Menonton film di bioskop sering dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan hiburan pereda stres. Tak disangka, sebuah penelitian menyebut kegiatan ini bisa memberikan manfaat layaknya melakukan olahraga ringan. Kok bisa?

film-bioskop-doktersehat

Manfaat Menonton Film di Bioskop

Sebuah penelitian dilakukan di University College London, Inggris untuk mengetahui dampak dari kebiasaan menonton film di bioskop. Hasilnya adalah, saat menonton, kita akan mengalami peningkatan denyut jantung. Hal ini setara dengan berolahraga kardio intensitas rendah selama 40 menit. Menariknya, hal ini tidak terjadi jika kita menonton film di rumah atau di depan televisi.

Perbedaan dari hal ini disebabkan oleh tidak terputusnya konsentrasi kita saat menonton film di bioskop. Hal yang berbeda terjadi jika kita menonton film di televisi atau di laptop yang biasanya memiliki jeda iklan atau bisa kita hentikan sementara jika ingin pergi ke toilet atau kebutuhan lainnya.

“Menonton film di bioskop bisa membuat perhatian kita tidak terpecah dalam waktu yang cukup lama. Mau tidak mau kita mengikuti alur dan ketegangan dari film ini hingga benar-benar usai,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Joseph Devlin.

Tak hanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, pakar kesehatan menyebut hobi menonton film di bioskop juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Kita cenderung lebih baik dalam menyelesaikan masalah dan menjadi lebih produktif.

Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek 51 partisipan yang diminta untuk menonton film di bioskop. Para partisipan ini dipasangi semacam sensor pendeteksi denyut jantung dan reaksi kulitnya. Hasil dari pendeteksian ini kemudian dibandingkan dengan 26 partisipan lainnya yang hanya membaca.

Saat dalam kondisi rileks, denyut jantung berada di angka 60 hingga 100 kali dalam satu menit. Saat menonton film di bioskop, terjadi peningkatan sekitar 40 hingga 80 persen dari frekuensi tersebut dengan denyut jantung sekitar 95 hingga 160 kali per menit. Hal ini setara dengan saat kita berjalan santai atau sedang berkebun.

Kebiasaan menonton film, apalagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman atau keluarga juga bisa memberikan manfaat lain, yakni menurunkan risiko kesepian dan depresi. Kita juga bisa benar-benar menjauhkan diri dari gawai dan media sosial, dua hal yang sulit untuk kita lepaskan namun sebenarnya kurang baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Manfaat Sehat Hobi Menonton Film

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kita hobi menonton film. Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Mengatasi Stres

Jika ada orang yang menyebut kebiasaan menonton film bisa mengusir stres, anggapan ini tidaklah salah. Dalam realitanya, menonton film bisa membuat kita melupakan sejenak berbagai hal yang bisa membebani pikiran dan mental kita. Kita seperti mendapatkan waktu untuk melakukan relaksasi dan akhirnya berimbas pada hilangnya stres. Risiko terkena peradangan yang bisa menyebabkan penyakit pun bisa ditekan.

  1. Menyehatkan Mental

Menonton film bisa mengatasi stres, mencegah depresi dan kesepian. Hal ini bisa memberikan dampak besar bagi kesehatan mental kita. Bahkan, terkadang film bisa memberikan inspirasi tersendiri agar hidup lebih berbahagia dan bersemangat.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Menonton film bisa membuat suasana hati yang sebelumnya murung menjadi lebih riang dan bahagia. Apalagi jika kita melakukannya dengan orang yang kita sayangi. Hal ini akan berimbas positif bagi kesehatan mental secara keseluruhan.

 

Sumber:

  1. Sparks, Hannah. 2020. Going to movie theater ‘counts as a light workout’. https://nypost.com/2020/01/13/going-to-movie-theater-counts-as-a-light-workout/. (Diakses pada 17 Januari 2020).