Mengenal Minyak Juniper Berry yang Buat Kulit Makin Sehat

manfaat-juniper-berry-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/David J

DokterSehat.Com– Beragam minyak esensial memang memudahkan Anda dalam memilih bahan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami. Salah satu minyak esensial yang sudah digunakan sejak lama dalam merawat kulit adalah minyak Juniper Berry. Minyak Juniper Berry terbuat dari ekstraksi Berry yang telah dikeringkan dan dikombinasikan dengan daun dari Juniperus Communis. Perpaduan dua bahan ini menjadikan minyak Juniper Berry menjadi salah satu minyak esensial paling efektif dalam merawat kesehatan kulit.

1. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Salah satu manfaat dari minyak Juniper Berry adalah melindungi kulit dari radikal bebas. Dilansir dari laman Dr. Axe, minyak Juniper Berry ternyata dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika antioksidan akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit agar sinar UV tidak menembus lapisan kulit. Lebih lanjut, antioksidan juga merangsang pembentukan kolagen yang menjaga kulit tetap kencang dan bebas dari kerutan.

2. Meredakan Peradangan pada Kulit

Sejumlah penyakit kulit kerap kali disertai dengan gejala yang menyebabkan kulit meradang dan gatal. Kondisi yang demikian tentu sangat menggangu dan membuat Anda Tidka nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut rupanya bisa dilakukan dengan mengaplikasikan minyak Juniper Berry. Apalagi minyak satu ini juga dilengkapi dengan kandungan zat anti peradangan yang ampuh mengurangi ukuran ruam dan sensasi gatal yang ditimbulkan.

3. Mengatasi Kulit Berjerawat

Anda yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat tentu kerap putus asa dalam mengatasi kondisi kulit yang demikian. Apalagi jerawat juga terbagi menjadi beberapa jenis yang perawatannya berbeda-beda. Salah satu cara untuk menangani masalah kulit berjerawat adalah dengan mengoleskan minyak Juniper Berry. Tidak hanya dilengkapi dengan zat anti peradangan, Juniper Berry juga mengandung zat anti bakteri. Zat anti bakteri inilah yang akan membasmi bakteri P. Acnes penyebab jerawat.

Selain digunakan untuk merawat kulit, minyak yang memiliki aroma menyegarkan ini juga dapat diaplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Kendati demikian, sejumlah metode pengobatan alami juga kerap memanfaatkan minyak Juniper Berry untuk mengobati beberapa jenis penyakit.