Mengenal Manfaat dari Minyak Patchouli

doktersehat-manfaat-minyak-patchouli
Photo Credit: Flickr.com/Dinesh Valke

DokterSehat.Com– Bicara soal kesehatan kulit, banyak orang yang rupanya lebih senang menggunakan bahan-bahan alamo. Selain lebih mudah untuk didapatkan, bahan-bahan alami juga terbilang lebih aman untuk kulit. Apalagi bahan-bahan alami juga mengandung banyak zat aktif yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Salah satunya adalah minyak patchouli. Minyak satu ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Tidak heran jika Anda bisa dengan mudah mendapatkan bahan satu ini.

1. Mencegah Masalah Jerawat

Kulit yang berminyak dan rentan berjerawat tentu harus menjaga kebersihan kulit lebih esktra. Hal ini lantaran dua tipe kulit tersebut rentan sekali terserang jerawat yang disebabkan oleh bakteri P. Acnes. Dilansir dari laman Dr. Mercola, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan minyak patchouli yang mengandung zat abti peradangan. Bahkan minyak patchouli juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Mencegah Jamur Kulit

Tidak hanya baik untuk kulit wahah, minyak patchouli juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Apalagi sejumlah bagian tubuh tertentu seperti kaki dan kulit kepala rentan terhadap serangan jamur. Mencampurkan minyak patchouli pada lotion atau masker rambut dapat mencegah dua masalah tersebut.

3. Meredakan Peradangan

Manfaat lain yang bisa didapat dari penggunaan minyak patchouli adalah meredakan kulit yang ruam dan gatal. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat anti peradangan yang dengan mudah dapat mengempeskan pwmbengkakan atau ruam pada kulit. Minyak satu ini juga mencegah terjadinya pembengkakan yang lebih serius serta rasa gatal dan nyeri yang kerap muncul.

Wah siapa yang menyangka jika tanaman seperti patchouli diperkaya dengan kandungan bahan aktif yang sangat bermanfaa. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh bagian dalam, minyak patchouli juga ampuh merawat kesehatan kulit.