7 Manfaat Minum Air Putih Beserta Bukti Sainsnya

manfaat-air-putih-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Sejak kecil kota selalu diajarkan kalau mengonsumsi air putih akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Ada yang bilang air putih baik untuk pencernaan hingga mampu menurunkan berat badan. Benarkah air putih yang tidak memiliki kalori dan harus dikonsumsi sebanyak 8 gelas ini memberikan manfaat yang nyata?

Dengan hanya mendengar perkataan dari orang lain mungkin kita akan sangsi. Namun, kalau membaca bukti sainsnya dari penelitian kita akan tahu kalau air adalah salah bahan paling bermanfaat bagi manusia.

Manfaat air putih dan fakta sainsnya

Air memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat dan bukti sains yang mendasarinya.

  1. Memaksimalkan kemampuan fisik

Olahraga yang dilakukan secara intens akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak sekali masa air. Kehilangan masa air sebanyak 2 persen saja bisa menurunkan kemampuan fisik. Bahkan, kondisi ini sangat ditakuti para atlet karena bisa membaut performa mereka anjlok dan tidak bisa memenangkan pertandingan yang dilakukan.

Melakukan olahraga secara intens akan membuat Anda kehilangan banyak air dari keringat. Selain itu tubuh juga menjadi lebih panas dari sebelumnya. Kalau Anda tidak mau kehilangan kemampuan ini ada baiknya segera minum begitu rasa kehausan datang.

  1. Memengaruhi fungsi otak

Pernahkah Anda merasakan lemas dan moody saat tidak mendapatkan asupan air yang cukup saat puasa? Kondisi ini ternyata normal dan sudah diteliti oleh beberapa orang. Kehilangan 1-3 persen kandungan air dalam tubuh ternyata bisa menurunkan fungsi otak dan juga menurunkan level energi.

Kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan pada fungsi otak, penuhi kebutuhan air harian. Kalau merasa terus mengantuk dan lelah saat bekerja, segera gelontor dengan segelas air putih.

  1. Mencegah dan mengobati sakit kepala

Sakit kepala kerap muncul kalau Anda mengalami dehidrasi baik ringan atau akut. Kondisi ini akan terus berlanjut hingga tubuh mendapatkan asupan air dalam jumlah cukup. Kalau pusing atau migrain dibiarkan, intensitas rasa sakitnya akan semakin besar dan membuat Anda tidak nyaman.

Efek dari mengonsumsi air putih memang tidak akan signifikan. Namun, rasa sakit dan lemas bisa diminimalkan sehingga Anda masih bisa bekerja dengan baik hingga mendapatkan pertolongan obat dan istirahat.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit menyebabkan Anda susah buang air besar. Duduk di toilet berjam-jam pun feses tidak mau keluar. Kondisi ini bisa diatasi dengan minum air hangat sebanyak 2 gelas atau semampunya. Air yang masuk akan segera bergerak ke usus dan melunakkan feses yang tidak mau bergerak.

Selain dengan air, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat. Perpaduan dua hal ini akan membuat Anda tidak mengalami sembelit sehingga waktu di kamar kecil semakin cepat.

  1. Mencegah batu ginjal

Urine yang diproses di dalam ginjal membawa kristal-kristal yang akan mengeras menjadi batu. Pembentukan kristal ini akan menjadi lebih cepat kalau kondisi tubuh mengalami dehidrasi yang akut.

Kalau Anda tidak mau mengalami pembentukan batu ginjal, minum air putih yang banyak. Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi terlalu lama dan juga jangan terlalu sering menahan keinginan untuk buang air kecil. Begitu sudah merasa, segera keluarkan dengan cepat.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Minum air bisa menurunkan berat badan ternyata bukan isapan jempol belaka. Dari beberapa studi yang dilakukan, mengonsumsi 2 gelas air akan meningkatkan metabolisme tubuh secara instan sebanyak 30 persen selama 1,5 jam. Peningkatan metabolisme bisa membuat tubuh membakar banyak lemak.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 2 gelas air sebelum makan bisa menurunkan berat badan hingga 44 persen lebih banyak dalam 12 minggu. Oh ya, kalau ingin memiliki tubuh ideal, perbanyak minum air putih dan jangan sesekali lupakan olahraga dan mengatur pola makan. Kalau dua hal itu sampai dilupakan, berat badan tetap susah terjadi.

  1. Mencegah mabuk alkohol

Mengonsumsi banyak sekali minuman keras akan membuat tubuh jadi dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan tubuh menjadi lemas dan muncul perasaan yang tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah minum. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, air bisa mencegah mabuk berlebihan.

Membiasakan diri untuk minum air putih

Minum air putih mungkin terlihat mudah. Namun, kalau dijalankan memang agak susah. Beberapa orang merasa tidak mampu menghabiskan 8 gelas air setiap hari. Berikut beberapa tips untuk minum air putih.

  • Minum jangan terlalu banyak dalam waktu singkat. Dalam satu kali sesi maksimal 2 gelas air putih saja. sisanya bisa diminum pada jam lain.
  • Minumlah setiap 2 jam sekali sebanyak 1 gelas air atau lebih. Buat alarm untuk mengingatkan Anda minum sehingga tidak mudah sekali lupa.
  • Sediakan botol minum yang berisi 3-4 gelas air putih di meja kerja atau tas. Dengan menyediakan di dekat tempat kerja, Anda tidak akan malas mengambilnya. Selain itu minum dari botol juga membuat Anda tidak merasa keberatan.
  • Bangun tidur usahakan minum 2 gelas air dan sebelum tidur 1 gelas. Sisanya bisa dibagi untuk seharian. Dengan pembagian ini Anda tidak akan merasa malas atau perut merasa sakit saat minum air putih.
  • Air yang diminum usahakan yang hangat. Jangan minum yang terlalu dingin karena bisa menyebabkan perut jadi tidak nyaman.

Inilah sedikit ulasan tentang manfaat air putih untuk tubuh berdasarkan fakta sains yang ada. Nah, sudah tidak ragu lagi kan untuk mencukupi kebutuhan air harian sebanyak 8 gelas atau 2 liter? Biasakan minum air putih setiap hari dan mulai jauhi minuman yang terlalu manis, ya!