Manfaat Minyak Niaouli yang Wajib Anda Ketahui

Minyak-Niaouli-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, bahan alami satu ini memang memiliki jenis yang sangat beragam. Tidak heran jika minyak esensial kerap dijadikan bahan utama untuk merawat kesehatan maupun kecantikan kulit. Salah satu minyak yang dapat digunakan dan biasa digunakan oleh suku Aborigin di Australia adalah minyak Niaouli.

Minyak Niaouli merupakan hasil ekstraksi dari tanaman bernama serupa yang tumbuh di dataran Australia. Bahkan, banyak orang yang menyebut minyak Niaouli sebagai versi lembut dari minyak Tea Tree. Berikut sejumlah khasiat dari minyak Niaouli:

1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Anda yang memiliki luka terbuka pada kulit, tidak ada salahnya untuk mengoleskan minyak Niaouli. Dilansir dari laman Ayurvedics Oil, minyak Niaouli mengandung zat anti bakteri yang sangat tinggi sehingga mencegah luka mengalami infeksi. Tidak heran pula jika luka yang diolesi dengan minyak satu ini umumnya tidak akan meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut atau bopeng.

2. Mengatasi Jerawat

Kandungan zat anti-bakteri yang ada di dalam minyak Niaouli ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Apalagi kebanyakan jerawat yang muncul biasanya merupakan akibat dari infeksi bakteri P. Acnes pada kulit saat kulit wajah dipenuhi oleh sebum berlebih. Mengaplikasikan minyak Niaouli pada area yang berjerawat tentu saja akan menjadikan jerawat mereda sekaligus menjaga kulit agar tetap bersih.

3. Melindungi Kulit

Salah satu manfaat dari penggunaan minyak Niaouli adalah meningkatkan imunitas sel tubuh. Tidak terkecuali dengan sel kulit. Hal ini tentu saja akan membuat kulit lebih terlindungi. Terutama dari sejumlah hal yang menyebabkan radikal bebas yang berisiko merusak kulit. Peningkatan imunitas sel kulit dapat mencegah kulit mengalami oxidative stress yang menyebabkan penuaan dan pigmentasi. Tidak heran mengaplikasikan minyak Niaouli menjadikan kulit tetap kencang dan tetap cerah.

Kendati minyak Niaouli sudah sejak lama digunakan oleh suku Aborigin, ternyata minyak satu ini juga dikenal sebagai salah satu bahan dalam Ayurveda. Tidak heran jika minyak ini juga sering digunakan oleh masyarakat Asia, terutama Asia Timur dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit.