10 Manfaat Minyak Argan Bagi Tubuh (No. 8 Tak Disangka)

manfaat-minyak-argan-doktersehat

DokterSehat.Com – Minyak argan, pernahkah Anda mendengar nama minyak yang satu ini? Memang, popularitas minyak argan yang notabene berasal dari Timur Tengah ini belum sebesar minyak-minyak lainnya, sebut saja minyak zaitun. Padahal, minyak argan punya segudang manfaat yang tak kalah dengan minyak zaitun, bahkan lebih besar. Lantas, apa itu minyak argan? Apa manfaat minyak argan bagi kesehatan?

Apa Itu Minyak Argan?

Minyak argan adalah minyak yang dihasilkan dari ekstraksi biji pohon argan yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah, terutama Maroko. Minyak argan (argan oil) kerap dijuluki sebagai ‘emas cair’, mengingat khasiatnya yang begitu besar bagi tubuh, khususnya kulit. Konon, minyak ini dipercaya menjadi rahasia kecantikan kulit dan rambut para wanita Timur Tengah.

Minyak argan kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Namun, ada satu hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui dari argan oil ini. Minyak argan tidak memiliki tekstur yang lengket dan sulit meresap seperti kebanyakan minyak pada umumnya. Selain itu, minyak argan juga tidak memliki bau yang mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang.

Manfaat Minyak Argan yang Tidak Terduga

Minyak argan adalah minyak yang memiliki banyak manfaat. Hal ini tak lepas dari kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin E, asam linoleate, asam lemak omega-6, dan antioksidan.

Berikut ini adalah manfaat minyak argan yang tidak terduga dan penting sekali untuk Anda ketahui.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat bagi kebanyakan orang dianggap sebagai “bencana” karena menyebabkan tampilan wajah menjadi tidak estetis.

Salah satu manfaat minyak argan untuk wajah adalah menghilangkan jerawat. Khasiat minyak argan yang satu ini diperoleh dari kadar asam linoleate yang tinggi di dalamnya. Asam linoleat terbukti efektif mengatasi peradangan (inflamasi) pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat. Tak hanya itu, zat ini juga sekaligus berperan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

2. Pelembap Alami Wajah

Selain mengatasi jerawat, manfaat minyak argan untuk wajah lainnya adalah sebagai pelembap alami wajah. Alih-alih menggunakan produk pelembap wajah kimia, sebenarnya Anda cukup memanfaatkan minyak argan yang satu ini. Sebagai bahan alami, minyak argan efektif melembapkan wajah secara lebih lembut.

Tuangkan 2 – 3 tetes minyak argan ke telapak tangan, gosok sampai merata. Setelah itu, oleskan ke seluruh bagian wajah. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar minyak meresap, lalu bersihkan muka dengan sabun cuci muka.

3. Pelembap Alami Bibir

Tidak hanya wajah, manfaat minyak argan sebagai pelembap alami juga berlaku untuk bibir Anda. Mengoleskan minyak argan pada bibir secara rutin dipercaya mampu menjaga kelembapan, pun kehalusan dan kelembutan bibir. Tak hanya itu, khasiat minyak argan termasuk untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini adalah ‘momok’ bagi hampir semua orang, baik pria maupun wanita. Penuaan dini ditandai oleh munculnya kerutan pada kulit, hingga mengurangnya elastisitas serta tingkat kekencangan kulit.

Manfaat minyak argan termasuk mencegah dan mengatasi penuaan dini pada kulit. Kandungan zat pada minyak argan dipercaya ampuh untuk merawat elastisitas kulit, pun meningkatkan resistensi kelembapannya sehingga kulit senantiasa tampil awet muda.

Sementara itu, khasiat minyak argan untuk menghilangkan kerutan pada kulit dikarenakan minyak ini juga efektif untuk mengatasi masalah pada kolagen dan elastin kulit, yang mana keduanya merupakan penyebab munculnya kerutan.

5. Mencegah Kulit Rusak

Minyak argan diperkaya oleh vitamin E dan juga antioksidan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat minyak argan untuk kulit secara keseluruhan, yakni memproteksi kulit dari ancaman kerusakan, terutama kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak argan juga efektif untuk mencegah kulit mengalami serangan radikal bebas yang tentunya berbahaya. Minyak argan juga akan membuat kulit Anda senantiasa lembap.

6. Menghilangkan Stretch Marks

Stretch marks adalah salah satu masalah pada kulit yang kerap dikeluhkan oleh para wanita, terutama mereka yang baru saja melahirkan secara Caesar.

Kandungan zat asam lemak omega-6 dan vitamin E pada minyak argan lantas menghasilkan khasiat minyak argan untuk mencegah dan mengatasi stretch marks pada kulit, terutama di area perut. Hal in karena kedua zat tersebut berfungsi untuk memproduksi kolagen, di mana kolagen ini nantinya bisa membuat kulit jadi lebih kuat sehingga bebas dari kemunculan stretch marks.

7. Mengatasi Rambut Kering

Selain kulit, ada juga manfaat minyak argan untuk rambut. Khasiat minyak argan ini lebih ditujukan untuk mencegah atau mengatasi permasalahan rambut kering yang banyak dialami orang-orang (mungkin termasuk Anda salah satunya).

Kandungan vitamin E dan sejumlah nutrisi penting lainnya menjadikan minyak argan adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin mengatasi masalah rambut kering secara alami. Bahkan, manfaat minyak argan untuk rambut juga bisa membuat rambut berkilau dan bebas dari kondisi rambut bercabang.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Siapa sangka, minyak argan ternyata juga berkhasiat untuk mencegah Anda dari penyakit kardiovaskular seperti jantung, lho. Khasiat minyak argan yang satu ini tak lepas dari kandungan asam oleat, yang mana zat ini memang memiliki andil dalam meminimalisir risiko penyakit jantung.

Berdasarkan hasil sebuah studi, ditemukan fakta bahwasanya tingkat efektivitas minyak argan dalam mencegah penyakit jantung berbanding lurus dengan ‘saudaranya’ yakni minyak zaitun.

9. Mencegah Kanker

Tak salah rasanya jika melabeli minyak argan sebagai ‘minyak ajaib’. Pasalnya, minyak ini bahkan bisa mencegah Anda mengalami penyakit kanker yang mematikan.

Sebuah penelitian yang dilakukan berhasil mengungkapkan jika minyak argan mengandung senyawa polifenol, di mana senyawa ini efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat sebanyak 50 persen.

10. Menjaga Kecantikan Kuku

Kuku yang sehat dan terlihat indah tentunya juga menjadi impian Anda, bukan? Selain meningkatkan kepercayaan diri, kuku yang terawat juga mengindikasikan bahwa Anda orang yang peduli dengan kebersihan tubuh.

Alih-alih menggunakan produk gel manicure untuk melakukan perawatan kuku, Anda bisa memanfaatkan minyak argan guna menghasilkan kuku dan kutikul kuku yang sehat dan terlihat indah.

Oleskan minyak argan ke kuku Anda secara merata. Lakukan cara ini setiap hari secara rutin agar hasilnya benar-benar maksimal.

Minyak Argan: Solusi Tepat untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat atau khasiat minyak argan yang perlu Anda ketahui. Minyak argan dapat digunakan baik dengan cara mengoleskannya ke tubuh dan rambut, atau dijadikan minyak masak pengganti minyak konvensional khusus pemanfaatan untuk mencegah penyakit dalam seperti jantung dan kanker.

Minyak argan mungkin masih sulit ditemui di swalayan atau toko obat, mengingat minyak ini memenag belum begitu populer di Indonesia. Namun, Anda bisa membelinya di toko online karena sudah banyak penjual yang menawarkan minyak ini. Semoga bermanfaat!