Terbit: 24 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tidak bisa dimungkiri lagi kalau susu adalah bagian terpenting dari diet yang dilakukan manusia sejak ribuan tahun silam. Susu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi susu juga bisa mencukupi kebutuhan protein dan lemak pada tubuh sehingga peluang terjadi kekurangan nutrisi akan rendah.

7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur di Malam Hari

Pada beberapa orang, susu dengan kadar protein tinggi juga baik untuk membentuk otot di tubuhnya. Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah boleh susu diminum sebelum tidur? Adalah efek positif atau mungkin negatif yang akan ditimbulkan?

Manfaat minum susu sebelum tidur

Mengonsumsi susu sebelum tidur akan memberikan banyak manfaat. Namun, manfaat itu hanya bisa muncul kalau susu dikonsumsi dengan jumlah yang benar.

  1. Membantu tidur dengan nyenyak

Susu akan menyebabkan tubuh menjadi nyaman dan kenyang. Kondisi ini menyebabkan kesadaran dari tubuh menurun dan Anda menjadi mudah sekali mengantuk. Setelah susu terserap dengan sempurna, Anda bisa segera tidur dengan nyenyak.

Oh ya, meski susu bisa memberikan efek ini ada baiknya untuk mengonsumsinya 2-3 jam sebelum tidur. Dengan melakukan ini tubuh bisa dengan mudah bertenaga sehingga saat bangun tidur nantinya Anda menjadi lebih bertenaga. Terakhir, susu sangat cocok untuk mencegah kondisi insomnia di dalam tubuh dan Anda mudah tidur dengan nyenyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Menyehatkan tulang

Susu mengandung kalsium yang baik sekali untuk menyehatkan tulang. Anda bisa mengonsumsi susu setiap hari untuk mencegah gangguan pada tulang seperti pengeroposan yang menyebabkan osteoporosis dan gangguan lainnya pada tulang.

Selain tulang, kesehatan gigi akan terjaga dengan baik. Pengeroposan dan gigi berlubang tidak akan terjadi sehingga area mulut akan selalu sehat dan terjaga.

  1. Memicu penurunan berat badan

Susu sangat baik untuk memberikan rasa kenyang lebih lama karena mengandung lemak yang sehat. Dengan kenyang lebih lama, Anda akan jarang merasakan lapar di tengah malam dan memicu makan apa saja yang tidak sehat dan memicu Anda jadi mengalami obesitas.

Susu dengan kandungan protein tinggi juga baik untuk membantu Anda dalam pembentukan otot di dalam tubuh. Kalau otot terus tumbuh metabolisme akan berjalan dengan lancar dan Anda bisa mengeliminasi lemak perlahan-lahan.

  1. Menyehatkan kulit

Susu juga menyehatkan kulit kalau dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Saat tubuh mudah tidur, sel bisa melakukan regenerasi dengan baik. Dampaknya kulit di seluruh tubuh khususnya wajah menjadi lebih sehat dan kenyal.

Dengan minum susu dan tidur menjadi lebih baik, Anda akan mencegah penuaan dini. Biasakan minum susu yang tidak terlalu banyak gula sebelum tidur agar tubuh bisa melakukan regenerasi sel kulitnya.

  1. Memberikan energi saat bangun tidur

Satu hal yang jarang sekali disadari oleh kita semua selama ini. Saat sedang tidur selama 6-8 jam per hari, kita melakukan puasa. Tubuh tidak akan mendapatkan asupan nutrisi sama sekali sehingga saat bangun Anda akan merasakan lapar yang sangat kuat dan malas melakukan apa saja termasuk di dalamnya ada olahraga.

Kalau Anda ingin melakukan olahraga secara rutin setiap harinya tanpa malas karena lemas, ada baiknya untuk minum susu terlebih dahulu. Susu bisa memberikan energi cukup banyak khususnya susu jenis whey yang diolah tubuh secara berkala agar menjadi energi.

  1. Menurunkan kadar stres

Susu akan memberikan efek tenang yang cukup besar pada seseorang. Dengan mengonsumsi susu sebelum tidur, tubuh akan menjadi lebih relaks. Dampaknya rasa kantuk akan muncul dan Anda bisa segera tidur dengan nyenyak. Setelah bangun tidur, kondisi stres akan lebih berkurang.

Susu yang dikonsumsi disarankan yang jenis cokelat daripada rasa lainnya. Susu cokelat akan memberikan efek nyaman sehingga level stres tubuh bisa segera diatasi.

  1. Mencegah flu dan batuk

Susu yang hangat dengan tambahan sedikit bubuk kunyit dan herbal lain seperti kencur baik untuk menjaga kesehatan. Tubuh akan terhindar dari inflamasi dan kondisi infeksi seperti batu dan juga pilek tidak akan terjadi. Dua masalah kesehatan ini bisa dihilangkan begitu gejalanya muncul.

Manfaat ini akan semakin terasa kalau setelah bangun tidur, Anda melanjutkannya dengan olahraga. Dengan melakukan ini tubuh akan menjadi semakin sehat. Peredaran darah berjalan dengan lancar dan Anda semakin bugar dari hari ke hari.

Aturan mengonsumsi susu sebelum tidur

Kalau Anda mengonsumsi susu di siang atau pagi hari sebenarnya tidak ada aturan yang mengikat. Selama jumlah tidak berlebihan bisa Anda lakukan kapan saja. Untuk mereka yang ada masalah dengan kadar gula darah dan kegemukan, jumlah gula yang digunakan juga harus lebih sedikit.

Kalau susu dikonsumsi saat malam hari, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah dari susu yang diminum dan waktunya. Beberapa ahli mengatakan sebaiknya mengonsumsi susu 2-3 jam sebelum tidur agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Susu yang dikonsumsi dalam jumlah banyak juga menyebabkan beberapa masalah pada pencernaan. Esok hari ada peluang seseorang mengalami diare dan tubuhnya mengalami lemas karena ada infeksi di usus dan saluran cernanya.

Oh ya, mengenai efek mengantuk yang terjadi. Beberapa ahli mengatakan kalau itu bisa terjadi kalau seseorang membarenginya dengan konsumsi lemak dan protein. Susu sendiri tidak menyebabkan kantuk. Hanya saja pengaruh mental dan suasana yang membuat seseorang menjadi mudah sekali mengantuk

Demikianlah beberapa ulasan tentang manfaat susu yang bisa didapatkan kalau dikonsumsi sebelum tidur. Nah, kalau Anda sendiri bagaimana? Suka mengonsumsi susu sebelum tidur atau tidak? Apa pun kebiasaan yang Anda lakukan, usahakan tetap mengonsumsi susu dengan jumlah yang benar, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi