6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Cara Penggunaan yang Benar

manfaat-minyak-zaitun-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Minyak zaitun sudah dikenal sebagai minyak yang baik untuk kesehatan dan kecantikan sejak dulu. Selain dimanfaatkan di dapur, minyak zaitun juga banyak ditemukan dalam bentuk produk kecantikan. Manfaat minyak zaitun untuk wajah mungkin lebih besar dari yang kita bayangkan. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah dan bagaimana cara aplikasinya?

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak atau lemak yang dihasilkan dengan cara menekan buah zaitun. Jika berbicara tentang manfaat minyak zaitun, tentunya tidak dapat dipisahkan dari kandungan yang ada di dalamnya. Minyak zaitun memang memiliki kandungan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan terdapat di antaranya yang sangat baik untuk kulit.

Minyak zaitun kaya akan antioksidan polifenol. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin E dan K yang cukup tinggi dalam minyak zaitun. Keduanya merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan kulit.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Penggunaan minyak zaitun untuk kecantikan memang sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Agar penggunaan minyak zaitun lebih tepat, simak beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah berikut ini!

1. Membersihkan make up

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang pertama adalah untuk membersihkan wajah dari make up. Minyak zaitun bekerja seperti cleansing oil sehingga dapat digunakan untuk membersihkan make up yang cukup tebal. Namun meskipun bekerja seperti cleansing oil, cara penggunaan minyak zaitun berbeda dengan cleansing oil.

Jika sebagian cleansing oil mungkin tidak mengharuskan Anda untuk membilas wajah dengan face wash, maka tidak begitu dengan minyak zaitun. Setelah membersihkan make up dengan minyak zaitun, sebaiknya bilas kembali wajah dengan face wash agar sisa minyak di wajah tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Melembapkan kulit wajah

Melembapkan kulit memang merupakan manfaat minyak zaitun untuk wajah yang paling utama. Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada dalam minyak ini lah yang bekerja agar kelembapan kulit tetap terjaga. Perlu diketahui bahwa menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Kulit yang lembab merupakan kulit yang sehat dan lebih mudah terhindar dari berbagai masalah kulit. Jika kelambapan kulit terjaga, penyerapan skin care ke kulit juga akan lebih mudah.

3. Mengatasi kulit kering

Minyak zaitun memiliki efek melembapkan, sehingga tentunya sangat baik untuk digunakan oleh pemilik kulit kering. Minyak zaitun dapat dimasukkan ke dalam rangkaian skin care routine bagi yang memiliki kulit kering. Cara menggunakannya bisa dijadikan sebagai masker maupun campuran scrub.

Penggunaan minyak zaitun memang lebih disarankan untuk pemilik kulit kering, tapi bukan berarti minyak zaitun tidak dapat digunakan oleh tipe kulit lain. Pemiliki kulit normal juga boleh menggunakan minyak zaitun, meskipun kebutuhannya tidak sebanyak atau sesering pemilik kulit kering.

4. Mengurangi peradangan jerawat

Minyak zaitun memiliki sifat antiperadangan sehingga dapat membantu untuk mengatasi jerawat yang meradang. Umumnya jerawat muncul pada jenis kulit berminyak, saat ini lah minyak zaitun diperbolehkan untuk digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

Pada kulit berminyak, minyak zaitun sebaiknya diaplikasikan di bagain kulit yang berjerawat saja, untuk mencegah penumpukan minyak di wajah. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan bahan alami lain yang juga dapat membantu mengatasi jerawat. Jangan lupa juga untuk membilas wajah dengan benar setelah menggunakan minyak zaitun.

5. Mengatasi sunburn

Selain dapat mengurangi peradangan pada jerawat, kemampuan antiinflamasi minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sunburn. Paparan sinar ultraviolet dapat menyebabkan sunburn yang kemudian juga dapat memicu kanker kulit. Sifat antiperadangan minyak zaitun dapat membantu untuk menenangkan kulit.

6. Antioksidan untuk kulit wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Radikal bebas dapat muncul akibat paparan sinat ultraviolet dan sebab lainnya. Wajah membutuhkan antiokdisan untuk melawan radikal bebas tersebut.

Manfaat sebagai antioksidan dan manfaat melembapkan dari minyak zaitun membuat minyak zaitun dipercaya mampu untuk mencegah penuaan. Kulit yang kelembapannya tidak terjaga dan terpapar radikal bebas memang pada dasarnya akan lebih cepat mengalami penuaan.

Memilih dan Menggunakan Minyak Zaitun yang Benar

Minyak zaitun terbagi menjadi beberapa jenis dan tidak semua minyak zaitun dapat digunakan untuk wajah. Jenis minyak zaitun yang boleh digunakan untuk wajah yaitu jenis yang dianggap paling sehat yaitu extra virgin olive oil. Setelah mengetahui cara memilih minyak zaitun yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu dikatahui dalam penggunaan minyak zaitun.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun di Wajah

Sebelumnya sudah disinggung tentang penggunaan minyak zaitun yaitu dapat dijadikan sebagai pembersih make up, dijadikan masker, dan juga dijadikan sebagai campuran scrub. Anda bisa mencampurkan bahan lain ketika menjadikan minyak zaitun sebagai masker atau scrub.

Setelah menggunakan minyak zaitun, bilas kembali wajah agar minyak tidak tertinggal di wajah dan menyumbat pori-pori. Selain menggunakan minyak zaitun langsung, minyak zaitun juga bisa terkandung dalam produk seperti sabun atau skin care lainnya.

Jika ingin menggunakan produk dengan kandungan minyak zaitun, pastikan Anda menggunakan produk tersebut sesuai dengan aturannya dan pastikan klaim produk sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Kondisi yang Sebaiknya Menghindari Penggunaan Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun tidak disarankan dalam beberapa kondisi kulit seperti berikut ini:

  • Kulit sensitif. Penggunaan minyak zaitun pada kulit sensitif berpotensi menimbulkan iritasi atau reaksi alergi.
  • Kulit berminyak. Meskipun penggunaan minyak zaitun dapat membantu mengatasi jerawat, namun penggunaannya untuk kulit berminyak harus sangat dibatasi.
  • Dermatitis. Kulit yang mengalami peradangan akibat dermatitis atau kondisi sejenis sebaiknya menghindari penggunaan minyak zaitun karena dapat memperburuk kondisi kulit.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah ternyata memang sangat banyak. Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakanlah minyak zaitun dengan hati-hati dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selamat mencoba!