13 Manfaat Minum Air Dingin, Bikin Langsing hingga Tingkatkan Gairah Seks!

manfaat-air-es-doktersehat

DokterSehat.Com – Setelah makan biasanya orang lebih memilih untuk minum air bersuhu ruangan atau air hangat daripada air es. Hal ini disebabkan karena adanya mitos bahwa minum air es setelah makan bisa menyebabkan lemak menggumpal,  sehingga menyebabkan gemuk atau perut buncit. Padahal manfaat air es banyak, lho!

Minum air dingin bikin gemuk tidaklah benar, karena pada dasarnya tubuh manusia memiliki suhu mutlak di dalam tubuh. Saat masuk ke dalam tubuh, suhu makanan dan minuman hangat atau dingin akan disesuaikan dengan suhu tubuh. Justru manfaat minum air dingin sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Minum Air Dingin untuk Kesehatan

Terlepas dari mitos minum air dingin membuat lemak menggumpal dalam tubuh, berikut manfaat air es yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan:

1. Minum air dingin bikin langsing

Jika Anda mandi dengan air dingin, tubuh langsung bekerja untuk mengembalikannya ke suhu normal. Metabolisme Anda dapat meningkat hingga 550 persen dari tingkat istirahatnya, untuk membakar kalori dalam proses itu.

Minum air dingin juga dianggap memiliki efek yang sama. Minum air es setelah makan akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak dibandingkan ketika minum air hangat. Ketika air dingin masuk ke dalam tubuh, secara tak langsung tubuh akan dipaksa untuk menetralkan suhu air tersebut melalui pembakaran lemak dalam tubuh.

2. Meningkatkan metabolisme yang lebih baik

Studi dan banyak praktisi kesehatan telah mengungkapkan bahwa laju metabolisme yang cepat adalah indikator kesehatan yang baik. Nah, manfaat minum air dingin dapat meningkatkan laju metabolisme. Studi terbaru di berbagai jurnal kesehatan menyatakan bahwa minum air dingin mempercepat proses untuk mengaktifkan mekanisme yang mengarah pada pembakaran kalori untuk tujuan menghasilkan panas dalam tubuh.

Minum air dingin secara teratur dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. Jadi, mitos bahwa minum air dingin menyebabkan perut Anda kesulitan mencerna makanan, tidaklah tepat.

3. Memperbaiki mood

Saat musim panas, minum air es adalah salah satu cara terbaik untuk tubuh Anda selain mandi air dingin. Setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari langsung, sesi latihan keras, dan aktivitas di luar ruangan yang menghasilkan keringat, Anda memerlukan segelas air dingin untuk menyegarkan suasana hati (mood).

Ada daerah-daerah tertentu di lobus temporal otak manusia; terutama bertanggung jawab atas suasana hati; yang dirangsang dengan minum air es atau hanya dengan mengonsumsi es krim yang menyegarkan.

Manfaat minum air dingin memberi kesenangan dan memperbaiki suasana hati Anda. Ini juga merupakan alasan mengapa orang yang berperilaku agresif ditawari segelas air dingin, karena itu dapat memproduksi hormon bahagia dalam tubuh dan mendinginkan agresifitas.

4. Minum air dingin membantu olahraga

Air dingin adalah adalah cairan yang sangat baik untuk latihan. Ketika Anda menjalani latihan yang keras, tubuh akan memanas, maka perlu sesuatu untuk mendinginkannya. Air dingin adalah pilihan yang sangat baik untuk mendinginkan tubuh. Saat menjalani gym atau berlari, Anda harus menjaga tubuh tetap terhidrasi dan dingin, air dingin adalah cara terbaik untuk mencapainya. Manfaat minum air es dapat menyegarkan suasana hati dan memberi lebih banyak energi untuk melanjutkan latihan Anda.

5. Membuat kulit cerah dan sehat

Cukup minum air wajib jika Anda ingin memiliki kondisi kulit yang sempurna. Namun, minum air es dapat mempercepat proses mencerahkan kulit secara alami dan bikin kulit halus. Banyak orang tidak menyadari fakta bahwa air hangat menghilangkan minyak esensial yang bertanggung jawab untuk kesehatan kulit dan cahaya alami, sementara air dingin memberikan manfaat yang baik untuk kulit.

Cukup minum air es juga mendorong darah mengalir ke permukaan kulit dan membuat kulit cerah yang sehat dan pori-pori yang lebih kecil.

6. Bikin rambut sehat dan berkilau

Orang yang menggunakan air hangat atau panas untuk mencuci rambut, mereka sering mengeluh memiliki tekstur rambut yang kasar dan kekeringan yang meningkat di kulit kepala. Anda mungkin mengalaminya sendiri juga.

Sementara mencuci rambut dengan air dingin membuat kutikula rambut lebih rata, yang pada gilirannya membantu rambut lebih berkilau. Inilah manfaat air dingin yang membuat rambut Anda lebih berkilau dan sehat.

7. Meningkatkan gairah seksual

Hormon adalah zat kimia paling penting yang diproduksi dalam tubuh manusia oleh berbagai kelenjar. Studi terbaru mengungkapkan bahwa minum air dingin memiliki dampak positif pada hormon dalam tubuh, khususnya meningkatkan kadar testosteron dan estrogen bagi pasangan suami istri (pasutri). Air dingin sangat membantu dalam mempertahankan kehidupan seks yang baik. Jadi, lain kali Anda minum air bersuhu normal, dan tambahkan beberapa es batu agar dingin untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

8. Detoksifikasi

Ada fakta yang populer bahwa menambahkan lemon ke dalam air dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Minum air lemon pada suhu kamar atau air hangat kurang tepat, Anda dapat menambahkan lemon dan garam dalam air dingin selama musim panas dan menikmati segelas limun dingin.

Limun sedingin es tidak hanya membantu detoksifikasi tubuh Anda, tetapi juga memasok garam dan vitamin esensial yang biasanya hilang karena kehilangan cairan atau dehidrasi. Juga, sitrat dan vitamin C dalam lemon akan menyegarkan pikiran dan tubuh Anda.

9. Mengatasi suhu panas ekstrem

Tidak ada yang mengalahkan panas lebih baik daripada segelas air dingin. Air sedingin es adalah obat terbaik untuk suhu panas yang ekstrem. Kegunaan air es tidak hanya membuat tekanan darah Anda terkendali, tetapi juga menjaga organ vital tubuh menjadi dingin dan melindungi dari dampak panas. Minum Air es juga membuat otak manusia rileks dan mengurangi kemungkinan kehilangan kesadaran selama suhu yang sangat tinggi.

10. Membantu Anda tetap fokus

Minum air dingin merangsang produksi adrenalin. Adrenalin membantu Anda tetap waspada dan siap secara mental. Teh dan kopi juga dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan, karena kedua minuman ini mengandung kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selain kafein, minum air dingin juga membantu Anda tetap fokus pada pikiran Anda. Memiliki pikiran yang waspada dengan produksi adrenalin yang lebih baik, mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cepat; karenanya meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan Anda.

11. Meringankan rasa sakit

Sama seperti yang dibahas di atas, air dingin meningkatkan produksi adrenalin. Adrenalin tidak hanya memiliki kapasitas untuk meningkatkan pikiran tetapi juga meningkatkan kecenderungan tubuh untuk menahan rasa sakit. Ini adalah alasan mengapa orang-orang yang mengalami kecelakaan sering diberi segelas air dingin sehingga tubuh dan pikiran mereka tetap waspada, bersama dengan faktor bahwa tubuh mereka merasakan rasa sakit yang lebih rendah dibandingkan dengan trauma yang dialami.

Menurut Federasi Triathlon Inggris, respons alami berendam di dalam air dingin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah Anda. Sama seperti menggunakan kompres es, mencegah memar, bengkak, dan pembentukan jaringan limbah setelah cedera.

12. Meningkatkan energi

Air berapapun suhunya dapat membantu menyediakan energi lebih banyak. Komposisi air secara ilmiah tidak mengandung apa pun selain hidrogen dan oksigen untuk memasok energi, tetapi ketika terhidrasi dengan baik dan memiliki suhu tubuh yang teratur; ini memungkinkan Anda untuk memperoleh energi dari diet yang dicerna.

13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sama seperti mandi air dingin yang dapat melepaskan stres tubuh, manfaat air dingin memiliki efek sama yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini bekerja pada sel-sel darah putih dan merah pada tubuh, dan menjaga keseimbangan besar di antara keduanya.

Teman Sehat! Itulah manfaat air dingin bagi kesehatan Anda. Jadi, mulai sekarang tidak ragu lagi minum air dingin, terutama bagi mereka yang sedang menjalani penurunan berat badan.