7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut yang Sehat dan Cantik

manfaat-minyak-kelapa-untuk-rambut-doktersehat

DokterSehat.Com – Perawatan rambut menggunakan minyak alami memang umum dilakukan di Indonesia. Salah satunya adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak alami satu ini memang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, termasuk juga perawatan rambut. Apa saja sih manfaat minyak kelapa untuk rambut?

Kandungan Minyak Kelapa

Sebelum mengetahui berbagai manfaat minyak kelapa untuk rambut, perlu diketahui bahwa manfaat minyak kelapa ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari kandungan yang terdapat didalamnya.

Minyak kelapa dianggap lebih unggul dibandingkan dengan jenis minyak lain karena kandungan asam laurat yang ada di dalamnya. Asam laurat merupakan asam lemak rantai sedang yang memiliki struktur yang panjang dan lurus.

Berkat bentuk strukturnya ini, minyak kelapa jadi lebih mudah diserap ke dalam batang rambut jika dibandingkan dengan jenis minyak lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Minyak kelapa digunakan sebagai perawatan rambut baik dalam bentuk produk perawatan rambut maupun penggunaan secara langsung. Berikut adalah berbagai manfaat minyak kelapa untuk rambut yang sayang sekali jika dilewatkan!

1. Melembapkan Rambut dan Kulit Kepala

Menjaga kelembapan rambut sangat penting dilakukan untuk mewujudkan rambut yang cantik dan sehat.

Kebanyakan minyak hanya bertahan di permukaan rambut dan tidak menyerap ke dalam rambut. Namun penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat menembus ke dalam batang rambut dan menggantikan protein rambut yang hilang.

Minyak kelapa membantu mengisi batang rambut, sehingga membuat rambut kering dan rusak menjadi terlihat lebih sehat. Penggunaan minyak kelapa untuk rambut sangat berguna untuk mencegah kerusakan rambut akibat penggunaan produk tertentu yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada rambut seperti produk styling rambut.

2. Mengatasi Rambut Singa

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang kedua adalah mengatasi dan mencegah rambut singa.

Rambut yang kering cenderung membentuk rambut yang lebih mengembang dan tidak merata. Minyak kelapa yang menembus batang rambut dapat membantu membentuk rambut yang lebih halus, tidak kusut, dan lebih jatuh sehingga tidak mengembang dan membentuk rambut singa.

3. Mencegah Kerusakan Rambut dari Bahan Kimia

Polusi udara hingga bahan kimia yang berasal dari produk styling rambut berpotensi menyebabkan kerusakan rambut.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah mencegah bahan kimia yang berpotensi merusak rambut masuk ke dalam rambut. Sifatnya yang dapat menembus dan mengisi batang rambut dapat mencegah zat berbahaya ini untuk masuk ke dalam rambut.

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut selanjutnya adalah dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan berpotensi membantu masalah rambut rontok.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa formula yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Penelitian lain tentang kerusakan rambut akibat kerusakan lingkungan dan polusi juga menyimpulkan bahwa minyak kelapa mampu melindungi rambut dari kerusakan dan merawat kerontokan rambut.

5. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berpotensi menyebabkan kerusakan rambut.

Radiasi UVB menyebabkan hilangnya protein rambut, sedangkan radiasi UVA dapat memicu perubahan warna rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV tersebut karena seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak kelapa dapat masuk ke batang rambut dan mampu mengatasi kehilangan protein yang dialami rambut.

6. Menyegarkan Rambut Sebelum Keramas

Keramas berguna untuk membersihkan dan menyegarkan rambut, tapi keramas terlalu sering juga dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Rambut yang cenderung kering mungkin akan membuat Anda berkeinginan untuk keramas setiap hari untuk mendapatkan tampilan rambut yang lebih halus. Ketimbang melakukan keramas, Anda dapat menggunakan sedikit minyak kelapa untuk menyegarkan dan melembapkan rambut.

7. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Sama halnya seperti jenis minyak lainnya, minyak kelapa juga berpotensi memberikan kilau pada rambut.

Jika melihat pada manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya, tidak heran jika minyak kelapa dikatakan mampu untuk membuat rambut berkilau. Minyak kelapa mampu menjaga rambut tetap lembap dan mencegah kerusakan.

Rambut yang sehat dan terjaga kelembapannya akan memengaruhi penampilan rambut itu sendiri, termasuk menjadi terlihat lebih berkilau.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Penggunaan minyak kelapa untuk rambut dapat dilakukan secara langsung maupun melalui berbagai produk perawatan rambut yang memiliki kandungan minyak kelapa. Jika ingin menggunakan minyak kelapa murni ke rambut, berikut cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang dapat dilakukan:

1. Menggunakan Minyak Kelapa sebagai Kondisioner

Cara menggunakan minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah sebagai kondisioner.

Gunakan sampo seperti biasa, kemudian aplikasikan minyak kelapa ke bagian tengah hingga ujung rambut sebagai kondisioner. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

2. Menggunakan Minyak Kelapa sebagai Masker rambut

Cara menggunakan minyak kelapa yang kedua adalah sebagai masker rambut.

Caranya adalah dengan mengaplikasikan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama beberapa jam. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Perawatan Kulit Kepala

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala.

Aplikasikan minyak kelapa di kulit kepala, sambil dipijat lembut. Lakukan sebelum tidur dan bilas dengan sampo di pagi harinya.

4. Menggunakan Minyak Kelapa Sebelum Keramas

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebelum keramas.

Tujuannya adalah untuk melindungi rambut apabila terdapat zat yang mungkin kurang baik yang terkandung dalam sampo dan produk perawatan rambut lainnya.

5. Menggunakan Minyak Kelapa Setelah Keramas

Selain menggunakan sebelum keramas, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa setelah keramas.

Penggunaan minyak kelapa setelah keramas sebaiknya tidak perlu terlalu banyak. Minyak kelapa ini akan membantu agar rambut dapat lebih mudah untuk diatur.

6. Menggunakan Minyak Kelapa Sebelum Hair Styling

Hair styling seperti mewarnai rambut atau menggunakan catokan dapat berpotensi merusak rambut.

Sebelum melakukan hair styling, aplikasikan minyak kelapa ke seluruh rambut untuk melindunginya.

Adakah Efek Negatif dari Penggunaan Minyak Kelapa?

Baik tidaknya minyak kelapa untuk rambut sebenarnya masih menjadi perdebatan. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang mungkin cocok menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut.

Perawatan dengan bahan dasar minyak lebih cocok digunakan pemilik rambut kering. Sedangkan jika rambut Anda cenderung lebih mudah berminyak, sebaiknya hindari perawatan menggunakan bahan dasar minyak.

Meskipun terdapat beberapa penelitian yang membuktikan manfaat minyak kelapa untuk rambut, tapi tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Jadi, jika ingin menggunakan bahan alami satu ini untuk perawatan, gunakanlah dengan bijak dan perhatikan reaksi tubuh Anda terhadap perawatan ini.

Jika perawatan tidak menunjukkan hasil atau bahkan memberikan efek samping, segera hentikan perawatan agar tidak menimbulkan efek jangka panjang terhadap tubuh.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Fletcher, Jenna. 2019. How to use coconut oil for hair. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324563.php. (Diakses 5 September 2019).
  2. West, Helen. 2016. Coconut Oil for Your Hair: Benefits, Uses and Tips. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-hair. (Diakses 5 September 2019).