Tak Disangka, Makan Nanas Ternyata Beri 3 Manfaat Ini Untuk Pencernaan

doktersehat-nanas-merawat-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Porapak Apichodilok

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar buah nanas? Buah yang berwarna kuning cerah dan memiliki rasa yang super segar ini memang merupakan jenis buah yang banyak digemari, ya.

Tidak hanya rasa manis asamnya yang khas, namun juga nanas sangat cocok diolah untuk berbagai jenis sajian, mulai dari dikonsumsi langsung , dibuat menjadi jus, es buah hingga selai nanas.

Nanas ternyata tidak hanya enak dan nikmat, namun juga mampu memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, khususnya pencernaan.doktersehat-nanas-jus-buah

Lantas, apa saja sih manfaat mengonsumsi nanas bagi pencernaan, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat gizi yang ada pada nanas

Memiliki warna yang kuning membuat buah nanas menjadi buah yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, mineral asam folat, serta antioksidan.

Tak hanya sampai disitu, nanas merupakan bahan makanan yang mengandung berbagai jenis enzim mulai dari proteolitik dan bromealin.

Kombinasi kandungan zat enzim dan gizi yang ada pada buah nanas tersebut membuat nanas menjadi bahan makanan yang bermanfaat untuk tubuh khususnya pencernaan. Penasaran apa saja manfaat yang akan diberikan oleh buah nanas bagi pencernaan kita?

Manfaat konsumsi nanas untuk pencernaan

Kandungan zat dan enzim yang ada pada nanas memberikan manfaat untuk pencernaan mulai dari melancarkan pencernaan hingga pencegahan terhadap berbagai penyakit, yaitu:

1. Nanas melancarkan pencernaan

Seperti buah lainnya, serat yang ada pada buah akan memberikan manfaat berupa melancarkan penceraan tubuh.

Hal ini juga berlaku pada nanas yang memiliki kandungan serat, sebanyak 2 garam dalam satu potong kecil, dan cairan yang cukup tinggi. Keduanya merupakan zat vital yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan.

doktersehat-diet-buncit-perut-rataAsupan serat dan cairan yang cukup membuat nanas menjadi buah yang super tepat untuk memberikan manfaat bagi pencernaan tubuh.

Serat mampu memberikan manfaat yang melunakkan konsistensi feses dan cairan yang ada pada nanas akan melancarkan pergerakan pencernaan.

Hal ini didukung dengan adanya studi pada University of Colorado State yang menyebutkan bahwa konsumsi satu porsi nanas, yang setara dengan 5-6 potong sedang hingga besar buah nanas mampu memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan pencernaan.

2. Konsumsi buah nanas menyehatkan usus

Usus juga memberikan manfaat yang super sehat untuk usus, hal ini ditunjukkan dengan manfaat nanas untuk mencegah kanker usus hingga meringankan kerja usus.

Kedua manfaat nanas bagi usus tersebut dapat dirasakan karena nanas memiliki kandungan berbagai enzim yaitu enzim proteolitik dan bromealin.

Enzim tersebut mampu meringankan kerja usus karena memudahkan kerja usus dengan memecah protein dengan lebih baik. Kondisi ini tidak hanya baik untuk usus namun juga tubuh secara umum karena penyerapan protein menjadi lebih optimal.

doktersehat-nanas-diabetes-batuk-tuberkulosisKombinasi kandungan enzim dan vitamin A, antioksidan jenis beta karoten dan flavonid pada nanas juga mampu memberikan manfaat berupa pencegahan kanker usus.

3. Mengurangi risiko perut kembung

Anda sering mengalami kembung? Jika iya, maka nanas bisa jadi salah satu pilihan buah yang perlu Anda konsumsi.

cara-mengatasi-perut-kembung-doktersehatNanas telah terbuktu mampu memberikan efek berupa refluks atau penekanan pada gas yang ada pada pencernaan. Kandungan enzim bromealin yang dinilai efektif memberikan manfaat berupa refluks pada penekanan gas dalam perut dan pencernaan.

Kondisi ini bermanfaat untuk meredakan rasa kembung ketika sedang terjadi, hingga mencegah kambuh atau terjadinya kembung. Enzim bromealin juga memberikan efek menenangkan gerak usus sehingga perut merasa lebih nyaman.