Manfaat Minum Susu Setelah Berolahraga

doktersehat-susu

DokterSehat.Com– Rasa haus wajar muncul setelah melakukan aktifitas fisik. Hal ini disebabkan oleh terkurasnya cairan tubuh setelah melakukannya. Untuk mengatasi hal tersebut, kita terbiasa untuk mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup banyak. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita mengkonsumsi susu untuk mengatasi masalah dehidrasi setelah berolahraga karena bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, disebutkan bahwa mengkonsumsi produk susu, termasuk susu dari bahan nabati seperti susu kedelai dan susu almond, ternyata bisa mengembalikan cairan tubuh yang terkuras dengan lebih efektif setelah berolahraga. Hal ini disebabkan oleh kandungan sodium, karbohidrat, serta protein yang seimbang di dalam susu yang mampu dengan cepat mengembalikan kondisi tubuh yang berada dalam kondisi dehidrasi.

Dalam sebuah penelitian, para relawan yang dilibatkan dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk mengkonsumsi salah satu dari susu sapi, susu kedelai, susu kemasan, dan minuman energi. Para peneliti kemudian mengecek kondisi darah dan urine para relawan ini untuk mengetahui tingkat hidrasi dan nutrisi di dalam tubuhnya. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi susu, apapun jenisnya, mampu mengalami perbaikan kondisi tubuh dengan lebih efektif dibandingkan dengan minuman lain. Bahkan, setelah dibandingkan dengan air putih sekalipun, susu masih lebih unggul karena air putih mampu menurunkan kadar sodium dalam tubuh dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembalikan kadar cairan dalam tubuh.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk minum susu setelah berolahraga, manfaat sehatnya juga sangat banyak kok. Namun, jika memang tidak tersedia susu di rumah, air putih sebenarnya juga sudah cukup baik untuk mengatasi dehidrasi meskipun memang sebaiknya jangan dikonsumsi dengan berlebihan karena bisa membuat perut kembung.