Terbit: 7 Februari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat miracle fruit atau buah ajaib? Buah ini memang dapat dikatakan ajaib karena memiliki kemampuan untuk mengubah rasa makanan. Selain itu, buah ini juga dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat miracle fruit untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini!

6 Manfaat Miracle Fruit, Buah Ajaib yang Bisa Menambah Rasa Manis

Kandungan Miracle Fruit

Miracle fruit atau miracle berry atau buah ajaib (Synsepalum dulcificum) adalah buah yang aslinya berasal dari Afrika Barat. Buah ini dapat mengubah rasa makanan tertentu. Contohnya seperti ketika Anda mengunyah buah ajaib ini sebelum makan lemon, maka lemon dapat memiliki rasa yang lebih manis dibanding asam.

Miracle fruit mengandung miraculin, sejenis protein yang ditemukan dalam buah beri. Miraculin dapat mengubah bentuk protein pada lidah yang bertanggung jawab merasakan rasa manis. Reaksi ini membuat lidah mengubah rasa asam menjadi manis. Meskipun begitu, zat ini sebenarnya tidak memiliki rasa.

Selain mengandung protein yang dapat mengubah respons lidah, miracle fruit juga mengandung beberapa nutrisi lain. Buah yang sangat rendah kalori ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin E, dan beberapa jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Miracle Fruit

Keistimewaan miracle fruit ternyata bukan hanya pada kemampuannya untuk mengubah rasa. Banyak penelitian dilakukan untuk mencari tahu manfaat kesehatan dari buah ajaib ini.

Berikut adalah beberapa manfaat miracle fruit untuk kesehatan:

1. Membantu Mengatasi Diabetes

Manfaat miracle fruit yang pertama adalah dapat membantu mencegah dan mengatasi diabetes.

Pada penelitian yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research pada tahun 2006, para ilmuwan memberikan buah ajaib pada sekelompok tikus yang melakukan diet tinggi fruktosa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah ini dapat melindungi dari resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel tubuh tidak merespons insulin dengan baik sehingga gula dalam darah tidak dapat digunakan sebagai energi. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan menyebabkan diabetes apabila dibiarkan dalam waktu yang lama.

2. Membantu Pasien Kemoterapi

Kemampuan miracle fruit untuk merubah rasa ternyata dapat berguna membantu pasien kemoterapi.

Perubahan rasa merupakan salah satu efek samping umum dari kemoterapi. Kondisi ini dapat memicu gizi buruk dan penurunan kualitas hidup seseorang.

Sebuah studi percontohan yang diterbitkan dalam Clinical Journal of Oncology Nursing pada tahun 2012 menunjukkan bahwa pemberian buah ajaib memberikan efek positif pada perubahan rasa yang dialami pasien yang sedang menjalani kemoterapi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Miracle fruit juga kemungkinan memiliki kemampuan menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite pada tahun 2011. Percobaan ini melibatkan 13 orang yang masing-masing diberikan es loli jus lemon rendah gula atau yang mengandung sukrosa.

Beberapa orang partisipan juga diberi buah ajaib sebelum mengonsumsi es loli tersebut. setelah menganalisis asupan makanan peserta untuk sisa hari tersebut, peneliti menemukan partisipan yang diberi buah ajaib dan es rendah gula mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Peneliti menyimpulkan bahwa asupan buah ajaib yang meningkatkan rasa manis dari makanan rendah gula dapat membantu membatasi asupan kalori, sehingga membantu menjaga berat badan.

Menjaga berat badan ideal tentunya tidak hanya berguna untuk menunjang penampilan, tapi juga untuk menghindarkan kita dari risiko berbagai penyakit.

4. Membantu Menjaga Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh adalah perlindungan pertama tubuh dalam melawan patogen yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Miracle fruit memiliki kandungan vitamin C dan sejumlah antioksidan. Hal ini membuat buah ini berpotensi untuk membantu menjaga sistem imun tubuh. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga dapat menyumbang asupan nutrisi harian.

Hingga kini memang belum ada penelitian langsung tentang manfaat miracle fruit untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, namun tidak ada salahnya memasukkan buah ini dalam menu diet harian Anda.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesahatan, Bisa Mencegah Kanker!

5. Menjaga Kesehatan Mata

Miracle fruit memiliki sejumlah kandungan vitamin A yang merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk kesehatan mata.

Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu menurunkan risiko penurunan kesehatan mata yang disebabkan oleh penuaan. Menambahkan miracle fruit ke dalam asupan harian dapat membantu menyumbang sejumlah asupan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Sumber Antioksidan

Paparan radikal bebas bisa datang dari mana saja dan tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang cukup untuk melawannya.

Kurangnya antioksidan dapat menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel yang akan memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Buah dan sayur merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik, termasuk juga buah ajaib.

Apakah Miracle Fruit Aman Dikonsumsi?

Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini biasanya tersedia dalam bentuk kapsul. Konsumsi sebagai buah dapat dikatakan relatif aman, namun konsumsi suplemen miracle fruit atau miracle berry ini untuk jangka panjang belum diketahui efek sampingnya.

Jika ingin mengonsumsi miracle fruit, maka konsumsi sewajarnya saja jangan berlebihan. Jika ingin menggunakan suplemen buah ajaib, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Penggunaan suplemen miracle fruit pada anak-anak, ibu menyusui, dan ibu hamil juga belum diketahui efek sampingnya, sehingga sebaiknya dihindari.

Suplemen ini juga berpotensi menyebabkan interaksi obat apabila digunakan bersama dengan obat-obatan lain. Jika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu, konsultasikan dengan dokter lebih dulu sebelum menggunakan suplemen buah ini.

Itu dia sekilas informasi tentang miracle fruit yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. 2019. Insulin Resistance. https://www.webmd.com/diabetes/insulin-resistance-syndrome#1. (Diakses 7 Februari 2020).
  2. Staughton, John. 2020. 7 Unknown Benefits Of Miracle Fruit. https://www.organicfacts.net/miracle-fruit.html. (Diakses 7 Februari 2020).
  3. Ware, Megan. 2018. How can antioxidants benefit our health?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/301506.php. (Diakses 7 Februari 2020).
  4. Wong, Cathy. 2019. Synsepalum Dulcificum Safety and Uses. https://www.verywellhealth.com/miracle-fruit-88638. (Diakses 7 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi