Manfaat Nonton Konser KPop, Ternyata Bisa Memperpanjang Usia!

manfaat-nonton-konser-kpop-doktersehat
Photo Source: flickr.com/parkjiminmemoriesgallery

DokterSehat.Com– Demam KPop memang melanda masyarakat Indonesia, khususnya para remaja. Setiap kali ada konser musisi yang berasal dari Negeri Ginseng, tiketnya biasanya terjual habis dalam waktu sekejap. Tak disangka, ternyata ada manfaat nonton konser KPop untuk kesehatan yaitu memperpanjang usia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Konser KPop bisa menghilangkan stres

Salah satu hal yang sering kita alami yang sebenarnya bisa membahayakan kondisi kesehatan, namun seringkali kita sepelekan adalah stres. Stres bisa berasal dari pekerjaan, masalah sehari-hari, hingga hal-hal sepele seperti kemacetan lalu lintas. Semakin sering kita terkena stres, semakin rentan pula kita terkena peradangan yang berimbas pada datangnya penyakit. Hal inilah yang kemudian bisa membuat umur kita semakin pendek.

Pakar kesehatan biasanya menyarankan kita untuk mengelola stres dengan lebih baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti berwisata ke berbagai tempat, makan enak, melakukan hobi, dan menonton konser KPop!

Meskipun terlihat aneh, dalam realitanya manfaat nonton konser KPop memang bisa mengatasi stres. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh situs KoreaBoo, disebutkan bahwa menonton konser KPop bisa memperpanjang usia hingga 10 tahun lebih lama. Penelitian ini dilakukan oleh seorang dosen dari Goldsmith University bernama Patrick Fagan dan bekerjasama dengan salah satu lokasi konser paling terkenal di London, Inggris, Arena O2.

“Dalam penelitian yang kami lakukan, dihasilkan fakta bahwa menonton pertunjukan sangatlah baik bagi kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan. Menontonnya setiap dua minggu sekali bisa meningkatkan usia seseorang hingga dua dekade,” ungkap Patrick Fagan.

Penelitian mengenai manfaat nonton konser KPop ini membuktikan bahwa menonton konser selama 20 menit saja ternyata bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh hingga 21 persen. Hal ini terkait dengan kualitas hidup yang semakin meningkat.

Para peserta yang dilibatkan dalam penelitian ini diminta untuk melakukan beberapa kegiatan yang dianggap bisa membuat kesehatan seseorang meningkat. Beberapa di antaranya yaitu jalan-jalan bersama dengan anjing peliharaan, menonton konser, dan melakukan olahraga yoga. Para partisipan ini kemudian diminta untuk melakukan tes denyut jantung dan psikometri secara berkala.

Hasil dari tes tersebut adalah menonton konser secara langsung ternyata bisa meningkatkan rasa bahagia hingga 25 persen lebih besar dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menonton konser. Bahkan, jika kita menemukan keakraban dengan penonton konser lainnya, maka kebahagiaan akan kembali naik hingga 25 persen.

Konser selain KPop juga memberikan hasil yang sama

Para peneliti menyebutkan bahwa menonton konser lain, tidak harus konser KPop juga bisa memberikan manfaat kesehatan yang sama. Menurut mereka, asalkan kita menonton pertunjukan yang memang kita sukai, hal ini sudah bisa memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan mental secara signifikan. Fakta ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan di University of Missouri.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Positive Psychology ini, disebutkan bahwa menonton konser musik yang ceria akan membuat kita menjadi semakin sehat.

Cara lain yang perlu dilakukan agar panjang umur

Pakar kesehatan menekankan pentingnya gaya hidup yang sehat jika ingin mendapatkan panjang umur dan mendapatkan kehidupan yang berkualitas hingga usia senja. Caranya tentu saja adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang sehat setiap hari, rajin berolahraga, tidur cukup setiap malam, tidak mudah terpapar stres, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti merokok atau mengonsumsi alkohol.

Itu dia manfaat nonton konser KPop untuk kesehatan tubuh. Jadi, tak ada salahnya kalau Anda menonton konser KPop karena bisa menghilangkan stres dan bahkan memperpanjang usia, lho!