Terbit: 18 Februari 2019 | Diperbarui: 20 Februari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sering dijadikan sebagai bahan pangan maupun campuran bahan non-pangan, ternyata minyak zaitun memiliki manfaat yang tak terduga jika Anda meminumnya. Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki minyak zaitun. Lantas, apa saja manfaat minum minyak zaitun bagi kesehatan tubuh?

14 Manfaat Minum Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Apa Itu Minyak Zaitun?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari ketahui terlebih dahulu apa itu minyak zaitun. Minyak zaitun adalah minyak yang diambil dari lemak buah zaitun dan termasuk ke dalam jenis minyak yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun banyak digunakan di negara-negara Mediteranian oleh karena pohon zaitun (olea europaea) yang menjadi sumbernya banyak tumbuh di sana.

Minyak zaitun umumnya difungsikan sebagai bahan penambah cita rasa makanan. Selain itu, minyak zaitun juga kerap menjadi bahan campuran sejumlah produk non-pangan seperti sabun, kosmetik, dan minyak urut.

Manfaat Minum Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Kendati minyak zaitun adalah sebuah minyak, namun Anda bisa meminumnya untuk mendapatkan manfaatnya. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan satu gelas air hangat setiap pagi. Berikut ini manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Minyak menyebabkan kolesterol, dan kolesterol menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Namun, lain halnya dengan minyak zaitun. Seperti yang sudah disebutkan di atas, minyak zaitun merupakan jenis minyak yang mengandung asal lemak tak jenuh, lebih tepatnya asam lemak tak jenuh tunggal.

Minyak ini cenderung tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, asam lemak tak jenuh yang dikandung oleh minyak zaitun justru berfungsi untuk membuka arteri dan melumasinya sehingga aliran darah ke area jantung menjadi lancar.

2. Bisa Menurunkan Berat Badan

Selain mampu meminimalisir risiko serangan jantung, manfaat minum minyak zaitun adalah bisa menurunkan berat badan. Ya, alih-alih membuat berat badan bertambah sama halnya dengan jenis minyak lainnya, minyak zaitun dengan asam lemak tak jenuh tunggalnya berperan dalam percepatan metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran lemak dapat berlangsung lebih cepat.

3. Melawan Kolesterol Jahat

Low-density lipoprotein (LDL) atau kita kenal sebagai kolesterol ‘jahat’ memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh kita, bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, minum minyak zaitun (setidaknya satu sendok makan setiap pagi) dipercaya mampu melawan atau menurunkan kadar LDL di dalam tubuh.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Sendi yang terasa nyeri bisa jadi merupakan pertanda ada gangguan pada sendi Anda, seperti osteoporosis, atau rheumatoid arthritis. Keduanya terjadi karena sistem autoimun menyerang sel-sel tubuh dengan tanpa disengaja.

Minum minyak zaitun diklaim bisa meredakan nyeri yang dirasakan akibat gangguan pada sendi-sendi. Minyak zaitun memiliki kandungan zat antiinflamasi yang mampu meredakan stres oksidatif yang terjadi pada penderita rheumatoid arthritis. Selain itu, minyak zaitun berfungsi untuk melenturkan sendi.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat minum minyak zaitun secara rutin juga terkait dengan pencegahan penyakit stroke. Stroke bisa disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Minyak zaitun memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Jika jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh sedikit, otomatis aliran darah ke otak juga menjadi lancar.

6. Menjaga Usus Besar

Minum minyak zaitun juga bisa menjaga sel usus dari kerusakan yang lama-kelamaan berpotensi menyebabkan kanker usus besar. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk mencegah konstipasi usus.

7. Detoksifikasi Hati (Liver)

Sebagai organ tubuh yang memiliki fungsi penting untuk membuang dan menetralisir racun-racun di dalam tubuh, hati (liver) tentu harus senantiasa dijaga kesehatannya. Minum minyak zaitun 2 sendok makan setiap hari memiliki khasiat untuk mendetoksifikasi kemungkinan adanya racun-racun berbahaya yang menghinggapi hati.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah manfaat minum minyak zaitun lainnya yang tidak boleh anda lewatkan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung asam lemak yang memang berfungsi untuk memperkuat sistem imun. Tentu tidak ingin tubuh mudah terserang penyakit, bukan? Oleh sebab itu, perkuat imun dengan cara meminum minyak zaitun secara rutin.

9. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Minyak zaitun juga efektif untuk mengendalikan kadar gula darah agar tidak berlebihan. Jadi, bagi Anda para pendertita diabetes bisa coba membuktikan manfaat minum minyak zaitun yang satu ini guna menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

10. Menjaga Fungsi Otak

Minum minyak zaitun secara rutin juga membuat aliran darah dan oksigen ke otak berjalan lancar. Selain itu, minyak zaitun juga mampu menangkal radikal bebas. Otak yang senantiasa mendapat asupan darah dan oksigen tentu akan berfungsi dengan baik, pun terhindar dari penyakit-penyakit terkait seperti Alzheimer, depresiasi fungsi otak dan memori, hingga mengurangi depresi.

11. Mencegah Peradangan

Minyak zaitun bekerja sebagai ibuprofen yang fungsinya mencegah tubuh mengalami peradangan. Hal ini telah didukung oleh sejumlah penelitian yang mengatakan jika 3-4 sendok makan minyak zaitun berkontribusi sebanyak 10 persen dari komponen ibuprofen untuk melawan peradangan.

12. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Anda yang mengalami gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit, selain minum obat-obatan khusus, meminum minyak zaitun juga bisa jadi salah satu solusinya, lho. Minyak zaitun juga telah banyak dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi ganggunan pencernaan.

Sifatnya memang sebagai obat herbal, namun tidak ada salahnya untuk Anda mencoba membuktikan manfaat minum minyak zaitun dalam mengatasi gangguan pencernaan ini, di samping melakukan sejumlah langkah pengobatan medis.

13. Meningkatkan Produksi ASI

Untuk Anda para ibu menyusui, ternyata minyak zaitun diklaim bisa menambah produksi ASI! Sebagai asupan utama bagi bayi yang baru lahir, seorang ibu tentu harus memiliki volume ASI yang mencukupi selama periode menyusui. Minumlah minyak zaitun setiap hari agar produksi ASI Anda berjalan normal.

14. Anti-Kanker

Minyak zaitun memiliki zat anti-kanker. Ini didasari fakta bahwa di dalam minyak zaitun, terdapat kandungan senyawa kimia dan antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang menjadi awal mula tumbuhnya sel kanker.

Manfaat minum minyak zaitun untuk melawan kanker ini sudah dibuktikan di negara-negara Mediteranian di mana minyak ini banyak dikonsumsi. Dari sejumlah penelitian, diketahui bahwasanya orang-orang yang tinggal di negara Mediteranian memiliki risiko kanker yang sangat kecil.

Bagaimana, ternyata besar sekali manfat minum minyak zaitun bagi kesehatan tubuh kita, ya! Mulai dari sekarang, rajin-rajinlah mengonsumsi minyak zaitun demi tubuh yang sehat. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dicampur dengan air hangat, atau menjadikannya sebagai minyak untuk memasak. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi