Terbit: 4 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kopi adalah minuman yang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Banyak orang yang bahkan sengaja mengawali hari dengan mengonsumsinya, khususnya setelah sarapan. Tak hanya bisa memberikan kenikmatan tersendiri, meminumnya juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

5 Manfaat Ngopi Saat Sarapan

Berbagai Khasiat Minum Kopi Saat Sarapan

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari minum kopi saat sarapan. Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Membuat Kita Lebih Fokus

Di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang bisa membuat kita menjadi lebih fokus. Kandungan ini mampu mempengaruhi sel-sel di dalam otak agar lebih aktif. Selain itu, kafein juga bisa membuat kita tidak mudah mengalami sakit kepala, sesuatu yang bisa saja terjadi saat kita baru bangun atau kurang tidur.

Kafein bisa berperan sebagai stimulan bagi sistem saraf pusat. Hanya saja, konsumsi minuman ini sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan dan diminum setelah makan demi mencegah datangnya efek samping seperti kenaikan asam lambung.

  1. Bisa Menyediakan Antioksidan

Tak hanya buah-buahan atau sayuran, kopi juga tinggi kandungan antioksidan. Kandungan ini bisa memberikan perlindungan bagi sistem kekebalan tubuh dalam melawan paparan buruk radikal bebas penyebab berbagai macam masalah kesehatan. Kopi juga bisa membantu menurunkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi kopi hijau jika ingin mendapatkan antioksidan dalam jumlah yang lebih tinggi. Kopi jenis ini juga bisa membantu membakar lemak dengan jauh lebih efektif.

  1. Bisa Memperbaiki Keseimbangan Bakteri di Dalam Usus

Tak hanya minuman probiotik, minum kopi ternyata juga bisa membantu memperbaiki keseimbangan bakteri, khususnya dalam hal meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Hal ini tentu akan meningkatkan fungsi pencernaan dengan signifikan. Selain itu, keberadaan bakteri baik ini juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat dalam melawan berbagai macam bibit penyakit.

  1. Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Selain mampu meningkatkan jumlah bakteri baik, kebiasaan rutin minum kopi saat sarapan juga akan membuat fungsi pencernaan meningkat dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh terstimulasinya produksi enzim di dalam lambung dengan lebih baik setelah meminumnya. Dampaknya tentu akan membuat pencernaan lebih baik dalam mengolah dan menyerap nutrisi makanan.

Rutin mengonsumsi kopi dua cangkir saja dalam sehari disebut-sebut bisa membantu meningkatkan dan menjaga kondisi pencernaan agar tetap prima.

  1. Baik bagi Organ Hati

Tak disangka, rutin minum kopi bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan liver. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang bisa membuat proses regenerasi sel di dalam liver terjaga. Selain itu, risiko untuk terkena beberapa masalah kesehatan seperti sirosis hati atau perlemakan hati juga bisa diturunkan dengan signifikan.

Tips Sehat Ngopi Saat Sarapan

Tak hanya dikonsumsi setelah mengonsumsi sarapan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam memilih menu pendamping saat minum kopi. Sebagai contoh, kita tidak disarankan untuk meminumnya bersamaan dengan roti dan jus jeruk karena bisa memicu kenaikan asam lambung. Hanya saja, jika kita mengonsumsinya dengan roti gandum, kedelai, atau kacang-kacangan, hal ini dianggap lebih sehat dan aman bagi tubuh.

Pastikan untuk tidak meminumnya saat perut masih dalam kondisi kosong karena bisa memicu sensasi kembung, begah, sensasi nyeri pada ulu hati, dan kenaikan asam lambung yang bisa menyebabkan gejala mual, muntah, dan sering bersendawa.

 

Sumber:

  1. Anonim. 2018. Benefits of Drinking Coffee with Breakfast. https://steptohealth.com/benefits-drinking-coffee-with-breakfast/. (Diakses pada 4 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi