15 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan, Bikin Awet Muda Lho!

manfaat-buah-nanas-doktersehat

DokterSehat.Com – Nanas adalah buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah ini biasanya dijadikan rujak, salad, dan campuran masakan. Kandungan gizi yang bisa Anda dapatkan dari nanas antara lain, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat. Selain gizi tersebut, manfaat buah nanas juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat nanas bagi kesehatan perlu untuk Anda ketahui, sehingga bisa mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Mungkin Anda sudah mengetahui beberapa manfaat nanas untuk kebugaran, lebih lengkapnya berikut ini segudang khasiat buah nanas yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah kembung

Manfaat nanas bagi kesehatan yang pertama adalah mencegah kembung. Gejala perut kembung memang sering menjadi momok karena dianggap mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami perut kembung, Anda bisa mengonsumsi buah nanas. Buah yang memiliki duri ini dapat mengurangi perut kembung karena ada kandungan bromelain di dalamnya. Bromelain adalah zat yang bisa membantu memecah makanan sehingga mampu mengurangi kembung pada perut.

Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi peradangan pasca-operasi, mengurangi rasa nyeri, dan meredakan pembengkakan hidung. Anda bisa mengambil manfaat nanas bagi kesehatan untuk mengurangi perut kembung.

baca juga: Konsumsi Nanas Baik Bagi Anda Para Penyuka Olahraga

2. Mencegah kanker

Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami penyakit kanker. Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mencegah penyakit mematikan ini, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan pencegah kanker. Makanan apa yang bisa mencegah kanker?

Siapa yang menyangka, manfaat nanas untuk kesehatan lainnya adalah kemampuannya yang dapat mencegah kanker. Khasiat buah nanas bagi kesehatan yang dapat mencegah kanker ini terkait dengan adanya kandungan zat antikarsinogenik yang dapat mencegah terjadinya kanker. Zat antikarsinogenik berperan melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Banyaknya sel-sel yang rusak di dalam tubuh bisa menyebabkan penuaan dini dan dapat menyebabkan datangnya berbagai penyakit.

Khasiat nanas bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu buah nanas juga kaya kandungan antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid.

3. Menjaga kesehatan tulang

Khasiat nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Khasiat buah nanas bisa didapatkan tubuh berkat kandungan mineral-mineral penting seperti kalsium dan mangan. Kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat, sedangkan mangan berperan penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

4. Mencegah penggumpalan darah

Khasiat nanas juga dapat mencegah penggumpalan darah, karena buah ini memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan zat ini maka bisa menyebabkan anemia, penurunan kadar sel darah putih, masalah tiroid, dan osteoporosis.

5. Melawan radikal bebas

Nanas mengandung vitamin C yang sangat tinggi, vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi risiko atherosclerosis, kanker usus besar, dan peradangan pada sendi.

6. Mengatasi ketombe

Manfaat nanas untuk kesehatan yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya mengatasi ketombe.

Caranya, siapkan seperempat bagian nanas yang sudah masak. Kupaslah kulitnya, parut, peras, dan kemudian disaring. Tambahkan air panas dengan air perasan dari satu buah jeruk nipis kemudian diaduk sampai rata, lalu digosokan ke kulit kepala yang berketombe.

Lakukan cara ini sebelum tidur dan dibersihkan dengan berkeramas keesokan harinya. Lakukan 2 hingga 3 hari dalam seminggu.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu manfaat dari buah nanas adalah mencegah dan mengobati perut kembung. Ternyata, masih ada lagi manfaat nanas untuk kesehatan yang terkait dengan kesehatan pencernaan. Buah nanas dinilai dapat membantu mengatasi peradangan dan gangguan pencernaan. Hal itu dikarenakan adanya kandungan bromelain pada nanas. Bahkan, menurut penelitian bromelain juga dapat membantu meringankan peradangan yang terkait dengan kolitis ulseratif.

8. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah momok bagi banyak orang karena bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, untuk Anda yang peduli pada kesehatan dan ingin terhindar dari penyakit jantung, sangat disarankan untuk Anda mengonsumsi nanas secara rutin untuk mengambil manfaatnya. Manfaat buah nanas untuk kesehatan dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner berkat kandungan vitamin C yang tinggi dari buah nanas.

baca juga: Atlet Asian Games 2018 Disarankan Makan Nanas

9. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah nanas untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Khasiat buah nanas didapatkan dari kandungan mangan di dalamnya. Mangan berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terhadap sinar ultraviolet (UV). Selain itu, mangan membantu mencegah osteoporosis, serta meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat buah nanas yang jarang diketahui banyak orang adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Faktanya, buah nanas memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan terkait usia atau penuaan.

11. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

Nanas mengandung vitamin C yang direkomendasikan adan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) yang berbasis di AS. Vitamin C adalah antioksidan utama yang larut dalam air yang melawan kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Khasiat vitamin C juga dapat membantu melawan masalah seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

12. Nanas sebagai anti-inflamasi

Karena campuran zat kompleks yang dapat diekstraksi dari inti nanas, dikenal sebagai bromelain, khasiat nanas dapat membantu mengurangi peradangan parah, dan dapat mengurangi pertumbuhan tumor. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain mungkin bermanfaat dalam mengobati osteoartritis, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

Peradangan berlebihan sering dikaitkan dengan kanker, dan menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Cente, bromelain dan enzim proteolitik lainnya telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hewan dengan berbagai tumor. Namun, belum ada bukti klinis yang menunjukkan bahwa hasil seperti itu akan terjadi pada manusia.

13. Membantu kulit terlihat lebih muda

Sebelumnya telah disebutkan bahwa nanas dapat mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar UV. Manfaat mengonsumsi nanas tiga kali seminggu juga bikin awet muda! Jadi, Anda wanita yang ingin memiliki kulit cerah dan elastis, dapatkan kelebihan makan nanas dengan menyertakan buah eksotis ini dalam menu makanan Anda.

Kelebihan makan nanas atau penggunaan topikal dapat meningkatkan sintesis kolagen di tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen, kulit Anda akan lebih kencang dan elastis. Buah nanas mengandung asam amino dan vitamin C, yang memastikan bahwa sel-sel dan jaringan yang rusak diperbaiki dengan cepat. Anda dapat melihat efek instan setelah menggunakan masker nanas di wajah selama 10 menit dan kemudian mencucinya menggunakan air keran.

14. Peradangan pilek dan sinus

Selain memiliki banyak vitamin C, kandungan bromelain dalam buah nanas dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung, menurut University of Maryland Medical Center. Jadi, jika pilek membuat Anda batuk, cobalah mengonsumsi beberapa potong nanas untuk mendapatkan khasiatnya.

15. Mencegah hipertensi

Nanas untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Jika menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka Anda harus mulai makan nanas secara teratur. Jumlah kalium yang lebih tinggi dan jumlah natrium yang lebih rendah dalam nanas dapat membantu mempertahankan tingkat tekanan darah normal.

Itulah manfaat nanas untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh. Konsumsilah nanas secara rutin untuk mendapatkan manfaat buah nanas, namun tidak berlebihan ya, Teman Sehat!