Terbit: 19 April 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan minyak tawon. Minyak satu ini sudah sangat akrab digunakan sehari-hari sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Apa sih sebenarnya yang membuat minyak ini sangat diminati? Agar tidak penasaran, simak berbagai manfaat minyak tradisional satu ini, yuk!

7 Manfaat Minyak Tawon, Minyak Gosok Serbaguna Khas Indonesia

Apa Itu Minyak Tawon?

Minyak tawon adalah salah satu obat topikal tradisional yang cukup populer di Indonesia. Meskipun memiliki nama minyak tawon, tapi minyak ini bukan berasal dari hewan tawon. Minyak tersebut merupakan merek sebuah minyak gosok yang terbuat dari beberapa jenis minyak esensial dan rempah lainnya.

Kandungan minyak tawon antara lain meliputi:

  • Minyak kelapa
  • Minyak kayu putih
  • Minyak sereh
  • Minyak terpentin
  • Daun sirih
  • Jahe
  • Kunyit
  • Bawang putih

Semua bahan alami tersebut diformulasikan menjadi sebuah minyak serbaguna yang dipercaya dapat meredakan gejala banyak penyakit. Minyak tradisional ini memiliki warna cokelat dengan aroma yang khas dari hasil pencampuran bahan-bahan yang disebutkan di atas.

Manfaat Minyak Tawon

Manfaat minyak ini tentunya tidak terlepas dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Berikut adalah 7 manfaat minyak tawon yang populer di masyarakat!

1. Menghangatkan Tubuh

Manfaat minyak tawon yang pertama adalah untuk menghangatkan tubuh.

Ketika merasakan tubuh meriang atau saat cuaca dingin, minyak ini dapat diaplikasikan ke kulit untuk menghangatkan tubuh. Kandungan dalam minyak seperti minyak kayu putih dan jahe memang dapat memberikan sensasi hangat di kulit.

Selain sensasi hangatnya di kulit, sebagian orang juga menyukai aroma dari minyak ini. Bagi orang yang menyukainya, aroma minyaknya dapat memberikan efek menenangkan layaknya aromaterapi. Namun sebagian orang juga beranggapan bahwa aromanya terlalu menyengat.

2. Minyak untuk Pijat

Minyak ini juga umum digunakan untuk pijat dan urut.

Penggunaan minyak untuk pijat sangat penting, yaitu untuk melumasi kulit dan mengurangi gesekan ketika terapis melakukan pijat. Penggunaan minyak tradisional satu ini juga akan mempermudah terapis untuk meluncurkan tangan dengan halus ketika memijat atau mengurut.

Selain itu, sensasi hangat dari minyak ini juga tentunya dapat meningkatkan sensasi relaksasi pada kulit.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Banyak orang menggunakan minyak ini untuk meredakan nyeri sendi.

Minyak ini disebut-sebut sebagai analgesik topikal, artinya minyak ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Kandungan minyak seperti minyak kayu putih dan minyak sereh memang dipercaya memiliki efek analgesik.

Minyak ini diaplikasikan langsung ke bagian sendi yang terasa nyeri. Meskipun dapat meredakan gejala nyeri sendi, namun minyak tawon tidak dapat secara langsung mengobati nyeri sendi tersebut, sehingga dibutuhkan pengobatan lain untuk mengatasi penyakit tersebut.

4. Mengatasi Gigitan Serangga

Manfaat minyak tawon selanjutnya adalah mencegah dan mengatasi gigitan serangga seperti nyamuk.

Minyak kayu putih umumnya digunakan untuk mengatasi gigitan nyamuk. Sedangkan minyak sereh dipercaya ampuh untuk mencegah gigitan nyamuk. Minyak sereh dapat melindungi kulit hingga 2 jam setelah dioleskan.

Beberapa kandungan bahan alami dalam minyak ini seperti kunyit, jahe, dan bawang putih juga memiliki efek antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan gigitan serangga apabila sudah terlanjur tergigit.

5. Meredakan Mual dan Muntah

Mual dan muntah dapat menjadi gejala penyakit tertentu.

Salah satu cara mengatasi gejala ini adalah dengan menggunakan minyak tawon. Kandungan dalam minyak ini dapat memberikan efek menenangkan ketika dihirup, sehingga mual dapat diredakan.

Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap orang bereaksi berbeda pada aroma minyak tawon, sehingga manfaat minyak satu ini mungkin tidak dapat dirasakan oleh semua orang.

Mengoleskan minyak juga dapat menenangkan perut yang terasa nyeri berkat efek analgesiknya. Gejala ini juga sering muncul bersama dengan mual dan muntah.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Kutus-Kutus (Dilihat dari Kandungannya)

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat minyak tawon yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka hingga menyamarkan bekas luka.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa kandungan minyak ini memiliki efek antiinflamasi. Faktor inilah yang membuat minyak ini dipercaya ampuh mempercepat penyembuhan luka.

Sedangkan kandungan bawang putih di dalamnya dipercaya memiliki efek menyamarkan bekas luka. Banyak masyarakat yang menggunakan minyak ini untuk mengatasi peradangan seperti bisul dan jerawat.

7. Mengatasi Infeksi Jamur dan Parasit

Minyak tawon juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mengatasi infeksi jamur dan parasit seperti panu dan kurap.

Kandungan minyak esensial dan bahan lainnya dalam minyak ini memiliki efek antifungal dan antimikroba. Minyak ini juga dipercaya ampuh untuk meredakan gatal yang merupakan gejala umum dari infeksi kulit.

Cara Menggunakan Minyak Tawon

Minyak tawon digunakan dengan cara dioleskan langsung ke kulit menggunakan tangan atau menggunakan kapas. Penggunaan minyaknya hanya diperbolehkan sebagai obat luar, artinya obat ini tidak boleh diberikan melalui oral.

Efek minyak tawon pada setiap orang dapat berbeda-beda, manfaat yang Anda rasakan belum tentu dapat dirasakan oleh orang lain yang menggunakan minyak ini. Jadi, hanya lanjutkan penggunaan apabila minyak ini memang bekerja pada Anda.

Apabila muncul reaksi negatif seperti gatal atau ruam merah setelah penggunaan minyak ini. Segera hentikan penggunaannya karena kemungkinan Anda alergi terhadap kandungan dalam minyak ini.

Penggunaan minyak tradisional ini sesuai dengan aturannya relatif aman. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak ini.

Efek samping penggunaan jangka panjang dari minyak tawon juga tidak diketahui, jadi sebaiknya tidak menggunakan minyak satu ini secara berlebihan dan untuk jangka panjang. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Gunnars, Kris. 2018. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric. (Diakses 19 November 2019).
  2. Nagdeve, Meenakshi. 2019. 10 Incredible Benefits Of Cajuput Essential Oil. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/benefits-of-cajuput-essential-oil.html. (Diakses 19 November 2019).
  3. New Directions Aromatic Blog. 2018. GINGER ESSENTIAL OIL: USES, BENEFITS, AND MORE!. https://www.newdirectionsaromatics.com/blog/products/all-about-ginger-oil.html. (Diakses 19 November 2019).
  4. Seladi-Schulman, Jill. 2019. What You Need to Know About Citronella Essential Oil. https://www.healthline.com/health/citronella-oil. (Diakses 19 November 2019).
  5. WebMD. Onion. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-643/onion. (Diakses 19 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi