Konsumsi Nanas Baik Bagi Anda Para Penyuka Olahraga

doktersehat manfaat nanas untuk pria dan wanita
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari khususnya oleh masyarakat Indonesia. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus segar. Tak jarang pula, nanas dijadikan sebagai selai pelengkap roti saat sarapan dengan rasa asam manis yang sangat nikmat.

Ahli diet menyarankan bahwa konsumsi nanas sebaiknya dikurangi apalagi saat sedang proses penurunan berar badan. Hal ini dikarenakan, buah nanas mengandung gula yang cukup tinggi. Satu gelas nanas mengandung kurang lebih 16 gram gula. Hal inilah yang membuat konsumsi nanas harus dibatasi.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang termasuk penyuka olahraga berat. Sebab, gula yang tinggi pada nanas bisa bermanfaat sebagai energi yang akan digunakan pada saat berolahraga. Salah satu ahli gizi olahraga mengatakan bahwa kandungan gula pada nanas termasuk pemanis sederhana yang jumlahnya tepat untuk bisa menjaga glikogen dalam tubuh Anda. Sehingga bisa memberikan energi cadangan yang nantinya akan digunakan pada saat berolahraga.

Nanas tidak hanya bagus dikonsumsi sebelum olahraga, melainkan juga setelahnya. Hal ini dikarenakan kandungan gula pada nanas yang dikonsumsi setelah olahraga dapat menggantikan glikogen atau energi yang telah hilang saat berolahraga. Dengan demikian, tubuh Anda akan segera pulih dan siap menjalankan latihan berikutnya.

Bahkan, nanas juga bisa dikonsumsi pada saat Anda mengalami cedera selama latihan. Sebab, nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai anti-peradangan dan bisa sangat membantu ketika kita mengalami cedera saat berolahraga, apalagi jika Anda termasuk seseorang yang memiliki sistem imun lemah. Tidak cukup sampai disitu saja, nanas juga memiliki kandungan mangan, mineral yang bisa menjaga metabolisme dan memicu pertumbuhan kolagen, yang sangat penting untuk penyembuhan luka.

Nah, berdasarkan beberapa manfaat nanas di atas bisa disimpulkan bahwa nanas sejatinya sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi Anda yang suka latihan angkat beban atau olahraga berat lainnya.