10 Manfaat Ngemil bagi Kesehatan (No. 6 Jarang Disadari)

manfaat-ngemil-doktersehat

DokterSehat.Com – Ngemil adalah kegiatan yang semua orang pasti melakukannya. Ngemil umumnya dilakukan guna mengisi waktu luang, atau ketika kita sedang tidak ingin makan makanan berat.  Akan tetapi, ngemil acap kali dianggap sebagai kegiatan yang ‘tidak berfaedah’ dan justru bisa menaikkan berat badan. Terlepas dari anggapan tersebut, ngemil ternyata bermanfaat, lho. Lantas, apa saja manfaat ngemil?

Manfaat Ngemil bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Tidak selamanya ngemil itu menjadi suatu hal yang negatif. Apabila dilakukan dengan benar dan sewajarnya, kegiatan ngemil yang Anda lakukan justru membawa manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat ngemil yang perlu Anda ketahui.

1. Menambah Daya Konsentrasi

Agar segala tugas yang dikerjakan berjalan lancar dan memperoleh hasil maksimal, kita tentu saja membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Nah, siapa sangka jika salah satu cara meningkatkan konsentrasi adalah dengan ngemil.

Manfaat ngemil untuk meningkatkan konsentrasi ini utamanya apabila Anda mengonsumsi jenis camilan seperti dark chocolate, atau buah-buahan seperti alpukat, pisnag, mangga, dan bluberi.

2. Mengendalikan Nafsu Makan (Binge Eating)

Manfaat camilan yang Anda konsumsi juga untuk mencegah perut mengalami rasa lapar yang berlebih. Pasalnya, kondisi yang dikenal dengan istilah ‘binge eating’ ini pada akhirnya hanya akan membuat Anda makan terus menerus dan berujung pada kenaikan berat badan.

Sementara dengan ngemil, perut akan senantiasa terasa penuh sehingga nafsu makan dapat lebih terkendali. Akan tetapi, manfaat ngemil yang satu ini apabila camilan yang Anda konsumsi adalah makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, kacang, atau puding.

3. Membantu Metabolisme Tubuh

Membantu metabolisme tubuh adalah manfaat ngemil lainnya yang tak kalah penting. Pasalnya, ngemil akan membuat sistem pencernaan kita terbiasa untuk memproses makanan yang masuk sehingga hal ini secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan metabolisme tubuh.

Namun perlu diketahui, manfaat ngemil untuk membantu metabolisme tubuh ini hanya bisa diperoleh apabila jenis camilan yang Anda konsumsi merupakan camilan bergizi, pun frekuensi ngemil tetap dalam batas kewajaran.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Paradigma yang berlaku selama ini adalah, ngemil dapat membuat tubuh bertambah gemuk. Faktanya, hal ini tidak sepenuhnya benar, lho.

Hal ini berkaitan dengan manfaat ngemil pada poin sebelumnya, yakni meningkatkan metabolisme tubuh. Alhasil, ngemil justru membantu proses pembakaran lemak agar berlangsung dengan cepat. Tapi ingat, Manfaat camilan untuk menurunkan berat badan hanya berlaku apabila camilan yang Anda konsumsi mengandung banyak gizi.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, utamanya diabetes tipe-2 (diabetes melitus), membiasakan diri untuk menyantap camilan diklaim efektif untuk membantu menjaga agar kadar gula darah di dalam tubuhnya tetap stabil, alih-alih mengonsumsi makanan berat.

Kendati demikian, pastikan juga kalau jenis camilan yang dikonsumsi adalah camilan sehat dan tidak mengandung banyak glukosa. Buah-buahan atau oatmeal adalah contoh camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Atau, konsultasikan kepada dokter yang menangani guna memperoleh informas mengenai jenis camilan yang tepat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Ngemil juga memiliki manfaat untuk menjaga sekaligus meningkatkan fungsi otak. Manfaat ngemil yang satu ini bisa Anda peroleh apabila jenis camilan yang dikonsumsi adalah makanan-makanan yang kaya akan kandungan protein di dalamnya.

Manfaat camilan yang mengandung protein untuk meningkatkan fungsi otak tidak lepas dari peran protein itu sendiri yang efektif merangsang otak agar lebih aktif.

7Mengatasi Afternoon Slump

Apakah Anda kerap mengalami penurunan produktivitas setelah jam makan siang, terutama di jam 1-3 siang? Jika ya, maka kondisi ini disebut sebagai afternoon slump syndrome, dan ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa ngantuk yang tak tertahankan, pun tubuh terasa lemas.

Guna mengatasi afternoon slump syndrome ini, salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan ngemil. Manfaat ngemil yang satu ini tentunya dihasilkan oleh makanan-makanan yang mengandung zat-zat pemberi energi tubuh.

Cokelat, oatmeal, dan buah-buahan adalah jenis camilan yang disarankan untuk mengusir afternoon slump ini. Sementara itu, makanan-makanan seperti keju dan telur sebaiknya dihindari karena alih-alih menambah energi, keduanya justru meningkatkan rasa kantuk.

8. Membantu Memenuhi Kebutuhan Gizi

Apabila Anda mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan yang mengandung banyak serat, mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya, maka hal ini secara otomatis akan membantu pemenuhan gizi harian selain dari makanan berat seperti daging, sayur, dan sebagainya.

Sebagaimana diketahui, makanan berat yang kita konsumsi belum tentu mengandung semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Oleh sebab itu, manfaat camilan buah-buahan yang mengandung 3 (tiga) nutrisi beserta zat bergizi lainnya tersebut adalah untuk melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.

9. Mencegah Penyakit

Nah, oleh karena camilan yang Anda konsumsi mengandung banyak nutrisi dan vitamin, hal ini juga berdampak pada kesehatan fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh sebagai benteng kita terhadap serangan penyakit.

Jadi, banyak-banyaklah ngemil buah jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

10. Memperbaiki Mood

Apa yang Anda lakukan dikala suasana hati (mood) sedang tidak bagus? Tak bisa dinafikkan, ngemil menjadi salah satu cara yang kerap kita lakukan guna memperbaiki mood tersebut.

Hal ini utamanya apabila camilan yang dikonsumsi adalah makanan atau minuman yang menjadi favorit kita. Akan tetapi, usahakan camilan yang Anda makan tak hanya lezat, tapi juga bergizi, ya. Jadi, selain meningkatkan mood, Anda juga memperoleh manfaat ngemil lainnya yakni menjaga kesehatan tubuh.

Apa Saja Pilihan Camilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi?

Guna menjadikan kebiasaan ngemil Anda bermanfaat bagi tubuh, maka pilihan camilan yang bisa dikonsumsi seperti:

  • Buah dan sayur, seperti salad, jus, smoothies
  • Kacang-kacangan, seperti kacang edamame, kacang almond atau hazelnut
  • Gandum, seperti sereal, roti, dan selai

Selain itu, perhatikan juga waktu ngemil Anda. Ada baiknya aktivitas ngemil dilakukan 2 jam sebelum makan siang, 3 jam setelah makan siang, dan 2 jam sebelum tidur malam. Semoga bermanfaat!