Terbit: 19 Agustus 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Manfaat minyak mawar berbagai macam, dapat Anda gunakan sebagai antidepresan, antiphlogistic, antiseptik, antispasmodik, hingga antibakteri. Simak penjelasan mengenai berbagai manfaat minyak esensial mawar bagi kesehatan, selengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Minyak Mawar bagi Kesehatan (Kandungan Alami)

Kandungan Minyak Mawar

Minyak esensial mawar terdiri dari ratusan komponen, berikut adalah beberapa kandungan yang bisa memberikan manfaat, antara lain:

  • Citronellol.
  • Citral.
  • Carvone.
  • Citronellyl acetate.
  • Eugenol.
  • Ethanol.
  • Farnesol.
  • Stearpoten.
  • Methyl eugenol.
  • Nerol.
  • Nonanol.
  • Nonanal.
  • Phenylacetaldehyde.
  • Phenylmethyl acetate.
  • Phenyl geraniol.

Berbagai Manfaat Minyak Mawar

Berikut ini adalah berbagai manfaat minyak esensial mawar bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengurangi Kecemasan

Sebuah studi mengungkapkan, efek ansiolitik minyak ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan mental dalam menghadapi kecemasan secara efisien. Studi lain menunjukkan, minyak mawar memiliki efek relaksasi pada orang dengan stres dan depresi. Bahkan, minyak ini juga membantu menurunkan tingkat kecemasan saat melahirkan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak esensial mawar dapat membantu mengontrol tekstur kulit dan banyak penyakit kulit terkait diferensiasi keratinosit. Keratinosit adalah penjaga gerbang yang menjaga kulit terlindungi dari panas, radiasi UV, kehilangan air, bakteri patogen, dan parasit. Penyakit seperti psoriasis dan dermatitis atopik terjadi ketika ada diferensiasi distribusi dalam keratinosit.

Selain itu, minyak ini juga membuat bekas luka, bekas bisul, jerawat, dan cacar pada kulit memudar dengan cepat. Bahkan, aktivitas antioksidannya juga membantu menghilangkan stretch mark, bekas luka operasi, serta fat cracks yang terkait dengan kehamilan dan persalinan.

3. Meredakan Peradangan

Minyak esensial mawar dapat menenangkan pasien demam tinggi dengan menenangkan peradangan. Sifat antinosiseptif yang terdapat dalam minyak ini juga dapat bermanfaat dalam kasus peradangan lain, terutama yang disebabkan oleh infeksi mikroba dan konsumsi bahan beracun.

4. Meringankan Spasme Otot

Manfaat minyak mawar lainnya adalah meredakan kejang pada sistem pernapasan, usus, serta kejang otot pada berbagai anggota badan. Selain itu, minyak ini juga membantu mengobati kram dan kolera spasmodik akibat kejang.

5. Menghilangkan Bakteri

Minyak mawar dapat digunakan untuk pengobatan tifus, diare, kolera, keracunan makanan, dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, minyak ini dapat mengobati infeksi bakteri internal seperti yang ada di usus besar, lambung, dan saluran kemih, serta infeksi eksternal pada kulit, telinga, mata, dan luka.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Mawar bagi Kesehatan Tubuh

6. Meredakan Ketidaknyamanan saat Menstruasi

Ketidaknyamanan di area perut saat menstruasi umum dialami oleh wanita. Memijat perut dengan minyak mawar yang dicampur dengan carrier oil dapat membantu meredakan kram, mual, serta kelelahan yang terkait dengan menstruasi dan sindrom pasca menopause.

7. Mencegah Pendarahan Berlebihan

Sifat minyak esensial mawar bisa sangat berguna bagi orang yang menderita pendarahan (eksternal atau internal) setelah cedera atau operasi. Minyak ini mempercepat pembekuan darah dan menghentikan pendarahan yang berlebihan.

8. Membantu Melawan Jerawat

Sebuah penelitian yang mengungkap bahwa minyak esensial mawar menunjukkan salah satu aktivitas bactericidal terkuat dibandingkan dengan 10 minyak lainnya. Bersama dengan minyak esensial thyme, lavender, dan kayu manis, minyak mawar mampu menghancurkan Propionibacterium acnes (bakteri penyebab jerawat) hanya dalam lima menit setelah pengenceran 0,25 persen.

9. Memperlambat Proses Penuaan

Mengapa minyak esensial mawar dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mungkin memperlambat proses penuaan?

Pertama, ia memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Selain itu, minyak ini mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas yang mendorong kerusakan dan penuaan kulit. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit, yang mengakibatkan kerutan, garis, dan dehidrasi kulit.

10. Meningkatkan Libido

Dikarenakan bertindak sebagai agen antikecemasan, manfaat minyak esensial mawar dapat membantu pria dengan disfungsi seksual terkait dengan kecemasan kinerja dan stres. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu menyeimbangkan hormon seks, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan gairah seks.

Sebuah penelitian pada 60 pria dengan gangguan depresi mayor yang mengalami disfungsi seksual sebagai akibat dari penggunaan antidepresan konvensional (SSRI), mengungkapkan, pemberian minyak ini dapat memperbaiki disfungsi seksual dan mengurangi gejala depresi.

Nah, itulah berbagai manfaat minyak mawar yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: 11 Manfaat Air Mawar untuk Tubuh (Beserta Cara Membuat dan Menggunakan)

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Esensial Mawar?

Minyak mawar bisa digunakan dengan berbagai macam cara, bisa secara langsung atau menggunakan alat khusus. Berikut penjelasannya:

Secara Aromatik

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan menggunakan diffuser atau menghirupnya secara langsung. Sedangkan, untuk membuat pengharum ruangan alami, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes ke dalam botol semprot yang sudah terisi dengan air.

Topikal

Sebelum menggunakannya secara topikal, sebaiknya campurkan minyak mawar dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau jojoba dalam rasio 1:1 sebelum Anda mengoleskannya ke kulit. Setelah itu, lakukan uji sampel kecil terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak pada area yang lebih luas.

Setelah Anda tahu bahwa Anda tidak memiliki reaksi negatif maka Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke wajah, lotion, atau saat mandi menggunakan air hangat.

Cara lain yang lebih spesifik menggunakan minyak mawar untuk berbagai manfaat kesehatan adalah:

  • Depresi dan kecemasan. Campurkan minyak mawar dengan minyak lavender dan oleskan oleskan 1 hingga 2 tetes secara topikal ke pergelangan tangan dan bagian belakang leher.
  • Jerawat. Jika Anda menderita jerawat, cobalah mengoleskan satu tetes minyak esensial mawar murni pada jerawat tiga kali sehari. Pastikan Anda menggunakan kapas yang steril. Anda juga bisa mencampurkannya dengan sedikit minyak kelapa.
  • Libido. Anda bisa menggunakan diffuser atau oleskan 2 hingga 3 tetes secara topikal ke leher dan dada. Untuk meningkatkan libido, Anda bisa mencampurkannya dengan minyak jojoba, kelapa, atau zaitun untuk pijat terapeutik yang meningkatkan libido.
  • Sindrom pramenstruasi. Anda bisa menggunakan diffuser atau oleskan dengan carrier oil secara topikal ke perut.
  • Kesehatan kulit. Oleskan secara topikal atau tambahkan ke sabun pencuci muka, sabun mandi, atau lotion.
  • Parfum alami. Cukup oleskan 1 hingga 2 tetes di belakang telinga atau di pergelangan tangan.

Itulah pembahasan tentang manfaat minyak esensial mawar bagi kesehatan. Gunakan sesuai ketentuan dan pastikan dulu Anda tidak alergi pada kandungannya. Semoga informasi ini bermafaat!

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 2021. 12 Surprising Benefits Of Rose Essential Oil. https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-rose-essential-oil.html. (Diakses pada 19 Agustus 2021).
  2. Price, Annie. 2019. Rose Essential Oil Benefits Skin, Depression and Hormones. https://draxe.com/essential-oils/rose-essential-oil/. (Diakses pada 19 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi