Terbit: 27 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Minyak lemon adalah bahan alami yang dimanfaat untuk pengobatan dan perawatan kesehatan secara tradisional. Minyak lemon dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan beberapa gejala penyakit. Untuk lebih jelasnya, ketahui kandungan dan manfaat minyak lemon bagi kesehatan pada artikel ini.

14 Manfaat Minyak Lemon dan Kandungannya

Kandungan Minyak Lemon

Minyak lemon sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk aromaterapi dan penyembuhan beberapa gejala penyakit lainnya secara tradisional. Hal ini dipercaya karena lemon mengandung berbagai kandungan dan nutrisi alami.

Berdasarkan penelitian dan data anekdotal, berikut ini adalah kandungan minyak lemon, yaitu:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antiseptik
  • Astringen
  • Desinfektan
  • Detoksifikasi
  • Agen pelembap alami
  • Agen pembersih alami
  • Aromaterapi
  • Hiperpigmentasi

Karena berbagai efek natural tersebut, minyak lemon dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengobatan Ayurvedic selama lebih dari seribu tahun untuk mengatasi beragam kondisi kesehatan.

Manfaat Minyak Lemon bagi Kesehatan

Anda mungkin biasa mengolah lemon dalam bidang kulinari sebagai pelengkap rasa atau bahan utama minuman, namun lemon juga dimanfaatkan sebagai minyak atsiri untuk aromaterapi dan manfaat lainnya. Nah, apa saja khasiat minyak lemon? Berikut ini ulasannya!

1. Mengatasi Gejala Stres dan Depresi

Aroma khas dari lemon merupakan zat penenang alami yang dapat membuat Anda merasa rileks saat menghirupnya dan secara otomatis meredakan perasaan cemas, stres, dan lelah yang mungkin sedang Anda alami.

Berdasarkan studi di tahun 2006, minyak atsiri lemon terbukti dapat meningkatkan suasana hati pada tiga percobaan uji stres dan mengurangi kecemasan pada pasien setelah menjalani operasi ortopedi.

Studi lain juga menyimpulkan bahwa minyak atsiri lemon memiliki indikator positif untuk mengurangi gejala depresi dan penghilang stres yang lebih efektif daripada aromaterapi lavender, mawar, atau minyak atsiri lainnya. Anda hanya perlu menghirup wangi minyak lemon sebagai agen anti stres dan antidepresan.

Baca Juga: 15 Manfaat Air Lemon bagi Kesehatan yang Tak Terduga

2. Meredakan Nyeri

Minyak lemon juga memiliki efek analgesik alami untuk membantu Anda meredakan nyeri. Hal ini dikaitkan dengan efek anti-stres dan antidepresan yang memberikan tubuh respon untuk lebih tenang saat merasakan sakit atau nyeri.

Percobaan pada tikus di tahun 2014 pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa manfaat minyak lemon adalah untuk mengubah respon otak dan tubuh dalam menerima rangsangan yang menyakitkan. Walaupun demikian, penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk membuktikan studi ini pada manusia.

3. Melegakan Pernapasan

Efek menenangkan dari aroma khas minyak atsiri lemon juga dapat membantu melegakan pernapasan saat Anda sedang mengalami gejala demam, pilek, hidung tersumbat, atau sakit tenggorokan.

Minyak atsiri lemon memiliki aroma asam dan manis yang tajam yang mampu menenangkan pikiran dan otot-otot di tenggorokan Anda. Belum ada penelitian klinis terkait manfaat minyak lemon ini, namun vitamin C dipercaya bekerja sebagai antioksidan untuk melancarkan pernapasan.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukan bahwa siswa yang belajar di ruang kelas dengan aromaterapi minyak lemon dapat hasil lebih baik dalam ujiannya. Studi kecil lainnya pada tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat minyak lemon adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif pasien Alzheimer.

Hal ini pun dikaitkan karena minyak atsiri lemon memiliki efek anti stres sehingga siapapun yang menghirupnya akan merasa lebih tenang, kalem, dan lebih fokus pada apapun yang dikerjakannya.

5. Meredakan Morning Sickness pada Ibu Hamil

Morning sickness adalah sebutan untuk gejala mual dan muntah pada ibu hamil di pagi hari. Gejala ini adalah ciri hamil yang paling umum di masa awal kehamilan dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan minyak esensial lemon.

Sebuah studi pada tahun 2014 meneliti pengaruh minyak esensial lemon pada 100 wanita hamil dan hasilnya adalah ibu hamil yang menggunakan aromaterapi minyak lemon di pagi hari mengalami penurunan gejala mual dan muntah secara signifikan.

6. Melancarkan Pencernaan

Khasiat minyak lemon yang selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan, termasuk masalah sembelit dan gastritis.

Sebuah studi hewan tikus yang diterbitkan di Chemical and Biological Interactions pada tahun 2019 menemukan bahwa minyak esensial lemon mengandung zat pelindung gastro terhadap perut lambung yang dapat mengurangi gejala gastritis pada tikus.

Studi lainnya juga menyebutkan bahwa minyak esensial lemon bekerja lebih baik dalam mengatasi sembelit pada orang tua daripada minyak esensial lemon, minyak rosemary dan peppermint essential oil.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak lemon mengandung d-limonene, yaitu agen untuk melancarkan metabolisme dan membersihkan kelenjar limfatik yang berpengaruh untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition meneliti bahwa tikus yang diberi lemon polifenol dengan ekstrak kulit lemon selama 12 minggu mengalami penurunan hiperlipidemia, hiperglikemia dan resistensi insulin yang kemudian berpengaruh pada penurunan berat badan. Walaupun begitu, studi pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikannya.

8. Membantu Melindungi Tubuh

Minyak lemon mengandung efek melindungi tubuh dengan cara melawan dan memurnikan zat-zat berbahaya di tubuh. Minyak lemon juga memiliki efek detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari patogen berbahaya yang mungkin menyerang organ tubuh.

Selain itu, khasiat minyak lemon lainnya adalah untuk merangsang drainase limfatik yaitu agen untuk membersihkan tubuh dari limbah, bakteri, dan racun.

9. Menjaga Kesehatan Oral

Antibakteri dan antijamur dalam minyak atsiri lemon berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit di mulut seperti bau mulut, sariawan, mencegah kerusakan gigi, serta memutihkan gigi secara alami.

Sifat asam dari minyak atsiri lemon tidak menyebabkan korosi asam pada gigi seperti kandungan sitrus pada jus lemon bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak lemon memiliki agen antibakteri, antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan terkait pernapasan, serta melawan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Minyak atsiri lemon juga dapat melindungi Anda dari patogen berbahaya lebih baik daripada minyak atsiri lainnya.

Baca Juga: Manfaat Kulit Lemon untuk Kulit yang Belum Banyak Diketahui

Khasiat Minyak Lemon untuk Kulit

Selain untuk berbagai kondisi kesehatan, minyak atsiri lemon juga telah lama dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, jerawat, bekas luka, dll. Ketahui manfaat minyak lemon untuk kulit berikut ini:

1. Merawat Kulit

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukan bahwa minyak esensial lemon memiliki efek anti peradangan kulit dan secara efektif dapat membunuh bakteri penyebab infeksi kulit.

Minyak lemon juga memiliki kandungan antioksidan untuk mencerahkan warna kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, serta menjaga warna kulit. Beberapa orang juga menggunakan minyak atsiri lemon sebagai pembersih wajah.

2. Menyembuhkan Luka

Minyak lemon memiliki kandungan vitamin C, efek antimikroba, dan antioksidan yang berperan untuk menyembuhkan jaringan luka lebih cepat, mencegah infeksi, dan membersihkan kulit. Sebagian orang bahkan menyimpan minyak lemon dalam kotak P3K untuk membersih luka.

3. Mengatasi Jerawat

Dua kandungan alami minyak lemon yaitu astringen atau pembersih dan antimikroba dipercaya dapat mengatasi jerawat secara efektif. Kandungan astringen berperan untuk membersihkan sel-sel kulit mati,membuka pori-pori yang tersumbat, dan mencegah hiperpigmentasi dari jerawat.

4. Pembersih Wajah

Beberapa produk kecantikan juga memasukan ekstrak lemon dalam produk pembersih wajah. Anda juga dapat menambahkan satu tetes minyak lemon di air pembersih yang Anda gunakan.

Walaupun terdapat beberapa manfaat minyak lemon untuk kulit, Anda juga harus memerhatikan efek samping minyak lemon untuk kulit yaitu kulit kering, merah dan mengelupas apabila digunakan setiap hari.

Itulah pembahasan tentang manfaat minyak lemon. Lemon merupakan bahan tradisional dengan beragam khasiat, namun belum ada uji klinis yang dapat membuktikan efek kesehatan dari minyak lemon secara klinis. Harap tetap perhatikan kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi.

 

  1. Cherney, Kristeen, PhD. 2019. The Good and the Bad of Lemon Oil for Your Skin. https://www.healthline.com/health/skin/lemon-oil-for-skin. (Diakses pada 27 Desember 2019).
  2. Dr. Axe, Josh, DC, DMN, CNS. 2018. Top 10 Lemon Essential Oil Uses and Benefits. https://draxe.com/essential-oils/lemon-essential-oil-uses-benefits/. (Diakses pada 27 Desember 2019).
  3. Watson, Kathryn. 2019. What You Need to Know About Lemon Essential Oil. https://www.healthline.com/health/lemon-essential-oil. (Diakses pada 27 Desember 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi