10 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Kandungan Nutrisi

manfaat-oatmeal-untuk-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan dirinya sendiri, karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi lebih banyak makanan bergizi, salah satunya adalah oatmeal. Ketahui apa saja manfaat oatmeal untuk ibu hamil, kandungan nutrisi, resep, dll.

Kandungan Nutrisi Oatmeal

Oatmeal adalah produk makanan yang dibuat dari berbagai jenis oats atau whole grain yang diolah dalam bentuk sereal yang mudah dimasak. Oatmeal juga menjadi salah satu pilihan makanan sehat dan enak untuk semua kalangan, terutama ibu hamil.

Ibu hamil sangat direkomendasikan untuk makan oatmeal sebagai menu sarapan atau cemilan sehat karena oatmeal mengandung nutrisi penting pada periode prenatal. Ketahui apa saja kandungan nutrisi oatmeal, berikut ini:

  • Fosfor
  • Asam folat
  • Mangan
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Seng
  • Asam folat
  • Vitamin B1
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Kalium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat

Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil membutuhkan empat nutrisi penting yaitu asam folat, zat besi, kalsium, dan protein baik untuk tumbuh kembang janin dan kebutuhan tubuh ibu. Keempat nutrisi tersebut ada di oatmeal sehingga terdapat banyak manfaat oatmeal untuk ibu hamil.

Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil

Oatmeal mengandung berbagai nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Berikut ini adalah daftar manfaat oatmeal untuk ibu hamil, yaitu:

  1. Sumber Energi

Manfaat oatmeal yang pertama adalah sebagai sumber nutrisi. Oatmeal mengandung jumlah kalori dan karbohidrat yang cukup untuk pasokan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sepanjang hari. Oatmeal juga mengandung nutrisi esensial lainnya agar bayi dan Anda tetap sehat.  

Ibu hamil disarankan untuk makan oatmeal sebagai menu sarapan karena sarapan sehat sangat penting bukan hanya untuk pemenuhan energi, namun juga untuk mengurangi gejala mual, muntah, dan sering lapar pada ibu hamil. Anda juga dapat menambah oatmeal dengan pelengkap lainnya seperti buah beri-berian, susu, dll.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat oatmeal untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan jantung. Kesehatan jantung bagi ibu hamil dan bayinya sangat esensial terutama bila ibu hamil memiliki kondisi obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Satu porsi oatmeal mengandung 3 gram serat yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 23 persen serta menjaga kesehatan jantung secara umum. Oatmeal juga mengandung lignan dan beta-glukan untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung.

  1. Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi. Kekurangan asam folat akan meningkatkan risiko bayi terlahir cacat seperti cacat spina bifida.

Ibu hamil membutuhkan sekitar 4000 mikrogram setiap harinya untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam perut. Kandungan asam folat tersebut didapatkan dari sumber makanan seperti oatmeal, pasta, roti gandum, whole grain, sayuran hijau, dll.

Baca Juga: 10 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

  1. Mengandung Zat Besi

Manfaat oatmeal untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk memenuhi 20% kebutuhan zat besi harian. Kebutuhan zat besi rata-rata wanita dewasa adala 30 miligram setiap harinya, namun kebutuhan zat besi pada wanita hamil meningkat sekitar 2-3 lipat dari kebutuhan harian biasanya.

Kekurangan zat besi akan meningkatkan risiko ibu hamil terkena anemia. Penyebab anemia adalah karena rendahnya hemoglobin yang menyebabkan Anda merasa cepat lelah. Selain itu, kekurangan zat besi juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi Anda terutama pada trimester kedua dan ketiga.

  1. Mengandung Vitamin B

Manfaat oatmeal untuk kesehatan adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, yaitu riboflavin, niasin, thiamin, vitamin B6, dan juga asam folat.

Berdasarkan data dari Linus Pauling Institute, manfaat vitamin B6 adalah untuk mengurangi gejala mual dan muntah selama masa kehamilan yang umumnya terjadi. Selain itu, manfaat vitamin B juga untuk membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit ibu hamil.

  1. Mengandung Serat

Berdasarkan American Pregnancy Association, konstipasi sering terjadi pada ibu hamil di masa prenatal karena ibu hamil kekurangan asupan serat dari sumber makanannya.

Manfaat oatmeal untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Satu porsi oatmeal mengandung 3 gram serat larut dan 1 gram serat tidak larut yang efektif untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. Anda juga dapat menambahkan pelengkap buah lainnya yang mengandung serat seperti apel, pisang, alpukat, dll.

Baca Juga: 8 Tanda Tubuh Kurang Serat dan Cara Mengatasinya

  1. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat dalam rangkaian molekul gula yang lebih kompleks untuk menghasilkan energi yang lebih lama untuk tubuh Anda.

Karbohidrat kompleks sangat penting untuk ibu hamil untuk pasokan energi, mengontrol kadar gula darah, serta kesehatan pencernaan.

  1. Memperlancar Produksi ASI

Manfaat oatmeal untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk memperlancar produksi ASI. Oatmeal mengandung zat besi dan beta-glukan untuk membantu meningkatkan hormon prolaktin yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan dan menu ASI booster lainnya setiap hari untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat oatmeal lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit seperti, melembapkan kulit, mengurangi risiko penuaan dini, mencerahkan kulit, dan berbagai kondisi kulit lainnya.

Ibu hamil juga harus merawat kesehatan kulit dan kecantikan, namun perawatan dengan kosmetik mungkin memiliki efek samping, jadi Anda harus menggunakan perawatan kulit dari bahan alami seperti oatmeal.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari, Bisa Menurunkan Kolesterol!

  1. Membantu Relaksasi Ibu Hamil

Ibu hamil juga memiliki risiko tingkat stres yang tinggi yang mungkin akan memiliki efek buruk untuk kesehatan janin. Umumnya, kesehatan emosional ibu juga akan berpengaruh pada kondisi janin.

Ibu hamil harus memiliki waktu relaksasi untuk dirinya sendiri untuk mengatasi tingkat stres tersebut. Cara untuk mengatasi stres pada ibu hamil adalah dengan bersantai di bak mandi dengan beberapa tetes minyak lavender, oatmeal, dan minyak esensial lainnya.

Rekomendasi berendam dengan air oatmeal ini dapat menenangkan, merelaksasi, serta bagus untuk kesehatan kulit. Anda dapat berendam sekitar 15 menit.

Nah, itulah manfaat oatmeal untuk ibu hamil. Oatmeal mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan demi mendukung tumbuh kembang ibu dan janin.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Hartigan, Julie. 2019. Oatmeal Breakfast Ideas When You’re Eating for Two. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/oatmeal-breakfast-ideas/. (Diakses pada 1 November 2019).
  2. Palsdottir, Hrefna MS. 2016. 9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal. (Diakses pada 1 November 2019).
  3. Fitta Mama. 2017. 10 Reasons Why Oats Are Good for Pregnant Women. https://fittamamma.com/magazine/issue-16/oats-perfect-food-pregnant-women-nutrition/. (Diakses pada 1 November 2019).
  4. Crawford, Nicole. 2019. Oatmeal During Pregnancy. https://www.livestrong.com/article/552809-oatmeal-for-pregnancy/. (Diakses pada 1 November 2019).
  5. Arora, Mahak. 2018. Eating Oats during Pregnancy – Is It Harmful?. https://parenting.firstcry.com/articles/oats-during-pregnancy-is-it-safe-to-consume/. (Diakses pada 1 November 2019).