9 Manfaat Minyak Kutus-Kutus, Healing Oil untuk Mengobati Berbagai Penyakit

manfaat-minyak-kutus-kutus-doktersehat
Photo Source: www.akucantikkk.com

DokterSehat.Com – Pernahkan Anda mendengar tentang minyak kutus-kutus? Minyak yang berasal dari Bali ini belakangan menarik perhatian para pecinta pengobatan herbal karena dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Penasaran apa saja manfaat minyak kutus-kutus? Berikut adalah ulasannya!

Apa Itu Minyak Kutus-Kutus?

Minyak kutus-kutus adalah minyak berbahan dasar minyak kelapa yang dicampukan dengan berbagai macam tanaman herbal lainnya. Bahan-bahan yang dijadikan inti dari minyak kutus-kutus selain minyak kelapa antara lain adalah daun neem, daun ashitaba, purwaceng, bunga lawang, temulawak, pule, dan juga gaharu. Semua bahan-bahan ini diambil dari unsur yang disebut sebagai untuk pohon kehidupan meliputi daun, bunga, buah, batang, dan akar.

Minyak kutus-kutus berasal dari Bali dan pertama kali dibuat oleh penciptanya sebagai obat untuk mengobat lumpuh kaki yang dideritanya. Setelah dirasa manfaatnya sangat besar, minyak kutus-kutus Bali akhirnya mulai diperjualbelikan. Minyak kutus-kutus Bali dipercaya dapat memperbaiki energi dalam tubuh sehingga tubuh mampu untuk melakukan self healing atau menyembuhkan dirinya sendiri

Manfaat Minyak Kutus-Kutus

Melihat dari klaim manfaat minyak kutus-kutus yang bisa membuat tubuh melakukan self healing, tentunya terbayang berbagai manfaat dari minyak yang satu ini. Setelah banyak digunakan dan dicoba untuk berbagai macam pengobatan penyakit, berikut adalah beberapa manfaat minyak kutus-kutus yang dipercaya ampuh!

1. Sakit kepala

Manfaat minyak kutus-kutus yang pertama adalah untuk mengobati sakit kepala. Aroma minyak kutus-kutus Bali dapat memberikan efek relaksasi yang bisa mengurangi gejala sakit kepala Anda. Caranya adalah dengan membalurkan minyak kutus-kutus ini pada bagian pelipis.

2. Sebagai antioksidan

Berbagai macam mulai dari bunga lawang, temulawak, daun neen, dan bahan lainnya dikenal sebagai unsur herbal yang mampu menjadi antioksidan. Tidak heran jika minyak kutus-kutus Bali dianggap mampu sebagai penangkal kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh karena dapat menjaga tubuh dari berbagai virus, bakteri, dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Obat pereda nyeri

Manfaat minyak kutus-kutus selanjutnya adalah sebagai obat pereda nyeri. Minyak kutus-kutus Bali mengandung beberapa bahan yang mampu bertindak sebagai obat analgesik atau pereda nyeri. Manfaat yang satu ini membuat minyak kutus-kutus banyak digunakan untuk meredakan gejala penyakit seperti asam urat, nyeri sendi, nyeri otot, atau nyeri haid.

4. Meningkatkan vitalitas

Salah satu kandungan utama dalam minyak kutus-kutus adalah purwaceng. Tanaman yang satu ini merupakan tanaman herbal yang sudah dikenal sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah seksual. Karena kandungan purwaceng yang ada di dalamnya, maka minyak kutus-kutus pun dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pria maupun wanita.

5. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat minyak kutus-kutus yang kelima adalah dapat menjaga kesehatan mulut. Berbagai masalah seperti bau mulut, gusi bengkak, dan juga sariawan dipercara dapat diatasi menggunakan minyak ini. Manfaat ini didapatkan karena berbagai kandungan antibakteri yang bersumber dari berbagai komposisi dari minyak kutus-kutus.

6. Menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan

Manfaat miyak kutus-kutus lainnya adalah dapat memelihara sistem pencernaan. Minyak ini diklaim dapat menjaga kerja lambung, mengatasi sakit perut, dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, minyak ini juga dipercaya dapat menambah nafsu makan, terutama pada anak-anak.

8. Mengatasi wasir

Manfaat minyak kutus-kutus lainnya yang telah dibuktikan oleh para penggunanya adalah dapat mengatasi wasir. Meskipun bukan penyakit mematikan, tetapi wasir merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita di Indonesia. Minyak kutus-kutus Bali diklaim mampu untuk mengatasi gejala penyakit yang satu ini.

9. Mengatasi berbagai penyakit serius

Beberapa orang juga menyatakan bahwa minyak kutus-kutus dapa menyembuhkan beberapa penyakit serius seperti darah tinggi, diabetes hingga penyakit jantung. Kemampuan ini kemungkinan didapat dari klaim minyak kutus-kutus sebagai healing oil yang membantu tubuh untuk melakukan self healing. Minyak ini membantu tubuh agar dapat melawan penyakit dan menyembuhkan diri sendiri.

Berbagai macam manfaat minyak kutus-kutus di atas didasari dari riset yang dilakukan oleh produsen dari minyak ini. Produsen mempersilakan para konsumen untuk merasakan sendiri manfaat dari minyak ini kemudian memberikan pendapatnya agar dapat masyarakat luas dapat mengetahui kemampuan dari minyak ini.

Cara Menggunakan Minyak Kutus-Kutus, Amankah?

Penggunaan minyak kutus-kutus adalah dengan cara diaplikasikan langsung pada kulit. Meskipun minyak kutus-kutus tidak memiliki izin BPOM sebagai obat yang dapat diminum, tapi pada dasarnya minyak ini tidak berbahaya jika tertelan. Minyak kutus-kutus juga cenderung aman diaplikasikan di area sensitif seperti kelopak mata.

Beberapa titik yang disarankan untuk mengaplikasikan minyak ini adalah di bagian punggung mulai dari tengkuk hingga tulang ekor, telapak dan jari kaki, bagian tubuh yang mengalami nyeri atau sakit, atau di titik tubuh yang terkait dengan ganguan di dalam tubuh. Penggunaan minyak ini secara rutin bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Meskipun penggunaan minyak ini aman untuk digunakan, tetap berhati-hati dengan penggunaan obat herbal ini. Pastikan Anda tidak memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu komponen yang menyusun obat ini. Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang cukup serius, diskusikan dengan dokter lebih dulu tentang penggunaan minyak ini.

Perlu diperhatikan kalau ada juga minyak kutus-kutus palsu di pasaran. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membeli produk ini di tempat penjualan resmi dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan minyak kutus-kutus asli di Farmaku.com.