kanker.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Polifenol adalah senyawa alami pada tanaman yang mengurangi risiko masalah jantung dan stroke, dengan mencegah pembekuan darah serta mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam okra juga dapat bermanfaat bagi otak dengan mengurangi peradangan pada otak.

3. Mengontrol Gula Darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa okra dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Para peneliti menduga tanaman ini dapat membantu mencegah gula diserap selama pencernaan.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang konsumsi okra murni dan gula cair memiliki lonjakan gula darah yang lebih sedikit dibanding yang tidak diberikan okra. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi bahwa tanaman ini membantu mengontrol kadar gula darah pada manusia.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan berserat, salah satunya adalah okra.

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah. Makanan berserat tinggi menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes. Anda dianjurkan mengonsumsi 14 g serat dalam setiap 1000 kalori yang dikonsumsi.

5. Mencegah Osteoporosis

Vitamin K berperan dalam pembentukan tulang dan pembekuan darah. Mengonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin ini dapat membantu memperkuat dan mencegah patah tulang. Selain okra, swiss chard, arugula, dan bayam adalah sumber vitamin K dan kalsium yang sangat baik

6. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Penelitian pada tikus gemuk yang konsumsi ekstrak etanol okra mengungkapkan, hal tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol total. Nutrisi dalam larutan termasuk isoquercitrin dan quercetin, dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah, insulin, dan kadar kolesterol total. Apalagi, kandungan serat  yang ada di tanaman ini dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca Juga: 13 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

7. Mengelola Hipertrigliseridemia

Okra dapat menjadi sumber terapi diet untuk hipertrigliseridemia, suatu kondisi yang terjadi ketika jenis lemak tertentu (trigliserida) dalam darah memiliki tingkat yang tinggi. Seseorang yang memiliki kondisi ini memiliki risiko pengerasan arteri, di mana hal ini terkait dengan penyakit kardiovaskular.

8. Mengurangi Stres

Sebuah penelitian pada tikus mengungkapkan, ekstrak biji okra memiliki sifat anti stres (adaptogen). Sifat ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, pasalnya stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan adaptasi yang tidak efektif dalam tubuh. Hal ini bisa membuat penurunan stamina dan memengaruhi suasana hati.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Okra kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu memperkuat kekebalan tubuh untuk mengatasi radikal bebas. Vitamin C juga merangsang produksi lebih banyak sel darah putih yang merupakan mekanisme pertahanan utama tubuh terhadap patogen asing dan bahan berbahaya lainnya.

10. Menyehatkan Mata

Manfaat tanaman okra merah dan hijau yang jarang diketahui adalah kemampuannya untuk mendukung kesehatan mata. Tanaman yang memiliki kandungan tinggi vitamin A dan antioksidan ini bertindak melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Radikal bebas ini terbentuk sebagai hasil metabolisme sel dan dapat menyebabkan kerusakan pada sel yang memungkinkan untuk melihat.

Okra membantu melindungi mata terhadap efek berbahaya dari radikal bebas dan mencegah timbulnya degenerasi makula serta katarak. Selain itu, okra juga membantu dalam mengatasi masalah mata kering.

11. Menyehatkan Kulit

Selian bermanfaat bagi sistem pencernaan, serat dalam okra juga dapat membuat kulit Anda lebih sehat. Vitamin C di dalamnya juga membantu memperbaiki jaringan tubuh dan membantu kulit terlihat lebih muda serta lebih cerah. Nutrisi lain dalam okra juga mencegah pigmentasi kulit dan membantu meremajakan kulit.

12. Membantu Mengendalikan Obesitas

Tidak mengandung lemak tak jenuh, kolesterol, dan sangat rendah kalori, membuat tanaman ini bisa menjadi pengganti makanan berkalori, terutama bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Makanan kaya nutrisi ini membuat Anda kenyang dan mencegah melahap makanan yang tidak sehat, sehingga dapat membantu melawan obesitas.

13. Bermanfaat untuk Penderita Asma

Bagi Anda yang menderita asma, cobalah masukan okra ke dalam menu makan Anda sehari-hari. Okra telah menunjukkan beberapa efek positif dalam pengobatan asma. Pada dasarnya, tujuan pengobatan asma adalah mengendalikan gejala dan mencegah timbulnya kembali serangan.

Nah, itulah berbagai manfaat okra merah dan hijau yang bisa Anda dapatkan.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Health Benefits of Okra. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-okra#1. (Diakses pada 19 Juli 2021).
  2. Firdous, DrxHina. 2020. Heealth Benefits Of Okra And Its Side Effects. https://www.lybrate.com/topic/benefits-of-okra-and-its-side-effects. (Diakses pada 19 Juli 2021).
  3. Staughton, John. 2021. Top 6 Health Benefits Of Okra. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/health-benefits-of-okra.html. (Diakses pada 19 Juli 2021).
  4. Ware, Megan. 2019. Benefits and uses of okra. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311977. (Diakses pada 19 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi