Terbit: 21 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki bentuk tubuh ideal adalah impian bagi setiap orang, terutama wanita. Sebab, tubuh yang langsing dan terhindar dari lemak berlebih bisa membuat penampilan menjadi lebih menarik serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Minum Air Putih Sebelum Makan Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan bentuk tubuh idaman, misalnya melakukan diet dan berolahraga secara rutin. Sebab, konsep utama dalam menurunkan berat badan adalah mengusir lemak yang bersarang pada tubuh.

Namun selain itu semua, ada lagi satu cara yang baru-baru ini tengah ramai dibincangkan oleh banyak orang. Cara tersebut adalah dengan meminum air putih sebelum makan. Mungkin terkesan konvensional, tapi cara yang satu ini telah dibuktikan oleh penelitian seperti dikutip dari laman Boldsky.

Diterangkan bahwa air putih bisa membantu dalam kesuksesan program diet karena air terdiri dari atom hydrogen dan oksigen. Kedua hal tersebut dipercaya bisa membuang zat sampah hasil metabolisme dan racun yang masuk oleh makanan. Sehingga, saat sebelum mengonsumsi makanan lain, racun-racun di dalam tubuh dapat dihilangkan terlebih dahulu.

Selain itu, air juga bisa membantu mencerna makanan karena saat makanan masuk, usus membutuhkan air untuk bisa mencernanya dengan baik. Maka tak heran, jika mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat sangat dianjurkan bagi kesehatan. Lebih jelas lagi dikatakan bahwa usus harus selalu dalam keadaan basah agar tidak terjadi luka atau lecet akibat proses cerna makanan yang dikonsumsi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Secara logika, jika makanan yang masuk dapat dengan mudah dicerna, maka tidak ada penumpukan lemak yang berarti di dalam tubuh. Alhasil, berat badan bisa lebih dikontrol dengan baik. Selain itu, mengonsumsi air putih sebelum makan juga dipercaya bisa memberi efek kenyang yang baik sehingga Anda menjadi tidak mudah lapar.

Kendati demikian, mengonsumsi air putih sebelum makan juga ada aturannya. Usahakan, waktunya tidak terlalu mepet, beri jarak antara 10 sampai 15 menit sebelum makan dengan porsi secukupnya, antara 1 atau 2 gelas saja.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi