10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

doktersehat-minyak-kelapa

DokterSehat.Com–¬†Manfaat minyak kelapa memang dianggap sebagai cairan yang sehat untuk dikonsumsi. Kini, banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan minyak kelapa sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan tubuh.

Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh sebesar 90 persen. Minyak tinggi lemak jenuh telah ditemukan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan lainnya.
Namun, minyak kelapa telah tumbuh dalam popularitas dalam beberapa tahun terakhir, di tengah klaim bahwa minyak kelapa dapat menyehatkan tubuh.

Produsen makanan telah mengganti minyak lain dengan minyak kelapa dalam produk yang dikemasnya, dan banyak ibu rumah tangga yang beralih menggunakan minyak untuk memasak. Tidak hanya dalam menggoreng makanan, tetapi dalam permen, shampoo, kopi, dan smoothies.

Pada Juli 2016, hasil survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 72 persen orang berpikir bahwa minyak kelapa sehat. Namun, hanya 37 persen ahli gizi yang setuju.

Manfaat Minyak Kelapa

Simak lebih dalam apa saja khasiat minyak kelapa, dan jika Anda harus membuat minyak kelapa sebagai makanan utama dalam diet Anda, kenapa tidak!

1. Meningkatkan kadar kolesterol HDL

Menurut Walter C. Willett, M.D., Harvard Medical School, manfaat minyak kelapa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menurunkan berat badan

Khasiat minyak kelapa juga bisa menurunkan berat badan. Minyak kelapa dingin yang tidak dimurnikan untuk rambut, kulit, dan memasak mengandung asam lemak rantai pendek dan menengah yang membantu dalam mengurangi berat badan berlebih.

Penelitian menunjukkan bahwa itu membantu mengurangi kegemukan perut pada wanita. Hal ini juga mudah dicerna dibandingkan dengan minyak nabati lainnya dan membantu dalam fungsi yang sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Lebih lanjut, ini meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan menghilangkan stres pada pankreas, dengan demikian, membakar lebih banyak energi dan membantu orang yang kegemukan dan kelebihan berat badan menurunkan berat badan.

Oleh karena itu, orang yang tinggal di daerah pesisir tropis, yang menggunakan minyak kelapa setiap hari sebagai minyak goreng utama mereka, biasanya tidak gemuk atau kelebihan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Asam laurat yang ada dalam minyak kelapa membantu aktif mencegah berbagai masalah jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Ini tidak mengarah pada peningkatan kadar kolesterol LDL, dan mengurangi insiden cedera dan kerusakan pada arteri, karena itu membantu mencegah aterosklerosis.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa ini dapat membantu dalam menjaga profil lipid yang sehat pada wanita pra-menopause. Apakah itu baik atau buruk bagi hati?

Nah, jika Anda menggunakannya untuk dimakan, periksa kadar kolesterol Anda secara teratur. Jika Anda menemukan mereka meningkat, lebih baik menghentikan asupan. Bagaimanapun juga, konsultasikan dengan praktisi medis profesional sebelum Anda mulai mengonsumsi minyak kelapa.

4. Menyehatkan rambut

Apakah Anda tahu alasan rambut panjang dan berkilau dari wanita pesisir? Ya, ini karena minyak kelapa. Wanita di daerah pesisir tropis di dunia menggunakan minyak kelapa untuk rambut hampir setiap hari. Minyak kelapa seperti mentega ini membantu menyehatkan rambut dan membuat rambut berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi kehilangan protein, yang jika tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai kualitas tidak sehat di rambut Anda. Karena berat molekul rendah, ia mampu menembus batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Minyak kelapa adalah alasan mengapa digunakan sebagai perawatan rambut, dan dalam pembuatan berbagai krim pelembab dan ketombe. Varietas terbaik untuk rambut sehat adalah minyak kelapa organik extra virgin. Aplikasikan saja secara topikal ke rambut Anda atau gunakan masker rambut minyak kelapa.

5. Perawatan kulit

Tahukah Anda bahwa minyak kelapa sangat cocok untuk kulit. Menurut penelitian 2018 tentang efek minyak nabati pada kulit, minyak kelapa kaya akan antibakteri, antipenuaan, antioksidan, penyembuhan luka, dan sifat anti-inflamasi.

Khasiat minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit yang meliputi:

  • Eksim & psoriasis: Pemakaian minyak kelapa murni secara topikal mengurangi tingkat keparahan kondisi ini.
  • Radiasi UV: Minyak kelapa melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UV.
  • Dermatitis: Sebuah studi oleh Allison L. Goddard dan Peter A. Lio menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif dalam mengurangi gejala dermatitis atopik dibandingkan dengan minyak mineral. Studi lain menemukan bahwa minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai cara yang efektif untuk mengobati dermatitis atopik
  • Luka kulit: Virgin coconut oil membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Xerosis atau kulit kering: Minyak kelapa murni organik, non-transgenik murni adalah minyak pijat yang sangat baik yang bertindak sebagai pelembap yang efektif untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kering.
  • Aktivitas antimikroba: Monolaurin adalah komponen aktif dari minyak kelapa yang ditemukan bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Ini melindungi terhadap efek berbahaya dari bakteri seperti Staphylococcus aureus yang menyebabkan jerawat dan infeksi kulit lainnya.
  • Luka bakar: Penggunaan minyak kelapa membantu mengobati luka bakar secara efektif

Tidak seperti minyak mineral, tidak ada kemungkinan memiliki efek samping pada kulit dari aplikasi minyak ini. Oleh karena itu, telah digunakan dengan aman selama ribuan tahun untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit.

6. Membantu mengobati penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa manfaat minyak kelapa meningkatkan kemampuan kognitif pada pasien Alzheimer. MCT (Medium Chain Triglycerides) yang ditemukan dalam minyak kelapa adalah sumber keton sangat baik yang dapat peningkatan memori. Tetapi data klinis dan ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah minyak kelapa benar-benar meningkatkan fungsi otak dalam bentuk apa pun.

7. Mencegah infeksi ragi – Candida

Candida, juga dikenal sebagai kandidiasis sistemik, adalah penyakit tragis yang disebabkan oleh pertumbuhan ragi yang berlebihan dan tidak terkendali yang disebut Candida albicans di perut. Sebuah studi tentang minyak kelapa menunjukkan bahwa itu memberikan bantuan dari peradangan yang disebabkan oleh Candida, baik secara eksternal maupun internal. Kapasitas penahan kelembapannya yang tinggi membuat kulit tidak retak atau terkelupas. Asam kaprat, asam kaprilat, asam kaproat, asam miristat, dan asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa membantu menghilangkan Candida albicans.

Lebih lanjut, tidak seperti perawatan farmasi lain untuk candida, efek minyak kelapa bersifat bertahap dan tidak drastis atau tiba-tiba, yang memberikan pasien sejumlah waktu yang tepat untuk membiasakan diri dengan gejala penarikan atau reaksi Herxheimer (nama yang diberikan untuk gejala yang menyertai tubuh). Penolakan racun yang dihasilkan selama eliminasi jamur ini). Tetapi dalam perawatan kondisi ini, orang-orang harus secara sistematis dan bertahap meningkatkan dosis minyak kelapa mereka, dan seharusnya tidak memulai dengan jumlah yang besar.

8. Mempercepat penyembuhan

Ketika diaplikasikan pada area yang terinfeksi, minyak kelapa membentuk lapisan kimia yang melindungi bagian tubuh yang terinfeksi dari debu luar, udara, jamur, bakteri, dan virus. Ini sangat efektif pada memar karena mempercepat proses penyembuhan jaringan yang rusak.

9. Meningkatkan imunitas

Minyak kelapa memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, yang mana penelitian telah mendukung sebagai cara yang efektif untuk menangani virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Minyak kelapa membantu dalam memerangi bakteri berbahaya seperti Listeria monocytogenes dan Helicobacter pylori, dan protozoa berbahaya seperti Giardia lamblia.

10. Mencegah IBS dan masalah pencernaan lainnya

Manfaat minyak kelapa cair membantu meningkatkan sistem pencernaan, dan dengan demikian, mencegah berbagai masalah perut termasuk sindrom iritasi usus (IBS). Lemak jenuh yang ada di dalamnya memiliki sifat antimikroba dan membantu dalam menangani berbagai bakteri, jamur, dan parasit yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Minyak kelapa efektif dalam menghilangkan konstipasi. Ini juga membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, dan asam amino.