Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat populer dan digemari oleh sebagian besar orang Indonesia. Bahkan, karena begitu banyak penggemarnya, sampai-sampai kopi disebut sebagai minuman khas Nusantara. Hal itu juga dibuktikan dengan tersedianya berbagai macam jenis kopi yang memiliki cita rasa berbeda.

minum-kopi-doktersehat

Kopi memang nikmat dikonsumsi kapanpun dan di manapun, misalnya di pagi hari atau atau pun malam hari di kantor. Kopi dipercaya bisa memberikan rasa segar kepada tubuh yang mulai lelah akibat aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, banyak yang menggunakan kopi sebagai penambah energi agar bisa melanjutkan aktivitas dengan lancar.

Namun, sayangnya banyak yang mengatakan jika kopi bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan dan hal itu benar. Jika Anda mengonsumsi kopi dengan cara yang salah atau berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping seperti gangguan pencernaan, penyakit lambung, serta penyakit lainnya. Tapi, jika Anda mengonsumsi kopi dengan cara yang tepat, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, salah satunya yaitu meningkatkan kecerdasan.

Dilansir dari penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Alzheimer, mengatakan bahwa kafein yang tekandung dalam kopi memiliki sebuah manfaat yang tak terduga, yakni memberi perlindungan terhadap otak. Cara kerjanya dengan merangsang kemampuan sistem saraf pusat dan menekan penurunan fungsi ketika bertambahnya usia.

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa kopi bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan mengurangi risiko terkena Alzheimer. Dijelaskan pula bahwasanya kafein juga memiliki antioksidan yang bisa membuat tubuh menjadi segar kembali, maka tak heran banyak orang yang merasa badannya menjadi fit setelah minum kopi.

Selain itu, orang yang sedang mengalami stres akibat berbagai masalah juga sering melampiaskannya kepada kopi. Sebab, sudah terbukti, bahwa kopi bisa memberikan mood baik sehingga otak menjadi lebih rileks dan akhirnya stres tersebut dapat terkelola dengan baik.

Namun, walau kopi bermanfaat untuk otak, tapi jangan sampai meminumnya secara berlebihan. Cukup 1 atau 2 gelas perhari saja. Dan jangan pernah lupa untuk perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap fit dan bugar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi