5 Manfaat Minum Susu Kedelai, Bisa Menurunkan Kolesterol?

manfaat-susu-kedelai-doktersehat

DokterSehat.Com– Susu kedelai lebih sering dianggap sebagai minuman untuk yang sedang program diet atau alergi susu hewani. Ada anggapan manfaat minum susu kedelai bisa mengatasi kolesterol tinggi. Apakah hal ini benar?

Manfaat Minum Susu Kedelai dengan Rutin

Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan lainnya yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi susu kedelai.

Berikut adalah berbagai manfaat minum susu kedelai bagi kesehatan:

  1. Baik untuk yang menderita intoleransi laktosa

Penderita intoleransi laktosa akan kesulitan untuk mengonsumsi susu sapi. Hal ini disebabkan oleh sistem pencernaannya yang tidak bisa mengolah laktosa, kandungan gula alami di dalam susu sapi karena tidak mampu memproduksi enzim laktase dengan cukup.

Jika mereka tetap memaksakan diri untuk minum susu sapi, maka akan mengalami gejala seperti perut kembung, kenaikan asam lambung hingga diare.

Susu kedelai berbeda dengan susu hewani karena tidak memiliki kandungan laktosa. Sementara itu, di dalam susu kedelai juga tinggi kandungan nutrisi sebagaimana yang disajikan oleh susu sapi. Hal ini berarti, susu ini memang bisa dijadikan solusi bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa.

  1. Mencegah penuaan dini

Susu kedelai ternyata bisa membantu mencegah penuaan dini, masalah kulit yang cukup ditakuti oleh para wanita. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan aglycones di dalam minuman ini.

Aglycones ternyata memiliki peran layaknya kolagen, zat yang dikenal luas bisa memperlambat proses penuaan. Kandungan ini bisa membuat proses regenerasi sel-sel kulit berjalan dengan maksimal.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa wanita dengan usia lebih dari 40 tahun yang rutin mengonsumsi aglycones sebanyak 40 mg setiap hari akan lebih baik dalam melawan penuaan dini.

  1. Menurunkan risiko terkena kanker payudara

Susu kedelai dan susu dari berbagai jenis kacang-kacangan lainnya ini diduga mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara, salah satu masalah kesehatan yang dikenal luas bisa memicu kematian dini.

  1. Mengatasi gejala nyeri haid

Bagi kaum hawa, nyeri haid bisa sangat merepotkan. Beruntung, kandungan isoflavon di dalam susu kedelai disebut-sebut bisa meredakan sensasi nyeri haid ini dengan efektif.

  1. Meredakan gejala menopause pada wanita

Gejala menopause seperti sering merasa gerah, susah tidur, hingga sensasi tidak nyaman bisa mereda jika kaum hawa mau rutin mengonsumsi susu kedelai sekitar 500 ml setiap hari.

Manfaat Minum Susu Kedelai bagi Kadar Kolesterol Darah

Pakar kesehatan menyebut kandungan susu kedelai memiliki kadar kalori yang cenderung rendah, yakni sekitar 80 hingga 110 kalori untuk setiap cangkirnya.

Jumlah ini tentu lebih rendah dibandingkan dengan yang ada di dalam segelas susu sapi yang mencapai 146 kalori. Di dalam susu kedelai juga terdapat kandungan protein sebanyak 7 gram, lemak sebanyak 5 gram, dan karbohidrat sebanyak 4 gram.

Selain itu, terdapat kandungan fitoestrogen di dalam susu kedelai. Kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Hal ini tentu akan berimbas positif pada menurunnya risiko terkena penyakit kardiovaskular layaknya penyakit jantung dan stroke.

Rutin minum susu kedelai memang bisa membantu memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Satu ha yang perlu dijadikan catatan, kita harus memastikan bahwa susu kedelai ini diolah dengan cara yang tepat.

Hindari susu kedelai yang telah diberi tambahan gula dalam jumlah yang sangat banyak atau susu kedelai kemasan yang sebenarnya memiliki kandungan nutrisi yang tidak begitu besar.